Dapatkan Kulit Cerah Alami Dengan Langkah Berikut

Kulit cerah alami dan bebas dari kusam pasti dambaan banyak orang. Saking didambakannya, terkadang banyak orang yang memilih jalan pintas agar kulit bisa cerah secara instan. Padahal jika dilihat lagi, hal ini bisa saja menimbulkan resiko kesehatan yang buruk dimasa depan. Sebenarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan tidak cerah. Mulai dari kebiasaan terpapar debu dan polusi, faktor udara, tidak merawat kulit, gaya hidup yang kurang baik, atau bahkan kondisi medis tertentu. 

1. Debu dan polusi 

Nyatanya bukan hanya kesehatan tubuh yang dapat berpengaruh buruk oleh debu dan polusi. Kulit badan dan wajah pun sama hal nya. Paparan debu dan polusi yang terus-terusan terkena oleh kulit dapat menyebabkan berbagai masalah kulit mulai dari kusam bahkan hingga jerawat.

2. Paparan sinar matahari

Saat kulit sering terkena paparan sinar matahari, masalah kulit kusam akan sangat mudah terjadi pada kulit, terlebih saat kulit tidak rajin dipakaikan pelindung seperti lotion yang mengandung uva, uvb, atau SPF. 

3. Tidak rajin merawat kulit

Hal lain yang juga bisa menyebabkan kulit kusam adalah tidak rajin merawat kulit. Kulit yang tidak rajin dibersihkan dan di eksfoliasis memiliki kecenderungan untuk mudah kusam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit yang rajin dibersihkan serta dirawat.

4.  Gaya hidup

Gaya hidup yang kurang baik seperti kebiasaan memakan makanan yang tidak sehat, jarang minum air serta tidak mengkonsumsi buah tinggi vitamin juga bisa berpengaruh dalam hal ini. Sebab secara tidak sadar, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit seseorang. Inilah sebabnya mengapa orang-orang yang rutin menerapkan gaya hidup sehat jarang mengalami keluhan atau masalah kulit bahkan kulitnya cenderung bercahaya dan jauh dari kata kusam. 

Lalu bagaimana cara mendapatkan kulit yang cerah alami, sehat, dan terbebas dari kusam?

1. Rajin bersihkan kulit

Selelah apapun aktivitas harian Anda, pastikan setelahnya membersihkan tubuh hingga benar-benar bersih. Selain baik bagi kesehatan karena tubuh bersih, penumpukkan kotoran dan sel kulit mati yang dapat membuat kulit kusam dapat diminimalisir.

2. Pastikan kulit lembab

Jangan pernah malas menggunakan pelembab kulit. Sebab saat kulit tidak lembab atau dalam keadaan kering, kemungkinan kulit bisa menjadi kusam akan semakin mudah terjadi. Oleh karena itu, setelah mandi pastikan untuk rutin mengoleskan lotion pada bagian seluruh kulit.

3. Rajin lindungi kulit

Rajin menggunakan lotion yang mengandung uva,uvb, serta SPF setiap harinya dapat melindungi kulit dari masalah-masalah kulit mulai dari kusam hingga penuaan dini. Anda dapat menggunakan lotion 2 kali sehari setiap habis mandi atau sesuai kebutuhan.

4. Rajin eksfoliasi

Eksfoliasi penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit. Saat sel kulit mati terangkat, permukaan kulit cenderung lebih cerah dan kusam pun bisa berkurang. Meski begitu, eksfoliasi tidak dapat dilakukan setiap hari karena bisa merusak kulit. Cukup gunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk hal ini. Untuk melengkapi kebutuhan perawatan eksfoliasi di rumah, Anda dapat mencoba lulur purbasari bengkoang untuk mencerahkan kulit agar kulit jauh dari kata kusam. Didalam lulur purbasari terdapat kandungan ekstrak bengkoang dan mulberry yang dapat mencerahkan, melembabkan, dan menyehatkan kulit. Aroma yang ditinggalkan setelah pemakaian juga sangat khas dan menenangkan. Cara penggunaannya, cukup oleskan lulur pada keadaan kulit yang belum dibasahi ke seluruh permukaan kulit, kemudian gosok secara perlahan dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati lewat butir scrub di dalam lulur. Setelah dirasa cukup, bilas lulur menggunakan air hingga benar-benar bersih. Dengan menggunakan lulur purbasari secara rutin, kulit cerah alami pun akan mudah didapat.

5. Banyak minum air

Jangan lupa untuk cukupi kebutuhan air agar tubuh tetap terhidrasi dengan meminum 8-9 gelas air per harinya. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menghasilkan kulit yang sehat sehingga minim dari masalah kulit. 

6. Tidur cukup

Percaya atau tidak, saat kebutuhan tidur tercukupi, kulit akan memancarkan cahaya yang sehat dari dalam. Bukan tanpa sebab, nyatanya tidur memang dapat meningkatkan aliran darah pada kulit. Inilah sebabnya mengapa saat tidur tercukupi kulit sehat dan bebas kusam bisa saja mudah didapatkan. Setidaknya Anda dapat tidur 8-9 jam per harinya untuk mencukupi kebutuhan jam tidur. 

7. Perhatikan asupan buah

Untuk mendukung kesehatan kulit dari dalam, Anda dapat rutin mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin yang tinggi. Kandungan Vitamin C dipercaya dapat membantu mencerahkan serta meningkatkan kolagen pada kulit sehingga kulit dapat lebih sehat. Anda dapat mengkonsumsi buah stroberi, bluberi, pepaya, apel hijau, nanas, kiwi, jeruk, dan kiwi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *