7 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah

Fungsi hyaluronic acid untuk kulit

Kulit wajah memproduksi kandungan alami bernama hyaluronic acid yang memiliki peran penting terutama untuk menjaga elastisitas wajah. Sayangnya, semakin bertambahnya usia, produksi hyaluronic acid pun ikut berkurang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah sehingga menunjukkan tanda penuaan dini. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan hyaluronic acid yang telah diproduksi dan dapat ditemukan dalam serum di pasaran. Penggunaan hyaluronic acid minim risiko sebab cocok untuk berbagai tipe kulit. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kulit akan mengalami iritasi atau alergi. Apa saja manfaat hyaluronic acid bagi kulit wajah? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Menjaga kelembapan kulit wajah

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, hyaluronic acid dapat membantu melembapkan kulit. Anda dapat menggunakan hyaluronic acid yang berbentuk serum maupun moisturizer. Menggunakan 1 gram dapat menahan 6 liter air di kulit wajah. 

  1. Menyehatkan kulit wajah 

Hyaluronic acid yang berbentuk suplemen dapat memberi manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Selain diminum, hyaluronic acid juga dapat diberikan dengan cara disuntikan pada sendi. Selama prosesnya, hyaluronic acid akan membuat kulit terhidrasi dengan baik. Untuk penggunaan, sebaiknya Anda mengonsumsi hyaluronic acid selama sebulan sebanyak 120 sampai 240 mg perhari. 

  1. Berfungsi sebagai antioksidan

Setelah beraktivitas seharian, kulit wajah telah terpapar debu, polusi, serta sinar matahari langsung. Jika Anda tidak rutin membersihkan wajah maka wajah dapat menjadi kusam atau berjerawat. Berikan hyaluronic acid untuk membantu menangkal radikal bebas dari polusi dan debu. Hyaluronic acid mengandung antioksidan yang melindungi bagi kulit wajah.

  1. Menyamarkan bekas jerawat

Hyaluronic acid yang berbentuk serum biasanya banyak digemari oleh banyak orang sebab cukup ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit. Jika Anda menggunakan hyaluronic acid secara teratur, maka bekas jerawat dapat memudar. Selain bekas jerawat, flek hitam serta bintik hitam pada wajah dapat disamarkan dengan rutin menggunakan hyaluronic acid. 

  1. Mengurangi kerutan pada wajah

Kerutan yang muncul pada wajah merupakan salah satu ciri penuaan. Agar selalu tampak muda, berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi kerutan di wajah. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan rutin menggunakan hyaluronic acid. Kandungan hyaluronic acid dapat membantu mengencangkan kulit wajah serta mengurangi kerutan. 

  1. Membuat wajah tampak cerah 

Hyaluronic acid yang diproduksi alami oleh tubuh dapat membuat wajah terlihat cerah. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, produksi hyaluronic acid semakin menurun sehingga membuat kulit wajah semakin kusam. Anda dapat menggunakan hyaluronic acid dalam bentuk serum, moisturizer, atau suplemen agar wajah tampak cerah dan segar. 

  1. Mempercepat regenerasi sel-sel kulit

Manfaat hyaluronic acid untuk wajah yaitu membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit. Semakin hari, regenerasi sel-sel pada kulit wajah semakin melambat. Hal tersebut menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan wajah menjadi tampak tua. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan Anda menggunakan hyaluronic acid secara teratur.

Agar kulit wajah Anda senantiasa tampak muda dan sehat, pastikan gunakan serum hyaluronic acid secara rutin dan menyeluruh. Meski Anda sudah menggunakan pelembab untuk wajah, hyaluronic acid tetap diperlukan untuk mendukung perawatan wajah. Hyaluronic acid termasuk produk yang aman digunakan bersamaan dengan produk kecantikan lainnya. Akan tetapi, untuk kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna menghindari kemungkinan timbulnya alergi atau iritasi tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *