Berbagai Manfaat Kunyit Asam Sirih untuk Wanita

Kunyit asam sirih merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda juga bisa mengonsumsi kunyit asam sirih yang telah diolah menjadi minuman herbal atau jamu. Jamu kunyit asam sirih ini memiliki cita rasa yang unik yaitu adanya perpaduan rasa asam dan rasa manis yang membuat minuman herbal ini terasa menyegarkan ketika dikonsumsi.

Masih sedikit orang yang tahu mengenai manfaat dari minuman herbal kunyit asam sirih ini. Minuman herbal kunyit asam sirih jika dikonsumsi dalam batas wajar dapat memberikan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Pasalnya banyak nutrisi yang terkandung dalam ketiga tanaman herbal tersebut.

Kunyit memiliki kandungan seperti mineral, tannin, glukosa, fruktosa, minyak atsiri dan senyawa-senyawa seperti curcumin, hidrocurcumin. Sedangkan asam memiliki vitamin B, C, zat antioksidan, beta karoten dan mineral. Serta tak kalah lagi daun sirih mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, protein, sodium dan asam nikotinat yang mana dibutuhkan oleh tubuh. 

Mengonsumsi kunyit asam sirih secara teratur tak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan, namun juga bermanfaat untuk perawatan wajah dan tubuh wanita. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi kunyit asam sirih untuk wanita:

  • Mencegah Penuaan Dini 

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, ternyata mengonsumsi kunyit asam sirih bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Pasalnya, kandungan antioksidan yang tinggi pada kunyit dapat membantu untuk mengembalikan elastisitas kulit dan mengurangi garis halus serta kerutan pada wajah. Selain itu, kandungan pada daun sirih juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan memudarkan hiperpigmentasi akibat terpapar sinar UV. 

  • Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid seringkali dialami oleh wanita ketika datang bulan. Tak jarang wanita yang mengeluh kesakitan ketika mengalami nyeri haid. Hal ini dikarenakan otot rahim mengalami kontraksi saat menstruasi, sehingga menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasi kondisi ini Anda dapat mengonsumsi jamu kunyit asam sirih untuk meredakan rasa nyeri.

Kandungan kurkumin pada kunyit ini bermanfaat untuk membantu meredakan rasa nyeri yang berlebih. Ini dikarenakan kunyit mampu meluruhkan dinding rahim dan mengurangi produksi prostaglandin yang menyebakan pembengkakan dan rasa nyeri saat menstruasi. 

  • Menurunkan Berat Badan

Setiap wanita tentunya ingin memiliki berat badan yang ideal. Selain olahraga, untuk menjaga berat badan agar tetap ideal Anda juga bisa lakukan dengan menjaga pola makan dan menggonsumsi minuman herbal kunyit asam sirih. Mengonsumsi kunyit asam sirih dapat membantu membantu menekan nafsu makan Anda agar tidak berlebihan. Jika dikonsumsi secara teratur kunyit asam sirih dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Kurkumin, yaitu suatu antioksidan pada kunyit berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas.

  • Mengatasi Bau Badan

Memiliki bau badan yang tidak sedap tentu sangat mengganggu dan tidak percaya diri. Penggunaan parfum dan deodorant yang tidak tepat dapat membuat bau badan semakin menyengat. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengonsumsi kunyit asam manis sebagai salah solusi untuk mengurangi bau badan Anda. 

Kandungan klavikula dan estradiol pada daun sirih dapat membantu mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Apabila dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi secara perlahan masalah bau badan Anda.

  • Dapat Membantu Mencerahkan Wajah yang Kusam

Selain memperlambat proses penuaan pada wajah, kandungan pada kunyit asam dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam. Kandungan yang terdapat pada kunyit asam mampu mengeluarkan racun pada tubuh sehingga peredahan darah menajdi lancar. Peredaran darah yang lancar akan membantu pori-pori yang tersumbat oleh kotoran akan menjadi bersih sehingga membuat kulit tampak sehat dan cerah.

Itulah beberapa manfaat kunyit asam sirih yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Gunakan kunyit asam sirih dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping. Selain membuat racikan sendiri di rumah, Anda juga bisa membeli kunyit asam sirih yang berbentuk kemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *