Bukan Cefila Sirup, Ini 5 Obat Tradisional untuk Sembuhkan Bronkitis Akut

Cefila sirup sebenarnya merupakan obat dengan kandungan cefixime yang digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam infeksi bakteri salah satunya pneumonia. Ternyata karena inilah banyak orang menganggap obat ini mampu digunakan untuk menyembuhkan bronkitis akut, meskipun ternyata terdapat beberapa obat tradisional yang bisa diandalkan.

Batuk berdahak hingga menyebabkan dada terasa nyeri saat batuk menjadi hal yang paling sering dialami pasien bronkitis. Kondisi ini tentu mengganggu kegiatan sehari-hari, terlepas dari banyaknya pengobatan medis dengan penggunaan antibiotik, ternyata ada obat pengobatan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hal itu.

Obat Herbal Bronkitis

Alih-alih menggunakan cefila sirup yang merupakan salah satu antibiotik untuk mengatasi pneumonia, obat tradisional dapat dipilih sebagai alternatif dalam mengobati bronkitis. Tujuan utama penggunaan obat herbal dalam hal ini adalah mengatasi rasa tidak nyaman yang diakibatkan bronkitis, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Konsumsi Nanas

Bronkitis muncul akibat peradangan pada bronkus atau saluran napas, nanas dipilih menjadi salah satu bahan dalam pengobatan tradisional karena kandungan bromelain di dalamnya. Zat enzim bromelain ini terbukti efektif dalam mengurangi peradangan dalam tubuh, nanas juga bisa meredakan gejala batuk berdahak.

Bromelain yang diserap tubuh tidak akan menimbulkan efek samping yang parah, selain itu hasil penelitian menyebutkan bahwa bromelain menyumbang banyak manfaat untuk pengobatan bronkitis, sinusitis hingga trauma bedah.

  1. Jahe

Salah satu keunggulan jahe ketika dikonsumsi adalah memberi ketenangan tubuh, bumbu dapur ini juga banyak dipakai sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk yang merupakan gejala bronkitis. 

Jahe sangat baik untuk saluran pernapasan yang meradang dan bertindak sebagai ekspektoran atau mengeluarkan zat asing dalam tubuh. Konsumsi sebanyak dua sampai tiga gelas jahe dalam sehari untuk mengobati bronkitis.

  1. Madu dan Lemon

Kemampuan madu sebagai obat memang sudah tidak diragukan sejak dahulu mengingat memiliki kandungan sifat antibakteri di dalamnya. Sementara itu perasan lemon bisa digunakan untuk membunuh zat-zat asing dalam tubuh.

Campuran keduanya dinilai merupakan gabungan bahan tradisional yang berhasil menjadi obat ampuh dalma mengatasi bronkitis. Meski demikian, jangan berikan campuran kedua bahan ini pada ank berusia 1-3 tahun karena akan menyebabkan keracunan.

  1. Bawang Putih

Hasil penelitian yang dipublikasikan National Library of Medicine menyebutkan bahwa bawang putih mampu menghambat virus yang menjadi penyebab bronkitis secara efektif. Berdasar hasil penelitian tersebut, bawang putih dapat dijadikan sebagai obat tradisional mengatasi bronkitis.

  1. Kunyit

Dalam penelitian yang dimuat jurnal Inflammation ditemukan bahwa kunyit memiliki sifat antiperadangan, bahkan kandungan yang ada dikatakan melebihi jahe. Kunyit juga disebut dapat meningkatkan antioksidan yang dapat mengatasi iritasi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahan kunyit sebagai obat tradisional dinilai sebagai salah satu cara yang mudah dan efektif untuk mengatasi bronkitis. Cara mengonsumsinya pun beragam, bisa dengan ditumbuk, diseduh hingga dibakar untuk kemudian dihirup asapnya

Dapat dikatakan bahwa beberapa jenis obat tradisional untuk bronkitis di atas memang lebih mudah untuk dilakukan ketimbang menggunakan antibiotik. Seperti salah satunya dengan cefila sirup, salah satu antibiotik yang masuk dalam golongan obat keras.

Karena itu pembelian dan penggunaannya harus menggunakan resep dokter, konsultasikan terlebih dulu bagaimana penggunaan obat ini untuk mengatasi bronkitis. Karena memang dosis penggunaan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari berat dan riwayat penyakit yang diderita pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *