6 Rekomendasi Obat untuk Demam si Kecil

Ketika si kecil tiba-tiba demam, orang tua tentu akan panik. Umumnya bayi akan mengalami demam setelah imunisasi atau vaksin, Dengan begitu, orang tua tidak perlu khawatir karena bisa memberikan pertolongan pertama dengan memberikan obat untuk demam si kecil.

Berikut ini obat untuk demam si kecil di bawah usia satu tahun yang mampu meredakan demam pada bayi dan anak-anak.

1. Alphamol drops

Obat yang dipatok harga Rp 12.000 sampai Rp 30.000 ini mengandung zat aktif paracetamol yang bisa menurunkan demam, meredakan rasa sakit kepala, serta mengurangi nyeri pada gigi. Obat ini aman dikonsumsi bayi berusia di bawah satu tahun dengan dosis 0,6 mL untuk 3 sampai 4 kali pemakaian dalam sehari. 

Obat ini tidak direkomendasikan untuk bayi yang menderita gangguan hati dan ginjal. Si Kecil bisa mengonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan. 

2. Pamol drops

Pamol Drops mengandung 60 miligram paracetamol per 0,6 mL. Obat ini bisa menurunkan demam pada bayi dan anak sekaligus meredakan nyeri. Si Kecil dapat mengonsumsi obat ini 5 sampai 10 mL tiga kali sehari sesudah makan dengan pengawasan ketat dari dokter. 

3. Panadol anak drops

Panadol anak drops merupakan obat yang aman dikonsumsi bayi berusia nol sampai satu tahun. Obat ini mengandung paracetamol yang mampu meredakan sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, serta menurunkan demam khususnya pasca imunisasi. 

Untuk bayi berusia kurang dari tiga bulan, maka dosis penggunaan harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Sedangkan untuk bayi berusia tiga sampai sembilan bulan, dosis penggunaan adalah 0,8 mL. Dosis penggunaan tersebut untuk 3-4 kali sehari. Harga obat ini cukup murah yakni Rp 40.000 sampai Rp 80.000.

4. Praxion drops

Sama seperti obat demam lainnya, Praxion mengandung 100 miligram paracetamol per 1 mL. Obat ini bisa membantu menurunkan demam pada bayi berusia di bawah satu tahun yang biasanya disertai flu dan diderita pasca imunisasi. 

Saat membelinya, sebaiknya langsung menyimpannya di tempat yang sejuk, kering, dan terlindung dari cahaya matahari. Jangan memberikan obat ini pada bayi yang menderita gagal ginjal atau gangguan fungsi hati. 

5. Sanmol drops

Sanmol drops mengandung paracetamol yang memiliki fungsi sebagai analgetik dan antipiretik sehingga bisa digunakan untuk meredakan nyeri serta menurunkan demam pada bayi berusia di bawah satu tahun. Untuk si Kecil yang berusia di bawah satu tahun, maka kamu bisa memberikan dosis sebanyak 0,6 mL sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Harga obat ini relatif murah dibanding obat demam lainnya yakni Rp 18.000 sampai RP 35.000 per botol.

6. Tempra drops

Tempra mampu menurunkan demam pada bayi setelah imunisasi karena mengandung bahan aktif paracetamol seperti obat demam lainnya. Tempra tersedia dalam dua bentuk yakni obat tetes dan sirup. Namun, khusus bayi berusia di bawah satu tahun, maka kamu bisa menggunakan tempra drops atau tetes. 

Tempra drops mengandung 80 miligram paracetamol dalam setiap 0,8 mL. Sebaiknya jangan memberikan tempra pada si Kecil yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan paracetamol atau sedang menderita kerusakan hati dan ginjal. 

Obat-obat di atas adalah obat demam untuk bayi di bawah satu tahun sebagai pertolongan pertama yang bisa berikan pada si Kecil saat demam.

Segera ke dokter apabila muncul gejala seperti si Kecil tidak nafsu makan, muncul ruam pada kulit bayi, bibir dan mata mengalami pembengkakan, atau demam tidak turun selama tujuh hari. Jika masih ragu, maka kamu bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat untuk demam si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *