5 Bahan Alami yang Hasilkan Rasa Umami

Kebanyakan orang merasa yang kurang apabila tidak menggunakan penyedap rasa dalam masakan. Dengan penyedap rasa itulah, rasa umami yang gurih di lidah bisa dihasilkan. Namun tahukah Anda, penyedap rasa memiliki kandungan garam dan gula sangat tinggi sehingga lebih berisiko mengganggu kesehatan Anda di masa mendatang.

Anda mungkin berpikir sulit rasanya mencetak makanan enak dan terasa umami apabila tidak mengandalkan penyedap rasa buatan. Mulai sekarang hentikan pemikiran tersebut! Masih banyak cara sehat lain yang bisa Anda tempuh untuk menghasilkan rasa umami yang alami. 

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa memberikan rasa alami terhadap masakan Anda. Nyatanya pula, bahan-bahan alami ini tidak sulit Anda temukan di warung atau pasar tempat Anda sering berbelanja. 

  1. Tomat 

Campurkan tomat pada masakan Anda dan rasa makanan tersebut pasti akan lebih umami! Ini karena tomat mengandung asam glutamat tinggi yang bisa memberikan rasa gurih. Asam glutamat pada tomat mencapai 250 miligram per 100 gram buah ini. Untuk rasa umami yang kuat, carilah tomat yang matang dan keringkanlah terlebih dahulu. Selain bisa membuat rasa gurih sedap pada masakan Anda, tomat juga sehat karena mennadi sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, di antaranya vitamin C, vitamin K, antioksidan, folat, dan kalium. 

  1. Daging 

Anda bisa memperoleh rasa umami yang kuat dengan menambahkan daging ataupun kaldunya dalam masakan Anda. Tidak perlu bingung harus memilih daging apa agar umami dalam masakan bisa keluar. Berbagai jenis daging bisa Anda gunakan untuk memberi sensasi rasa gurih pada makanan yang sedang Anda buat. Sedikit trik buat Anda, kandungan asam glutamat pada daging akan semakin meningkat apabila terlebih dahulu disimpan dalam lemari es. Jadi, jangan ragu untuk membekukan daging-daging yang mau dimasak terlebih dahulu untuk bisa menciptakan rasa gurih yang sulit dilupakan. 

  1. Makanan Laut 

Protein hewani lainnya yang bisa menjadi lauk lezat dan penghasil rasa umami adalah makanan laut. Mulai dari udang sampai ikan tuna rata-rata memiliki kadar glutamat lebih dari 250 miligram per 100 gramnya. Bisa bayangkan dong betapa gurih rasa masakan yang mendapat kaldu dari makanan laut? Tidak hanya menghasilkan rasa gurih yang kuat, makanan laut juga tinggi kalsium, fosfor, dan asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda dan keluarga. 

  1. Jamur 

Jika Anda tidak ingin mencetak rasa umami dari protein nabati, Anda bisa mempertimbangkan mempergunakan jamur dalam masakan Anda. Jamur sudah terbukti menghasilkan rasa umami karena kandungan kadar glutamatnya mencapai 134 miligram per 100 gram. Keampuhan jamur memberikan cita rasa umami pada makanan ini pulalah yang membuat produsen penyedap rasa memberikan alternatif pilihan penyedap rasa jamur sebagai pelezat makanan. Namun daripada membeli yang instan, bukankah lebih sehat dan baik jika Anda membuat kaldu jamur sendiri guna ditambahkan ke berbagai masakan Anda?

  1. Rumput Laut 

Bisa dibilang rumput laut adalah juara bahan alami yang bisa menghasilkan rasa umami. Bagaimana tidak, dalam per 100 gram rumput laut, kadar asam glutamat yang menjadi sumber rasa gurih bisa mencapai 3.000 miligram! Jumlah ini hampir 10 kali lipat daripada daging, makanan laut, ataupun bahan lainnya. Anda cukup menambahkan sedikit rumput laut pada masakan, Anda pun akan langsung tidak percaya bagaimana rumput laut mengubah masakan Anda menjadi sangat lezat dan gurih!

*** 

Mulai sekarang sedikit demiki sedikit kurangi penggunaan penyedap rasa untuk berbagai racikan makanan Anda, yuk. Lebih baik pilih cara yang alami untuk menghasilkan cita rasa umami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *