4 Cara Memilih Tabir Surya Lengkap dengan Rekomendasi Susncreen Wardah untuk Berbagai Jenis Kulit

Sunscreen adalah skincare yang tidak boleh terlewatkan di pagi atau siang hari apalagi bagi Anda yang suka beraktivitas di luar rumah. Paparan sinar matahari akan memberikan efek negatif bagi kulit seperti menyebabkan kerusakan lapisan epidermis kulit, munculnya sel-sel kanker, serta penuaan dini. Salah satu protektor kulit yang banyak digunakan adalah Sunscreen Wardah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen seperti tingkat SPF, bahan dasar, serta pilih yang berlabel board spectrum agar terlindung dari UVA dan UVB.

Tips dan Cara Memilih Sunscreen Terbaik untuk Kulit Wajah

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, memang perlu penggunaan tabir surya agar kulit tidak rusak atau terkena kanker. Sebelum memutuskan membeli sunscreen apa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Pilih Sunscreen dengan Label Board Spectrum

Seperti diketahui bahwa sinar UVA dan UVB memang menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Biasanya sinar UVA menyebabkan terjadinya penuaan dini dan UVB menyebabkan kulit terbakar dan berisiko terkena kanker kulit. 

Sunscreen dengan label board spectrum dapat melindungi kulit dari kedua sinar ini. Jika sunscreen tidak berlabel ini, maka tabir surya tersebut hanya melindungi dari sinar matahari saja, tapi tidak melindungi dari penuaan dini dan kanker kulit.

  1. Perhatikan Bahan Dasar Pembuatan Sunscreen

Anda penting juga untuk memperhatikan bahan dasar kandungan dari sunscreen. Biasanya zat kimia aktif yang ada akan melindungi kulit Anda, seperti Sulisobenzone, Octisalate, Octinoxate, Octylcrylene, Homosalate, Helioplex, Oxybenzone, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, 4-MBC, Uvinul A Plus, dan juga Yvinul T150. Sunscree Wardah dan merek lain biasanya tidak berwarna sehingga bisa digunakan bersama makeup.

Hindari menggunakan sunscreen yang mengandung bahan seperti Dioxybenzone, Para-aminobenzoic, Oxybenzone, dan Sulisobenzone. Hindari juga tabir surya yang menggunakan pewangi, pengawet, dan alkohol berlebihan agar tidak menimbulkan masalah baru pada kulit Anda. 

  1. Tingkat SPF Minimal 30

SPF atau Sun Protection Factor dari sunscreen yang digunakan sebaiknya minimal 30. Semakin besar angka SPF ini, semakin besar pula perlindungannya. 

Angka SPF ini berarti bahwa jika SPF 30 maka akan ampuh menghalangi sinar UVB hingga 97 persen, SPF 15 hanya melindungi sekitar 93 persen saja. Jika SPF yang digunakan 50, maka dapat menahan hingga 98 persen radiasi sinar UVB. 

Jika Anda menggunakan sunscreen dengan SPF rendah di bawah 30, perlu mengoleskannya lebih sering. Bahkan oleskan setiap jam, baik setelah berenang, terkena air, atau pun berkeringat.

  1. Pilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya menggunakan sunscreen dengan bahan dasar air. Sebab, sunscreen berbahan dasar air akan lebih mudah diserap oleh kulit dan tidak menyumbat pori-pori. Hindari penggunaan sunscreen berbahan dasar minyak.

Untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat, bisa menggunakan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30. Selain berlabel Broad Spectrum protection, produk ini juga menjaga kulit dari pancaran blue light yang berlebihan. Formula dalam produk ini juga mengandung non-acnegenic, jadi tidak perlu takut berjerawat. Pemilik kulit sensitif juga cocok menggunakan produk sunscreen Wardah yang satu ini. 

Sedangkan untuk jenis kulit kering, sebaiknya memilih sunscreen yang berbahan dasar minyak. Hal ini akan sekaligus melembapkan kulit. Kulit juga tidak mudah kering dan tidak akan terasa perih ketika terkena matahari. 

Anda bisa menggunakan Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50. Sunscreen Wardah ini cocok untuk pemilik kulit normal to dry. Tekstur yang dihasilkan pun berupa watery feel atau seperti losion cair. Tabir surya ini dapat menyegarkan dan menghidrasi kulit karena menggunakan aquafused technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *