Bahaya Hamil Tanpa Gejala yang Dialami oleh Sebagian Wanita

Beberapa waktu lalu, heboh seorang wanita di Kabupaten Tasikmalaya yang tiba-tiba melahirkan tanpa menegtahui kehamilan selama 9 bulan. Ini adalah salah satu contoh kasus di mana seseorang mengalami hamil tanpa gejala. Ini memang bisa terjadi, kok.

Mungkin pada umumnya, seorang wanita yang hamil akan mengalami tanda-tanda seperti mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan keluhan lainnya. Terlebih pada trimester pertama kehamilan. Di lain kasus, ternyata ada lho seseorang yang hamil tanpa gejala, yaitu tidak merasakan perubahan fisik hingga tidak merasa mual ataupun muntah.

Bisakah Wanita Hamil Tanpa Gejala yang Dirasakan?

Ternyata hamil tanpa gejala memang mungkin bisa terjadi. Pada beberapa kondisi, wanita tidak rutin melakukan hubungan seks serta siklus menstruasi tidak teratur hingga jarang mengunjungi dokter. Pada kondisi tersebut, wajar saja jika wanita itu tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil.

Ada juga terkait masalah kesehatan mental yang membuat wanita tidak mau menerima fakta bahwa mereka sedang hamil atau disebut juga penolakan hamil. Seringnya mereka baru sadar dan menerima fakta kehamilan saat kandungannya berusia 20 minggu.

Namun, ada contoh lain hamil tanpa gejala jika tidak merasakan perbedaan ukuran perut, yaitu:

  • Tidak merasakan mual dan muntah
  • Siklus haid biasanya tidak teratur
  • Payudara tidak mengalami perubahan
  • Tidak merasakan adanya perubahan hormon
  • Tidak mengalami konstipasi
  • Frekuensi buang air kecil tidak sering

Namun, kondisi ini juga dialami oleh banyak orang. Di mana mereka tidak menyadari kehamilannya. Tapi, biasanya berlangsung sementara, bentuk tubuh pasti akan berubah saat memasuki trimester kedua atau ketiga.

Mungkinkah Itu Tanda-tanda Keguguran?

Jika ibu mengalami hamil tanpa gejala, wajar jika merasa khawatir dan menebak-nebak apakah janin dalam kandungannya tumbuh dengan normal atau tidak. Atau bahkan ibu hamil akan berpikir bahwa tidak merasakan gejala berarti keguguran. Berbagai pikiran dan kekhawatiran akan sering terlintas di pikiran.

Untuk memastikannya, Anda perlu untuk ke dokter spesialis untuk melakukan USG. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat mengindikasikan apakah janin di dalam kandungan tumbuh sehat atau tidak, yakni:

  • Adanya gerakan janin

Gerakan janin akan semakin aktif saat memasuki trimester kedua dan ketiga. Bahkan ibu hamil akan diminta untuk mencatat gerakan janinnya setiap hari di trimester ketiga. Gerakan janin ini akan dipengaruhi oleh usia kehamilan. Gerakan janin umumnya baru mulai terasa saat memasuki minggu ke-16.

  • Gejala kehamilan menghilang

Anda juga harus memperhatikan jika gejala-gejala kehamilan tiba-tiba saja menghilang. Sampaikan segera pada dokter jika ini terjadi. Jika gejala kehamilan menghilang tiba-tiba saja, ini dapat menjadi indikasi keguguran.

Apakah Hamil Tanpa Gejala Itu Masalah Serius?

Wanita yang tidak mengetahui sedang hamil memang dapat melahirkan bayinya dengan sehat. Namun, hamil tanpa gejala dan tidak diketahui oleh sang ibu sebenarnya menjadi masalah yang serius. Kenapa?

  1. Jika kehamilan tersebut tidak diketahui oleh sang ibu, maka gizi yang dibutuhkan bayi selama di dalam rahim tidak terpenuhi dengan baik
  2. Ibu mungkin akan melewatkan perawatan pranatal seperti uji fisik, tes darah, dan sebagainya. Perawatan ini untuk memastikan kondisi ibu hamil dan kondisi bayinya dalam keadaan sehat
  3. Hamil tanpa gejala juga membuat ibu dan bayi di dalam kandungan tidak mengetahui jika ada risiko yang dihadapi oleh keduanya, misalnya preeklampsia, anemia, atau bahkan adanya cacat lahir.

Jangan bersedih jika di awal kehamilan, Anda mengalami hamil tanpa gejala. Sebab, Anda tidak sendiri karena ada banyak kasus di luar sana juga mengalami hal yang sama. Tidak perlu khawatir berlebihan, jika merasakan sesuatu, segeralah periksakan ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan jawaban yang pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *