7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Anda

Jika Anda penggila pizza, potongan paprika yang sering dijadikan topping tentu tak asing lagi. Paprika pun sebenarnya memiliki khasiat kesehatan. Manfaat paprika tersebut termasuk adalah risiko penyakit mata dan anemia.

Kerabat dari cabai ini mengandung segenap vitamin dan molekul antioksidan yang baik untuk kesehatan. Sebagian besar kandungan paprika adalah air. Sementara itu, sisanya merupakan zat gizi makro termasuk karbohidrat, protein, dan lemak. Tak hanya itu, manfaat paprika tersebut juga ditopang oleh senyawa tumbuhan, vitamin, dan mineral.

Kandungan gizinya yang tinggi membuat paprika baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat paprika hijau, merah, hingga paprika kuning yang begitu menyehatkan untuk tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mata

Paprika kaya dengan dengan lutein, zeaxanthin, dan violaxanthin, karotenoid yang menurut studi dapat membantu menjaga kesehatan mata. Manfaat paprika kuning, merah, hingga hijau dari zat gizi ini dapat melindungi retina dari kerusakan oksidatif. Beberapa penelitian juga menemukan, konsumsi karotenoid yang cukup dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula. Utamanya dua gangguan mata ini disebabkan oleh faktor usia dan infeksi. Walau begitu, kekurangan nutrisi juga diyakini berpengaruh terhadap penyakit tersebut.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Paprika merah kaya dengan molekul antioksidan, molekul yang mampu melindungi sel dari radikal bebas. Radikal bebas berlebih dapat menjadi pemicu berbagai gangguan medis, termasuk penyakit jantung. Temuan menarik lain dari manfaat paprika merah berkaitan dengan pengolahan makanan sehat ini. Menurut studi, kandungan antioksidan dalam paprika merah mencapai konsentrasi yang maksimal saat berada dalam suhu yang tinggi. Temuan tersebut mengindikasikan, paprika merah yang dimasak memberikan efek antioksidan yang lebih kuat dibandingkan yang mentah.

  1. Mencegah anemia

Paprika menjadi sumber zat besi yang baik. Zat gizi ini diperlukan tubuh dalam mencegah anemia. Sebab, salah satu jenis anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, dikenal dengan anemia defisiensi zat besi. Tak hanya kaya dengan zat besi, paprika pun menjadi sumber vitamin C yang lezat untuk disantap. Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi di pencernaan. Dengan demikian, konsumsi sumber vitamin C seperti paprika pun menurunkan risiko anemia.

  1. Berpotensi menurunkan risiko osteoporosis

Selain vitamin C, zat besi, dan karotenoid, paprika merah juga mengandung kadar mangan yang tinggi. Mineral ini dipercaya diperlukan untuk mengurangi risiko osteoporosis. Sebab, penderita penyakit tulang keropos cenderung memiliki kadar mineral mikro yang rendah, termasuk mangan, tembaga, dan zinc.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Paprika mengandung tinggi antioksidan, mulai dari betakaroten, vitamin C, lutein, hingga capsanthin. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga bisa mencegah tubuh dari berbagai penyakit.  Selain itu, manfaat paprika merah dari kandungan capsanthin di dalamnya juga bisa melawan kanker. Capsanthin adalah karotenoid yang memberikan warna merah pada paprika dan senyawa ini bersifat antioksidan.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Manfaat paprika untuk menurunkan berat badan berasal dari kemampuannya membantu tubuh untuk membakar lemak dan energi lebih cepat. Penelitian menunjukkan, makan capsaicin atau zat aktif pada paprika sekitar 2 miligram selama 12 minggu bisa membantu memperkecil lingkar pinggang.

  1. Mengendalikan gula darah

Selain dapat menurunkan berat badan, kandungan capsaicin pada paprika juga bisa menjaga kadar gula darah tetap normal. Manfaatnya, penyakit jantung pun bisa dicegah. Selain itu, paprika juga bersifat antidiabetik yang bagus untuk mencegah risiko penyakit diabetes.

Itulah 7 manfaat paprika bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menjadikan paprika sebagai makanan utama, pendamping atau pun sekedar toping. Meski begitu, manfaat yang didapatkan tetap sama. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi paprika, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *