Asam Sulfat, Cairan Mematikan yang Perlu Diwaspadai

Asam Sulfat, Cairan Mematikan yang Perlu Diwaspadai

Nama senyawa asam sulfat cukup sering didengar di tengah masyarakat. Asam sulfat adalah salah satu jenis bahan kimia keras yang biasanya kita temui sebagai elektrolit di dalam baterai atau aki. Penggunaan asam sulfat juga biasanya lazim digunakan pada industri pengolahan logam. 

Asam sulfat memiliki kode kimia H2SO4 dan mendapat sebutan King of Chemicals. Peristiwa alam yang dapat menghasilkan senyawa ini adalah aktivitas vulkanik. Bentuk dari asam sulfat adalah cairan bening yang tidak berwarna atau terkadang berbentuk cairan coklat berminyak. Asam sulfat memiliki sifat korosif atau dapat membuat benda lain hancur, sehingga untuk penggunaannya harus dikelola dengan hati-hati.

Pemanfaatan Asam Sulfat

Senyawa ini kerap kali digunakan dalam beberapa keperluan manusia atau sebagai senyawa yang membantu beberapa sektor industri. Berikut pemanfaatannya antara lain:

  1. Pembersih Logam dan Minyak

Sesuai namanya, senyawa ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan logam. Selain itu, kotoran yang berasal dari minyak juga dapat dibersihkan oleh senyawa H2SO4 ini. 

  1. Pembersih Saluran Air

Sifat dari H2SO4 adalah dapat membuat benda atau senyawa lain melebur. Maka dari itu senyawa ini juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih saluran air yang memiliki kotoran yang susah dihilangkan. Penggunaannya dalam rumah tangga dapat dikatakan relatif sedikit, namun jika harus menggunakan senyawa ini maka harus diaplikasikan dengan sangat hati-hati.

  1. Bahan Baku Industri

H2SO4 berperan penting dalam produksi bahan pembersih dan pemrosesan air limbah. Deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci juga menggunakan asam sulfat dalam proses produksinya sebagai salah satu bahan baku. Selain itu, asam sulfat juga sebagai salah satu reaktan pada pembuatan bahan peledak, nitrogliserin, dan pemrosesan mineral.

  1. Obat 

Obat salep yang digunakan untuk mengobati beberapa infeksi kulit tertentu mengandung asam sulfat. Salah satunya adalah salep oleh yang digunakan untuk mengobati sariawan.

Obat kemoterapi untuk merusak sel kanker di dalam tubuh manusia juga menggunakan senyawa H2SO4.

Bahaya Asam Sulfat bagi Manusia

Senyawa H2SO4 sangat berbahaya jika terkena bagian tubuh manusia karena memiliki sifat korosif. Bahkan, apabila terpapar pada bagian tubuh tertentu senyawa asam sulfat dapat mengancam nyawa. Hampir semua bagian tubuh akan mengalami kerusakan jika terkena dengan senyawa H2SO4.

  • Bagi Kulit

Jika terpapar kulit dalam jumlah yang sedikit, H2SO4 dapat langsung menimbulkan rasa perih dan sakit. Dalam jumlah yang lebih banyak tentunya akan lebih membahayakan karena akan menimbulkan rasa panas dan terbakar. Sifatnya yang korosif juga akan merusak jaringan kulit dan membuat kulit mengelupas.

  • Bagi Saluran Pernapasan

Selain berbahaya bagi kulit, senyawa ini juga akan membahayakan saluran pernapasan karena mengeluarkan asap berupa gas SO2 yang sangat reaktif. Jika terhirup, maka gas ini berpotensi untuk merusak paru-paru.

  • Bagi Jaringan di Dalam Tubuh

Cairan H2SO4 yang terminum akan menyebabkan dehidrasi parah dan mengiritasi jaringan dalam tubuh karena sifatnya yang asam.

  • Bagi Mata

Mata yang terpapar asam sulfat akan mengalami kerusakan parah seperti menderita glaukoma, katarak dan penurunan kemampuan penglihatan. Dalam jumlah yang sangat sedikit saja atau uap dari senyawa ini mampu membuat mata terasa seperti terbakar dan perih.

Hal yang Harus Dilakukan saat Tubuh Terpapar Asam Sulfat

Apabila Anda atau orang disekitar Anda terpapar bahan yang membahayakan ini, maka hal-hal yang dapat segera dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Jika tidak sengaja tertelan, segera muntahkan dan panggil bantuan medis untuk menolong korban
  • Bilas dengan air yang banyak saat mengenai kulit atau mata
  • Jangan memberikan air atau susu ketika korban mengalami kesulitan menelan, kejang, muntah, dan mengalami penurunan kesadaran.
  • Jika terhirup, segera cari ruangan terbuka atau ruangan yang memiliki udara segar.

Asam sulfat memang sangat berguna bagi beberapa sektor industri dan membantu kehidupan manusia. Namun, penggunaannya harus diawasi dengan sangat ketat karena memiliki potensi yang membahayakan bagi manusia. Anda dapat memanggil tenaga profesional saat menggunakan bahan ini untuk menghindari bahaya yang dapat ditimbulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *