Berbagai Perawatan dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Menghilangkan bekas jerawat bukanlah perkara yang mudah. Namun kamu tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan berbagai perawatan yang bisa dilakukan.

Bekas jerawat dapat berupa kerutan, lubang, atau cekungan pada kulit. Salah satu jenis jerawat yang paling sering menimbulkan bekas adalah jerawat nodul dan kista. Namun, bekas jerawat umumnya muncul akibat kebiasaan memencet jerawat.

Menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan berbagai metode yang harus disesuaikan dengan jenis kulit dan tingkat kerusakannya. Namun, pada bekas jerawat yang membandel, diperlukan kombinasi lebih dari satu metode perawatan agar lebih efektif.

Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan berbagai jenis perawatan

Untuk menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit guna menentukan jenis perawatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat:

1. Laser

Metode laser umumnya digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat ringan hingga sedang. Ada dua jenis perawatan laser yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Laser ablatif, untuk membuat permukaan kulit lebih halus
  • Laser non ablatif, untuk merangsang produksi kolagen sehingga dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat bekas jerawat

Perawatan ini dilakukan dengan cara menembakkan sinar laser ke area bekas jerawat. Selain itu, metode laser juga dapat mengobati bekas luka dengan aman dan efektif.

2. Suntikan filler (filler injection)

Suntikan filler dilakukan dengan cara mengisi cekungan bekas jerawat dengan kolagen, lemak, atau zat pengisi lainnya. Meski demikian, metode ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi bekas jerawat yang berbentuk lubang.

Suntikan filler dapat bersifat sementara atau permanen. Filler yang bersifat sementara dapat bertahan 6–18 bulan. Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik, suntikan harus dilakukan secara berulang.

3. Dermabrasi

Prosedur dermabrasi bertujuan untuk mengelupas lapisan paling atas kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Metode ini menggunakan alat khusus atau laser dan biasanya dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang parah.

Prosedur ini umumnya menggunakan bius lokal atau umum. Setelah perawatan, wajah akan tampak memerah dan bengkak selama beberapa hari. Namun, bekas jerawat pada kulit wajah akan tersamarkan.

4. Teknik punch

Teknik punch paling tepat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang berbentuk lubang atau cekungan.

Untuk bekas jerawat yang bersifat ringan, teknik ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil untuk mengangkat bekas jerawat, lalu menutupnya. Setelah sembuh, kulit baru akan tumbuh lebih halus dan rata.

Sementara, untuk bekas jerawat yang cukup parah dan dalam, dokter tetap melakukan pengangkatan terhadap bekas jerawat. Namun, selanjutnya luka akan ditutup dengan sampel kulit dari bagian tubuh, seperti bagian belakang telinga.

5. Subcision

Teknik subcision dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang berbentuk kerutan. Lapisan kulit teratas akan diangkat dari jaringan bawah bekas jerawat, sehingga menimbulkan luka dan memungkinkan darah berkumpul di area tersebut.

Gumpalan darah kemudian akan membentuk jaringan ikat dan membantu mendorong bekas luka agar sejajar dengan permukaan kulit lainnya. Subcision biasanya diikuti dengan perawatan lain, seperti dermabrasi dan perawatan laser.

Perlu diingat bahwa semua metode perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat ini merupakan operasi kecantikan dan harus dilakukan oleh dokter kulit.

Tips Mencegah Bekas Jerawat

Menghilangkan bekas jerawat terkadang bukanlah langkah yang mudah. Nah, untuk mencegah terbentuknya bekas jerawat, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, di antaranya:

  • Gunakan produk pembersih khusus untuk kulit berjerawat.
  • Bersihkan wajah dengan lembut dan cukup menggunakan tangan.
  • Gunakan produk perawatan wajah yang bersifat oil-free, non komedogenik, dan bebas alkohol.
  • Oleskan tabir surya setiap hari untuk mengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam.
  • Jangan menyentuh dan memencet jerawat, karena dapat menyebabkan peradangan serta menimbulkan bekas luka.
  • Lakukan pengobatan jerawat yang tepat.
  • Atur pola makan dan terapkan gaya hidup sehat.
  • Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang berbentuk scrub saat kulit sedang berjerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Butuh konsistensi, kedisiplinan, dan kesabaran, agar bekas jerawat hilang dan dapat mengembalikan rasa percaya dirimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *