5 Hal Seputar Ciri-Ciri Hamil Muda

Hamil atau tidak hamil? Seperti apa ciri-ciri hamil muda? Pada sebagian wanita tidak ada gejala kehamilan di minggu pertama, tetapi sebagian wanita lain mungkin mengalami gejala seperti kram ringan, nyeri payudara dan kelelahan. 

Biasanya, dokter akan mengukur kehamilan minggu 1 dari hari pertama periode menstruasi terakhir seorang wanita. Meskipun seorang wanita tidak benar-benar hamil pada saat ini, menghitung minggu pertama dari periode menstruasi terakhir dapat membantu menentukan perkiraan tanggal jatuh tempo kehamilan seorang wanita.

Ciri-ciri hamil muda

Apa saja ciri-ciri hamil muda pada minggu pertama kehamilan sebagai dimulainya seminggu setelah pembuahan? Periode ini setara dengan minggu pertama kehamilan. Gejala awal kehamilan ini mirip dengan yang sering Anda alami selama menstruasi, Anda pun bisa tidak menyadari bahwa sedang hamil. 

Periode menstruasi yang terlewat seringkali merupakan gejala utama awal kehamilan.

Perlu Anda ketahui bahwa gejala tersebut dapat disebabkan oleh hal lain selain hamil. Namun, jika ada salah satu gejala yang terjadi pada Anda bukan berarti Anda hamil. Salah satu cara agar tahu pasti yaitu dengan tes kehamilan. Ini adalah beberapa gejala awal yang umum terjadi pada awal kehamilan.

  1. Bercak dan Kram

Ketika telah telah terjadi pembuahan, maka sel telur yang sudah dibuahi akan menempel di dinding rahim. Maka hal itu bisa menjadi salah satu terjadinya tanda awal kehamilan terjadinya bercak, serta terkadang kram. 

Itu disebut pendarahan implantasi. Hal ini dapat terjadi di mana saja mulai dari enam hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi. 

Kram yang terjadi mirip dengan kram menstruasi, maka dari Anda mungkin akan mengira kram serta pendarahan yang terjadi pertanda awal dari menstruasi. 

Selain terjadi pendarahan, Anda akan melihat cairan putih susu yang berasal dari vagina. Hal itu terjadi karena terkait dengan penebalan pada dinding vagina, dan kemudian dimulai setelah pembuahan. Akibat dari meningkatnya pertumbuhan sel-sel yang melapisi vagina maka membuat keluarnya cairan. 

Keputihan akan berlanjut selama kehamilan, dan hal ini tidak membuat bahaya dan tidak perlu perawatan. Namun apabila terjadi bau yang tidak sedap yang berhubungan pada keputihan maupun terjadi seperti gatal dan terbakar, coba pergi ke dokter konsultasikan agar dokter bisa melakukan pemeriksaan, apakah Anda mengalami infeksi jamur atau bakteri.

  1. Perubahan Payudara

Ciri-ciri hamil mudah selanjutnya yaitu perubahan payudara adalah tanda awal kehamilan lainnya. Peningkatan hormon wanita akan cepat berubah setelah terjadi pembuahan. Payudara akan terjadi bengkak serta sakit maupun kesemutan selama satu atau dua minggu. Selain itu juga payudara akan terasa lebih berat atau penuh dan terasa lembut ketika disentuh. Pada area sekitar puting ini akan berubah menjadi gelap. 

Hal-hal lain dapat menyebabkan perubahan payudara. Namun jika perubahan itu karena kehamilan, maka perlu beradaptasi dengan perubahan tingkat hormon yang baru. Tetapi ketika itu terjadi, nyeri payudara akan mereda.

  1. Kelelahan

Jika Anda merasa lelah, hal itu wajar terjadi ketika dalam kehamilan. Anda akan terasa mulai mudah lelah setelah satu minggu kehamilan. 

Mengapa hal itu terjadi karena, ini dikaitkan dengan tingginya hormon progesteron, walaupun hal-hal lainnya juga terpengaruh seperti kadar gula darah renda, peningkatan produksi darah, serta tekanan darah yang rendah.

Apabila terjadi kelelahan ketika hamil maka penting untuk memperbanyak istirahat. Makan dengan makanan yang mengandung protein dan zat besi agar bisa mengimbanginya. 

  1. Mual 

Mual di pagi hari adalah gejala kehamilan yang terkenal. Tapi tidak semua wanita hamil mendapatkannya.

Terjadinya mual di pagi hari itu disebabkan karena hormon kehamilan pada gejala ini. Mual dapat terjadi setiap hari namun paling sering terjadi pada pagi hari. 

Juga, beberapa dari wanita hamil sangat tidak tahan untuk makanan tertentu. Hal itu juga terkait dari perubahan hormonal.

Dapat mungkin terjadi selama kehamilan berlangsung terjadi mengidam, mual, serta malas makan. Tetapi hal itu dapat berkurang terjadinya pada minggu ke 13 atau 14 saat hamil. 

Sementara itu, coba untuk memakan makanan yang sehat bernutrisi untuk Anda dan calon bayi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait hal itu.

  1. Periode yang terlewat

Telat haid ini menjadi gejala awal kehamilan yang paling jelas terlihat. Namun tetap harus melakukan tes kehamilan. Tetapi tidak semua menstruasi yang telat menjadi tanda kehamilan. 

Juga, wanita dapat mengalami beberapa pendarahan selama kehamilan. Jika Anda hamil, tanyakan kepada dokter Anda apa yang harus Anda waspadai dengan pendarahan. Misalnya, kapan pendarahan itu normal dan kapan itu merupakan tanda kedaruratan?

Ada alasan, selain kehamilan, untuk melewatkan menstruasi. mungkin berat badan Anda naik atau turun terlalu banyak. Terjadi kemungkinan lainnya seperti masalah stres, kelelahan, dan hormonal. Terdapat beberapa wanita yang telat menstruasi ketika berhenti minum pil KB. Tetapi jika menstruasi terlambat dan kemungkinan hamil, Anda mungkin ingin melakukan tes kehamilan.

Kapan saya bisa melakukan tes kehamilan?

Karena butuh waktu bagi hormon hCG untuk terbentuk di tubuh Anda, seringkali yang terbaik adalah menunggu sampai Anda melewatkan menstruasi sebelum melakukan tes kehamilan di rumah. Sebelum titik ini tes mungkin muncul negatif, bahkan jika Anda benar-benar hamil.

Apakah tes kehamilan di rumah adalah cara terbaik untuk memeriksa kehamilan dini?

Tes kehamilan di rumah umumnya sangat andal. Tes bisa hanya dengan buang air kecil pada test pack lalu kemudian akan terdapat simbol muncul satu garis lurus. Simbol ini muncul lebih dulu dan berarti tes berhasil. Cek selalu kemasan serta perhatikan instruksi pengujian agar bisa berfungsi baik. Pada beberapa menit, tes akan memperlihatkan hasil nya baik positif maupun negatif. Beberapa tes digital akan menampilkan kata atau frasa (hamil atau tidak hamil).

Melakukan tes darah dilakukan di rumah sakit pilihan Anda. Tes ini adalah untuk mencari hCG di dalam darah. Anda masih perlu menunggu hCG menumpuk di tubuh Anda sebelum melakukan tes kehamilan jenis ini. 

Kapan saya harus menghubungi dokter saya tentang kehamilan baru?

Jika Anda melewatkan menstruasi, melakukan tes kehamilan dan mendapatkan hasil positif, langkah Anda selanjutnya adalah menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk janji temu pertama Anda. Saat menjadwalkan, penyedia Anda mungkin bertanya apakah Anda sudah mulai mengonsumsi vitamin prenatal dengan setidaknya 400 mcg asam folat. Vitamin ini penting pada awal kehamilan karena membantu perkembangan tabung saraf bayi Anda. Tabung saraf akan menjadi otak dan tulang belakang. Banyak penyedia layanan kesehatan merekomendasikan agar setiap wanita yang bisa hamil mengonsumsi asam folat setiap saat. Terdapat beberapa ciri-ciri hamil muda yang bisa Anda ketahui jika mengalami dari salah satu ciri-ciri tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *