Dosis dan Aturan Minum Floragyn yang Perlu Anda Tahu

Keputihan merupakan salah satu kondisi yang terjadi ketika terdapat  cairan atau lendir yang keluar dari vagina. Dalam keadaan normal, terjadinya keputihan mungkin tidak butuh pengobatan. Namun, jika terjadi perubahan warna, bau, dan volume, maka Anda perlu waspada dan antisipasi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi Floragyn.

Floragyn merupakan suplemen makanan yang mengandung Lactobacillus reuteri dan Lactobacillus rhamnosus. Suplemen tersebut dipakai untuk mengobati kandidiasis vulvovag, yaitu infeksi yang terjadi pada vagina yang disebabkan oleh infeksi jamur. Biasanya suplemen ini dipakai sebagai tambahan terapi. Selain itu, suplemen ini dapat juga meringankan gejala infeksi saluran kemih.

Dosis Penggunaan Floragyn

Ada dua cara penggunaan suplemen makanan Floragyn. Namun, penggunaan suplemen ini harus sesuai dengan petunjuk dokter karena obat tersebut tergolong obat keras. Dosis penggunaan Floragyn adalah sebagai berikut.

1. Sebagai pencegahan

Sebagai tindak pencegahan, suplemen makanan Floragyn diminum satu kali sehari 1 kapsul dengan jangka waktu maksimal 3 minggu. Suplemen ini diminum sebelum periode bulanan atau menstruasi atau ketika floral vagina tidak seimbang.

2. Sebagai terapi pengobatan

Ada dosis khusus jika suplemen ini digunakan untuk pengobatan. Berbeda dengan pencegahan, dosis pengobatan dua kali lipat lebih banyak yaitu dua kapsul sehari, sedangkan jangka waktu konsumsinya adalah tiga minggu. Selain itu, obat ini harus diminum 1 hingga 2 jam setelah konsumsi antibiotik. 

Aturan Minum Suplemen Floragyn

Obat Floragyn diberikan pada penderita yang mengalami ketidakseimbangan pada floral vagina yang umumnya ditandai dengan keputihan. Penyebab keputihan secara umum adalah adanya bakteri, jamur, virus, atau parasit. Jadi sebelum mengonsumsi obat tersebut. periksakan terlebih dahulu penyakit keputihan yang diderita, jika normal maka tidak perlu pengobatan. Namun jika terjadi ketidak seimbangan, biasanya dokter akan menganjurkan pengobatan, dan akan memberikan resep obat untuk mengatasi keputihan agar tidak semakin parah seperti Floragyn.

Floragyn mengandung bakteri baik yang aktif dan normal seperti pada vagina sehingga pemberian obat ini diharapkan bisa meminimalisir penyebab penyakit di vagina, yaitu adanya mikroorganisme patogen yang jahat. Alhasil keputihan akan cepat membaik dan normal.

Floragyn dapat digunakan 2 jam sesudah pemberian obat antibiotik agar hasilnya lebih efektif dan cepat meredakan keputihan. Tapi, tetap harus dengan anjuran dokter agar tidak berlebihan dalam pengobatan yang menyebabkan terjadinya indikasi yang tidak diinginkan.

Penggunaan Floragyn sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Namun, ada beberapa kasus yang memperbolehkan ibu hamil minum Floragyn dengan resep oleh dokter. Asalkan penggunaannya masih dalam pengawasan dokter ibu hamil tidak perlu khawatir karena dokter sudah memperkirakan banyaknya manfaatnya dibandingkan dengan efek sampingnya.

Itulah sedikit ulasan mengenai dosis dan aturan minum Floragyn. Di samping menjalankan pengobatan dari dokter dengan menggunakan obat suplemen Floragyn, keputihan juga dapat diatasi dengan menjaga kebersihan organ intim. Selain itu, hindari penggunaan sabun atau pewangi untuk organ intim. Sering minum air putih dan hindari stress, maka keputihan akan cepat pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *