Apakah Vaksin Corona Penting? Simak Manfaat dari Vaksinasi

Covid-19 merupakan satu dari berbagai jenis virus corona. Istilah virus corona mengacu pada sekelompok besar virus yang diketahui menyerang burung dan mamalia, termasuk manusia.

Dari ratusan coronavirus, hanya tujuh yang dapat mempengaruhi manusia. Empat virus corona hanya menyebabkan gejala flu atau ringan, sedangkan tiga diantaranya memiliki risiko yang lebih serius. Karena berpotensi menyebabkan wabah, vaksin corona penting dilakukan untuk mencegah hal itu terjadi.

Ada berapa jenis virus corona?

Sejak awal kemunculan Covid-19, istilah virus corona kerap disamakan dengan virus yang pertama kali ditemukan di China tersebut. Padahal coronavirus telah ditemukan sejak lama pada hewan. Beberapa waktu lalu virus tersebut juga telah ditemukan menginfeksi manusia.

Para ilmuwan membagi virus corona menjadi empat sub-kelompok yang disebut alfa, beta, gamma, dan delta. Tujuh virus ini dapat menginfeksi manusia yang dapat menyebabkan komplikasi ringan hingga berat.

Empat virus korona yang umum adalah 229E (alfa), NL63 (alfa), OC43 (beta), dan HKU1 (beta). Jenis virus di atas menyebabkan gejala flu ringan hingga sedang. Kebanyakan orang di seluruh dunia pernah terinfeksi salah satu virus tersebut. Namun mereka yang tertular virus ini dapat pulih dengan sendirinya.

Virus corona yang menginfeksi hewan dapat berevolusi dan menular ke manusia, sehingga menjadi virus corona jenis baru. Virus ini menimbulkan risiko yang lebih serius pada manusia. Tiga virus tersebut yaitu:

  • SARS-CoV

SARS-CoV merupakan beta coronavirus yang menyebabkan sindrom pernapasan akut yang parah, atau dikenal dengan penyakit SARS. Menurut WHO, kasus manusia pertama kali muncul di China selatan pada November 2002.

SARS-CoV kemungkinan besar ditularkan melalui kelelawar. Selama epidemi 2002-2003, lebih dari 8.000 orang di 26 negara terjangkit SARS, dengan kasus kematian 774 kasus.

  • MERS-CoV

Virus ini menyebabkan penyakit MERS yang muncul di Arab pada tahun 2012. MERS-CoV ditularkan melalui manusia yang berkontak dengan unta yang terinfeksi.

Pada tahun 2012, 27 negara telah melaporkan lebih dari 2.400 kasus MERS. Pada 2015, MERS kembali mewabah di Korea Selatan dengan 186 kasus positif dan 36 kasus kematian. European Center for Disease Prevention and Control (ECDPC) menyebutkan ada lebih dari 200 kasus MERS-CoV yang dilaporkan pada 2019.

Hingga saat ini otoritas kesehatan di seluruh dunia terus memantau kasus MERS.

  • SARS-CoV-2

SARS-CoV-2 atau 2019-nCoV merupakan kasus coronavirus terbaru yang pertama kali muncul di Wuhan, China, pada akhir Desember 2019. Virus ini merupakan penyebab Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia sampai saat ini.

Meski dikatakan tingkat kematiannya tidak terlalu tinggi, virus ini dapat cepat menyebar. Dalam beberapa bulan, SARS-CoV-2 telah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Dilansir dari laman Covid-19 WHO, hingga saat ini terhitung lebih dari 70 ribu kasus terkonfirmasi dengan lebih dari 1 juta kasus meninggal. Otoritas kesehatan di seluruh dunia menekankan pentingnya vaksin Covid-19 dan sedang mengembangkan vaksin virus baru ini.

Pentingnya vaksin virus corona

Manfaat utama dari vaksin atau imunisasi adalah menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh dari infeksi berbagai patogen berbahaya. Hingga saat ini ada banyak vaksin yang tersedia untuk mencegah lebih dari 20 penyakit yang mengancuam jiwa.

Virus penyebab Covid-19 kemungkinan akan terus berubah karena mutasi. Maka dari itu vaksin corona penting untuk pengendalian wabah penyakit menular yang disebabkan coronavirus.

Anda mungkin masih ragu atau khawatir terhadap vaksin yang ditawarkan. Untuk mengetahui lebih lanjut alasan virus corona penting dan kapan vaksin Covid-19 tersedia, diskusikan dengan dokter secara langsung melalui layanan kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App Store atau Google Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *