Caladine Powder Efektif Atasi Biang Keringat

Tugas utama kulit adalah untuk melindungi bagian dalam tubuh dari paparan dunia luar. Kulit akan bertindak sebagai pembatas pelindung dari benda asing yang dapat menyebabkan infeksi, zat kimia, atau bahkan sinar ultraviolet yang dapat merusak tubuh. Kulit juga memiliki peran penting dalam mengatur suhu tubuh. 

Salah satu cara tubuh untuk mendinginkan diri sendiri adalah dengan berkeringat, membiarkan keringat tersebut atau perpirasi untuk menguap. Keringat dibuat di kelenjar keringat yang melapisi seluruh tubuh (kecuali di beberapa bagian kecil seperti kuku jari dan kuku kaki, serta saluran telinga). 

Kelenjar keringat terletak di dermis atau lapisan dalam kulit dan diatur oleh pusat kontrol suhu di otak. Keringat dari kelenjar tersebut akan menuju permukan kulit lewat saluran khusus. Biang keringat terjadi ketika saluran keringat tersumbat dan keringat tidak dapat menuju permukaan kulit. Keringat akan terjebak di bawah lapisan permukaan kulit dan menyebabkan peradangan atau ruam ringan. Caladine powder sering digunakan untuk mengatasi kondisi ini. 

Apa penyebab biang keringat?

Biang keringat dapat diatasi menggunakan Caladine Powder. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apa yang menyebabkan kondisi ini? Masih belum diketahui dengan pasti mengapa beberapa orang bisa menderita biang keringat sementara sebagian yang lain tidak. Saluran kelenjar keringat dapat tersumbat ketika keringat berlebih terjadi, dan keringat tidak dapat menguap dari daerah khusus tertentu. Beberapa contoh bagaimana penyumbatan terjadi di antaranya adalah:

  • Lipatan di kulit seperti leher, ketiak, dan selangkangan di mana kulit menyentuh kulit, yang akan membuat udara sulit untuk bersirkulasi, mencegah terjadinya penguapan keringat. 
  • Pakaian yang terlalu ketat dapat mencegah penguapan keringat. 
  • Menutup diri menggunakan pakaian atau selimut yang terlalu tebal, terutama apabila seseorang berusaha untuk menghangatkan diri pada saat cuaca yang dingin. 
  • Dan krim atau lotion yang kental yang dapat menyumbat saluran keringat. 

Bayi memiliki kelenjar keringat yang belum tumbuh sempurna yang tidak dapat dengan efisien mengeluarkan keringat yang diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu, bayi sangat rentan terkena biang keringat ketika mereka terpapar udara yang hangat, atau memakai pakaian yang terlalu tebal, dan sedang menderita demam. Biang keringat dapa terjadi akibat efek samping beberapa obat-obatan seperti clonidine. 

Gejala utama biang keringat adalah benjolan merah pada kulit, dan sensasi gatal atau ditusuk pada kulit. Hal ini disebabkan karena peradangan pada lapisan epidermis kulit dan sensasi ditusuk mirip dengan rasa kulit terbakar matahari ringan. Gejala biang keringat sama pada bayi dan orang dewasa. Akan tetapi, karena bayi tidak dapat complain seputar sensasi biang keringat yang ia rasakan, bayi akan menjadi rewel atau sering menangis. 

Bayi baru lahir, balita, dan lansia, serta mereka yang menderita obesitas dengan daerah kontak kulit dengan kulit besar berisiko tinggi menderita biang keringat. Kelompok tersebut terutama akan memiliki risiko tinggi jika mereka tidak bergerak dalam jangka waktu yang lama dan bagian kulit mereka tidak terpapar oleh udara yang bersirkulasi, yang dapat mengakibatkan ketidakmampuan saluran keringat tidak dapat bernapas. 

Biang keringat juga lebih sering terjadi pada daerah beriklim panas serta lembap karena orang-orang yang tinggal di daerah tersebut berkeringat lebih sering. Latihan yang intens juga dihubungkan dengan lebih banyak keringat yang memicu terjadinya biang keringat, terutama apabila pakaian yang dipakai tidak membuat tubuh memiliki sirkulasi udara yang baik. Biang keringat cukup mudah diatasi. Anda hanya perlu menggunakan Caladine powder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *