Beberapa Cara Menggunakan Saffron untuk Memasak

Saffron merupakan salah satu bumbu paling mahal di dunia. Sebagai aturan praktis, semakin dalam warna benang saffron, semakin baik kualitasnya. Lalu bagaimana cara menggunakan saffron?

Saffron sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam, salah satunya untuk memasak. Berbagai resep dan hidangan memiliki berbagai cara untuk menggunakan saffron. 

Rasa tepat saffron sulit untuk digambarkan.   Namun, terlepas dari kerumitan rasanya, saffron sangat cocok untuk berbagai jenis makanan, mulai dari nasi dan pasta, hingga sayuran, daging, dan bahkan makanan penutup.

Berikut cara menggunakan saffron untuk memasak:

  • Giling saffron menjadi bubuk

Saffron sering disebut dalam resep makanan Persia, seperti hidangan nasi renyah yang disebut tahdig dan hidangan nasi berlapis dan semur. Ambil sejumput kecil (dari untaian) dan giling saffron menjadi bubuk halus. Pindahkan saffron bubuk ke dalam mangkuk kecil, tambahkan 2-3 sendok makan air panas (atau cairan panas seperti kaldu), aduk perlahan, tutup dan biarkan mekar selama setidaknya lima menit untuk mengeluarkan warna dan  aroma sebelum menambahkannya ke hidangan Anda.

  • Membuat teh saffron

Salah satu cara paling umum untuk menggunakan saffron adalah dengan memasukkannya terlebih dahulu ke dalam air, seperti teh. Hal ini adalah metode mudah yang tidak membutuhkan lebih dari waktu dan panas. Anda bisa memulai dengan meremas benang sari saffron secara kasar di antara ujung jari sebelum menutupinya dengan beberapa sendok makan air hangat atau susu.

  • Menambahkan saffron langsung ke masakan

Resep yang menggunakan banyak cairan dan membutuhkan waktu untuk memasak dapat mencampur rasa dan warna saffron dengan sempurna. Anda hanya perlu sejumput saffron untuk dimasukkan ke dalam hidangan seperti pasta yang memiliki cukup cairan dan waktu mendidih untuk mengeluarkan rasa saffron yang halus.

Anda juga bisa memanggang kering atau memanggang minyak saffron terlebih dahulu, untuk membuat benang sari lebih rapuh.

Sama seperti rempah-rempah lain, saffron tidak memiliki umur simpan yang tidak terbatas. Untuk mendapatkan warna dan rasa terbanyak dari saffron Anda, cobalah menggunakannya dalam waktu satu tahun setelah pembelian.  

Anda dapat menggunakan salah satu cara menggunakan saffron di atas untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap untai saffron yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *