Dampak Tidak Baik Jika Konsumsi Kurma Ajwa Premium Berlebih

kurma ajwa premium

Buah manis dari pohon kurma, kurma populer di seluruh dunia sebagai makanan super. Buah-buahan ini kaya akan nutrisi penting, vitamin dan serat yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran manusia. Menjadi salah satu makanan paling serbaguna, kurma dapat dikonsumsi segar saat dipetik dari pohon palem, atau dikeringkan dan diawetkan untuk waktu yang cukup lama. Ada lebih dari 600 jenis kurma dengan bentuk dan rasa yang berbeda, tetapi jenis kurma Ajwa sangat terkenal di seluruh dunia. 

Kurma ajwa premium adalah koleksi kurma terkenal yang ditanam secara eksklusif di Madinah, Arab Saudi. Mulai dari warna coklat tua hingga hampir hitam, kurma ini sangat lembut dan menyenangkan dengan rasa seperti buah prune dan cenderung dari jenis yang kering.

Kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan namun jika konsumsi yang tidak wajar dampaknya juga akan tidak baik bagi tubuh. Apa saja efek samping dari kurma : 

  1. Tambahkan kalori

Ukuran porsi kecil kurma memberikan kandungan kalori yang tinggi. Konsumsi kurma secara teratur dapat menambah kalori pada makanan. Asupan harian menghasilkan penumpukan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

  1. Masalah pencernaan

Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi. ¼ cangkir menyediakan 2,7 gram serat. Asupan serat yang dianjurkan adalah 20 hingga 35 gram per hari. Namun konsumsi serat makanan yang berlebihan menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, gas berlebih dan kembung.

  1. Fruktosa berlebih 

Kurma manis alami yang berasal dari kandungan fruktosa. Fruktosa adalah gula alami yang ditemukan dalam sedikit sayuran dan buah-buahan. Beberapa orang mungkin menghadapi masalah dalam mencerna gula. Dalam penyerapan fruktosa yang buruk dan intoleransi fruktosa, gula melewati sistem pencernaan secara keseluruhan karena tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memecahnya. Ketika sampai ke usus, menyebabkan gas, diare dan sakit perut karena bereaksi dengan bakteri alami di usus.

  1. Masalah kesehatan

Kurma ajwa dianggap sebagai makanan yang mengandung glisemik tinggi karena kandungan gula dan karbohidratnya yang tinggi. Kandungan glikemiknya tinggi sehingga konsumsi berlebihan meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas.

  1. Kerusakan gigi

Gigi bisa membusuk saat Anda makan kurma karena setiap cangkir menawarkan lebih dari 100 g karbohidrat. Setiap kali bakteri di dalam mulut Anda berfermentasi, gigi Anda dapat dengan mudah membusuk karena asam. Segala jenis makanan bersama dengan karbohidrat dapat menyebabkan kerusakan gigi jika makanan tetap berada di gigi Anda terlalu lama. Untuk mengurangi bahaya gigi berlubang, basuh mulut bersama air dan sikat gigi setelah makan, dan jangan minum minuman manis di sela waktu makan.

Dampak negatif konsumsi kurma berlebihan perlu diperhatikan. Kurma merupakan buah yang selalu hadir di bulan Ramadan. Buah ini kerap dijadikan takjil untuk membatalkan puasa. Sebagian besar kurma yang dikonsumsi masyarakat merupakan kurma yang telah dikeringkan. Dampak negatif konsumsi kurma berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan mulai dari ringan hingga berat. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi kurma ajwa dalam jumlah yang wajar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *