8 Hal Ini yang Akan Terjadi Bila Anda Merawat Wajah dengan Tomat

Merawat wajah merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan di masa sekarang. Wajah merupakan aset yang berguna untuk mendatangkan berbagai macam peluang. Anda tidak harus tampil cantik, asalkan wajah terlihat bersih dan enak dipandang. Bisa gunakan tomat untuk merawat wajah agar semakin glowing. 

Manfaat Tomat Untuk Merawat Wajah

Tomat mengandung beberapa manfaat untuk merawat kesehatan wajah karena mengandung vitamin B, vitamin A, magnesium serta potasium. Terdapat juga vitamin C serta antioksidan yang berguna untuk memperkuat imunitas tubuh. 

1. Mengurangi Resiko Kulit Terbakar Matahari

Tomat tidak bisa menggantikan sunscreen. Namun, kandungan lycopene di dalam buah tomat bisa memperkuat kulit sehingga melindungi dari sinar UV. Sebuah penelitian di tahun 2006 menemukan bahwa penggunaan tomat bisa menurunkan level sensitivitas kulit pada sinar UV. Efek ini akan dirasakan setelah 10 hingga 12 minggu. Meski begitu, tetap gunakan sunscreen minimal SPF 30 untuk menghalau efek buruk dari sinar UV. 

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Menurut departemen pertanian USA, satu cup tomat mengandung sekitar 30 gram vitamin C. Vitamin ini sendiri berguna untuk mempercepat penyembuhan luka. Semakin banyak kandungan vitamin C nya, maka semakin cepat pula untuk menyembuhkan luka. 

3. Menstimulasi Produksi Kolagen

Kolagen sangatlah bagus untuk memperbaiki kondisi kulit yang kendur dan kering. Nah, Anda bisa konsumsi tomat untuk meningkatkan elastisitas kulit dengan cara memakannya . Konsumsi vitamin C tentu akan meningkatkan produksi kolagen. Kulit wajah kamu pun jadi semakin elastis, lho. 

4. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Bila Anda ingin kulit jadi semakin cerah, cobalah untuk mengeksfoliasinya sesering mungkin. Selain menggunakan produk scrub atau masker, Anda bisa lakukan eksfoliasi menggunakan tomat. Kandungan enzim di dalam buah tomat sendiri bisa memberikan sensasi segar karena sel kulit mati yang terangkat. Anda bisa menjadikan tomat sendiri sebagai scrub alami dengan cara memblendernya hingga halus. Kemudian, campurkan tomat dengan gula hingga wajah jadi semakin halus. 

5. Membuat Wajah Jadi Semakin Awet Muda

Tak hanya memperbanyak minum air putih, vitamin B di dalam tomat bisa Anda gunakan sebagai bahan alami untuk mempermuda kondisi kulit. Tomat sendiri penuh akan vitamin B kompleks, dari B-1 hingga B-9. Mengkonsumsinya secara rutin bisa memberikan perbaikan yang luar biasa bagi kondisi kulit yang terlihat mengalami tanda-tanda penuaan. 

6. Melembabkan Kulit

Kulit yang kering bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Beberapa keluhan seperti flek hitam, wajah bersisik serta make up yang terus-terusan cracking disebabkan oleh wajah yang kurang lembab. Untungnya, dengan konsumsi tomat Anda bisa membuat kulit jadi semakin lembab, lho. Ini karena kandungan potasium di dalam tomat yang bisa melembabkan wajah. Sebaliknya, bila Anda kekurangan potasium maka kulit rentan kering. 

7. Mencerahkan Wajah

Di dalam tomat terkandung vitamin C serta antioksidan dengan kadar yang sangat tinggi. Vitamin C sendiri bisa digunakan untuk mencerahkan wajah sehingga penampilan jadi semakin terlihat menawan. Caranya cukup sederhana, potong tomat kecil-kecil dan jadikan sebagai masker. Tunggu selama satu jam hingga kandungan tomat meresap. 

Bila dirutinkan pengaplikasiannya, tomat akan membuat wajah Anda semakin cerah serta bebas dari kotoran. Bagi Anda yang mengalami keluhan mata panda juga bisa aplikasikan potongan tomat dan meletakkannya di area mata. 

8. Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang tidak kunjung hilang bisa Anda obati dengan mengaplikasikan tomat sebagai masker. Bisa juga mengkonsumsinya sebagai jus secara rutin ketika jerawat menyerang. Vitamin C dan A di dalam tomat akan membantu sistem kekebalan tubuh melawan jerawat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *