7 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Turunkan Berat Badan

Tahukah Anda bahwa meningkatkan metabolisme tubuh adalah bagian dari usaha menurunkan berat badan? Jangan bingung, yuk cari tahu lebih detail bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh agar goals berat badan ideal Anda tercapai.

Nah, informasi penting ini perlu untuk ketahui jika Anda sedang berjuang untuk mendapatkan berat badan ideal. Metabolisme tubuh membantu pembakaran kalori dari makanan dan minuman yang masuk ke tubuh untuk menghasilkan energi. Jika metabolisme tubuh tinggi, maka kalori yang dibakar juga semakin banyak sehingga tidak terdapat penimbunan kalori berupa lemak.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Melambatnya proses metabolisme tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, suhu tubuh, ukuran dan komposisi tubuh, serta aktivitas fisik dan olahraga.

Biasanya orang yang berusia di atas 40 tahun, metabolisme tubuhnya akan melambat. Namun, ada beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa dilakukan secara alami, yaitu:

  • Memperbanyak Asupan Protein

Tubuh membakar lebih banyak kalori untuk mencerna protein yang ada di makanan. Itulah mengapa disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak protein daripada karbohidrat. Bahkan, protein mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 15-30 persen. Protein biasanya membuat rasa kenyang lebih bertahan lama karena butuh waktu yang lama untuk mencernanya.

Anda dapat mengganti karbohidrat dengan sumber protein tinggi seperti daging tanpa lemak, daging ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, produk susu low fat.

  • Cukupi Kebutuhan Air dalam Tubuh

Untuk memproses kalori, tubuh membutuhkan air. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka sistem metabolisme tubuh pun ikut melambat.

Orang dewasa yang minum 8 gelas air putih dalam sehari mampu membakar kalori lebih banyak dibanding orang yang minum hanya 4 gelas saja.

  • Latihan Aerobik

Salahj satu cara meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan latihan aerobik. Olahraga ini memang tidak terlalu signifikan membentuk otot, namun ternyata ampuh meningkatkan metabolisme tubuh dalam beberapa jam setelah latihan.

Olahraga dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan metabolisme dua kali lebih lama jika dibanding dengan olahraga intensitas sedang atau ringan.

  • Makan Makanan Pedas

Menikmati makanan pedas ternyata juga mengandung bahan kimia untuk membantu metabolisme tubuh. Tidak hanya meningkatkan selera makan, ternyata satu sendok cabe merah atau hijau pada makanan yang Anda makan juga ampuh meningkatkan laju metabolisme tubuh.

  • Minum Teh Hijau atau Teh Oolong

Kandungan kafein dan katekin dalam teh hijau memiliki manfaat yang membantu membakar kalori tubuh. Minum empat cangkir teh oolong atau teh hijau setiap harinya membantu membakar kalori 17 persen lebih banyak. Jika dikonsumsi rutin, maka cara ini akan efektif meningkatkan proses metabolisme atau pembakaran kalori dalam tubuh.

  • Menghindari Crash Diet

Crash diet memang menggiurkan, namun punya efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Diet dengan cara cepat ini bahkan mampu mengurangi 1.200 kalori pada seorang wanita, dan 1.800 kalori pada pria.

Namun, diet dengan cara ini akan membuat asupan nutrisi dalam tubuh berkurang. Padahal nutrisi ini baik untuk kesehatan. Selain itu tubuh akan kehilangan massa otot dan metabolisme tubuh pun melambat. Yang terjadi adalah berat badan akan bertambah karena kalori yang dibakar sedikit.

  • Memperbaiki Kualitas Tidur

Tidur yang terganggu bisa menyebabkan metabolisme melambat. Selain itu juga berisiko mengalami peningkatan gula darah, resistensi insulin dalam tubuh, serta diabetes tipe 2.

Kurang tidur membuat kemampuan tubuh membakar kalori jadi berkurang dan berat badan pun sulit untuk berkurang. Oleh karena itu, cara meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan tidur yang cukup. Pada orang dewasa setidaknya tidurlah 6-8 jam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *