Folaxin

Folat merupakan vitamin kelompok B yang penting dalam perkembangan janin yang sehat pada awal kehamilan terkhusus pada tabung saraf. Tidak hanya ketika sedang hamil namun, bagi wanita yang sudah usia subur harus mengonsumsi folat ekstra setiap harinya agar mencegah cacat tabung saraf atau disebut spifina bifida. 

Folat seperti pada suplemen folaxin maupun folat alami yang dikonsumsi sebelum kehamilan maupun selama beberapa minggu pertama kehamilan bisa mencegah tujuh dari sepuluh kasus dari cacat tabung saraf. 

Manfaat kesehatan dengan mengonsumsi asam folat ketika hamil?

Tabung saraf ini bisa berkembang menjadi sumsum tulang belakang maupun otak selama 28 hari setelah pembuahan. Apabila tabung saraf ini tidak menutup dengan benar, maka cacat tabung saraf akan terjadi. Anencephaly merupakan kondisi dimana otak tidak bisa berkembang dengan baik. Maka bayi lahir yang mengidap anencephaly kemungkinan tidak bisa bertahan hidup. 

Kemudian, bayi yang ketika lahir dengan mengidap spina bifida atau ensefalokel bisa menghadapi beberapa operasi, kelumpuhan serta kecacatan jangka panjang. Dalam sebuah studi pada 2015 mengungkapkan suplementasi asam folat dapat berdampak dalam mengurangi risiko cacat jantung bawaan. Cacat jantung bawaan ini terjadi ketika jantung atau pembuluh darah tidak dapat tumbuh dengan normal sebelum kelahiran. Bisa mempengaruhi dinding dalam jantung, arteri dan vena jantung, maupun katup jantung. 

Dalam penelitian itu juga memperlihatkan bahwa suplementasi asam folat diawal kehamilan bisa mencegah bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing. Cacat lahir ini bisa terjadi apabila bagian mulut serta bibir tidak menyatu dengan baik selama 6 hingga 10 minggu diawal kehamilan. Satu atau beberapa operasi dapat dibutuhkan dalam memperbaiki kondisi itu. 

Siapa yang bisa dan tidak bisa mengonsumsi asam folat?

Asam folat juga tidak cocok pada semua orang, agar Anda tahu bahwa asam folat cocok maka Anda harus memberitahu dokter sebelum mengonsumsi asam folat apabila Anda : 

  • pernah memiliki reaksi alergi terhadap asam folat atau obat lain di masa lalu
  • memiliki kadar vitamin B12 yang rendah (anemia defisiensi vitamin B12) atau anemia pernisiosa
  • menderita kanker (kecuali jika Anda juga menderita anemia defisiensi folat)
  • sedang menjalani jenis dialisis ginjal yang disebut hemodialisis
  • memiliki stent di hatimu

Bagaimana cara meningkatkan asupan folat Anda?

Anda bisa mendapatkan cukup folat jika Anda:

  • Minum suplemen asam folat seperti folaxin ini yang mengandung 400 mcg dengan dosis yang pas dalam memenuhi kebutuhan asam folat harian. 
  • Makan makanan kaya folat hadir dalam berbagai sayuran (seperti asparagus, bayam dan brokoli) dan buah-buahan (seperti jeruk, pisang dan stroberi) serta kacang-kacangan (seperti buncis, kacang kering dan lentil), sereal , ekstrak kacang dan ragi 
  • Pilih makanan yang telah diperkaya dengan asam folat ini termasuk beberapa sereal sarapan dan jus buah, dan sebagian besar roti.

Efek samping

Seperti semua obat-obatan, asam folat dapat menyebabkan efek samping pada beberapa orang. Namun, sangat kecil juga memiliki efek samping. Bicarakan dengan dokter apabila memiliki efek samping yang menggangu dan tidak hilang seperti :

  • merasa sakit (mual) – tetapi jika Anda hamil, ini lebih cenderung menjadi mual di pagi hari
  • kehilangan selera makan
  • kembung atau angin
  • Reaksi alergi yang serius
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, asam folat dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius (anafilaksis).

Mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko:

  • cacat tabung saraf
  • kelainan jantung bawaan
  • langit-langit mulut sumbing
  • bibir sumbing

Apabila terjadi kehamilan di masa depan, coba untuk pertimbangkan menambahkan vitamin prenatal setiap harinya. Vitamin itu tersedia dalam berbagai bentuk. Untuk menghindari sakit perut, minum vitamin prenatal dengan makanan.

Selalu bicarakan dengan dokter Anda tentang mengonsumsi dosis vitamin prenatal yang benar karena terlalu banyak mengonsumsi suplemen dapat menjadi racun bagi calon bayi Anda.

Anda juga harus menambahkan makanan yang diperkaya dengan asam folat ke dalam diet Anda. Jangan menunggu sampai Anda mengetahui bahwa Anda hamil untuk serius tentang asam folat. Saat itu, mungkin sudah terlambat. Bicaralah dengan dokter Anda untuk menentukan jumlah asam folat yang tepat yang Anda perlukan maupun sebelum mengonsumsi folaxin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *