Apa Itu Aplikasi P-Care BPJS?

Apa Itu Aplikasi P-Care BPJS?

Aplikasi P-care BPJS dibuat oleh pemerintah demi memperlancar program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. 

Vaksinasi Covid-19 ini telah dimulai pada Rabu, 13 Januari 2021 untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang hingga kini masih belum berakhir di Indonesia.

Aplikasi ini akan memudahkan petugas kesehatan dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, karena data penerima vaksin akan diintegrasikan ke dalam aplikasi P-Care BPJS Kesehatan.

Yuk ketahui 5 fakta soal aplikasi P-Care BPJS ini.

1. Sistem rujukan dilakukan secara online

Fungsi utama aplikasi P-care BPJS Kesehatan ini sebenarnya sebagai media entry data pasien yang terhubung dengan database BPJS Kesehatan. Dengan adanya aplikasi ini, maka proses pendaftaran pasien menjadi lebih mudah dan cepat.

Faskes Tingkat Pertama dalam sistem BPJS Kesehatan, mempunyai peran penting yang memungkinkan petugas kesehatan dapat menangani 144 diagnosis penyakit yang diderita masyarakat, 

Saat pasien membutuhkan tindak lanjut di faskes lanjutan, biasanya memerlukan surat rujukan. Proses ini terkadang membutuhkan waktu yang lama. 

Nah, melalui aplikasi Primary Care atau P-care BPJS ini, Anda bisa melakukan rujukan secara online. Sistem pendaftaran rujukan dan pembuatan surat rujukan bisa dilakukan melalui aplikasi P-care BPJS ini.

Sebab, aplikasi ini sudah diintegrasikan dengan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19. 

2. Bisa digunakan oleh seluruh faskes

Aplikasi P-Care BPJS ini dapat dipergunakan oleh seluruh fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19, bukan hanya yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Tujuannya agar memperlancar proses pemberian vaksin, data penerima valid dan dalam hal pelaporan akan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik serta dapat dipantau secara realtime. 

Aplikasi ini sangat memudahkan faskes dalam hal diagnosis. Sebab, apabila peserta BPJS sudah pernah melakukan pengobatan sebelumnya, maka data riwayat kesehatannya tersebut sudah terekam di dalam aplikasi Pcare.

Hal ini memudahkan dokter atau tenaga medis yang menggunakan Pcare karena bisa memantau kondisi pasien secara langsung. Penegakkan diagnosis pun akan menjadi lebih cepat.

3. Dapat diunduh gratis

Saat ini, Anda dapat mengunduh aplikasi p-care BPJS di Google Playstore secara gratis. Jika Anda telah mendapatkan izin resmi serta telah mendaftarkan ke BPJS dan telah diberikan akses user dan password, maka Anda bisa mengaksesnya.

Mereka yang ingin berobat dapat menggunakan Primary Care BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran, berobat hingga menerima pelayanan laboratorium.

Untuk faskes yang ingin menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan, coba kunjungi https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id terlebih dahulu.  

4. Fungsi utama dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19

Dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 ini, aplikasi P-Care BPJS Kesehatan punya beberapa fungsi yang sangat bermanfaat, baik bagi pemerintah, Faskes, hingga masyarakat sendiri. 

Berikut ini tiga fungsi utama aplikasi ini menurut penjelasan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris:

  • Mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin Covid-19
  • Screening status kesehatan penerima vaksin Covid-19
  • Mencatat sekaligus melaporkan hasil pelayanan vaksinasi Covid-19

5. Bukan untuk umum

Meski fungsinya yang banyak, sayangnya aplikasi ini hanya bisa diakses oleh penyedia pelayanan Faskes Tingkat pertama, seperti puskesmas, klinik, dan dokter umum.

Artinya, aplikasi Pcare BPJS Kesehatan ini tidak bisa digunakan untuk umum. Nah, karena aplikasi ini memang ditujukan untuk faskes dan bukan untuk umum, maka yang bisa masuk ke dalam Pcare hanya faskes yang sudah terdaftar.

Namun, Anda bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk memudahkan akses BPJS Kesehatan sebagai gantinya. Mobile JKN bisa digunakan untuk mengecek ketersediaan tempat tidur, mendaftarkan layanan kesehatan di FKTP dan fasilitas kesehatan tingkat lanjut, hingga melihat jadwal operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *