Fungsi Obat Anti Depresan, Sertraline

Merupakan salah satu jenis obat yang digunakan untuk menangani beberapa gangguan kejiwaan seperti depresi, OCD (obressive compulsive disorder), gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, PTSD (post traumatic disorder) dan prementrual dysphoric disorder, pada umumnya dikenal dengan nama sertraline.

Obat ini termasuk dalam golongan obat antidepresan golongan selectoive sertoinin reuptake inhibitor (SSRIs). Bekerja dengan cara mengembalikan keseimbangan zat kimia serotonin pada otak sehingga dapat meningkatkan suasana hati. Untuk bisa mendapatkan dan mengonsumsi obat ini harus dengan resep dokter.

Manfaat Sertraline

Selain mengatasi beberapa gangguan yang sudah disebutkan di atas, obat ini juga mampu memulihkan kondisi seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara meningkatkan mood, tidur, nafsu makan dan tingkat energi. Selain itu, obat ini juga dapat menurunkan rasa takut, kecemasan, pikiran yang tidak diinginkan hingga sejumlah serangan panik.

Obat ini dikenal sebagai serotonin reuptake inhibitor (SSRI), bekerja dengan membantu mengembalikan kesimbangan zat alami tertentu pada otak. Salah satu dampaknya adalah mengurangi dorongan untuk melakukan sesuatu tang berulang-ulang, seperti mencuci tangan, perhitungan dan pemeriksaan.

Serotonin menjadi senyawa otak yang dikaitkan dengan kebahagiaan, dengan tertahannya kadar serotonin ini mood pasien diharapkan bisa membaik. Obat ini juga termasuk dalma golongan obat keras, sehingga untuk mendapatkannya diperlukan resep dari dokter dan obat ini tidak sembarang digunakan karena memiliki banyak efek samping dan peringatan penggunaan.

Efek Samping Umum

Efek samping yang muncul bisa sedikit berbeda kemunculannya pada orang dewasa dan anak-anak, bisa terasa ringan dan dapat hiolang setelah beberapa hari. Namun, jika efek samping yang muncul cenderung parah harus segera dilakukan pemeriksaan ke dokter. Berikut beberapa efek samping yang perlu diwaspadai.

  • Orang Dewasa

Mual, hilang nafsu makan diare dan gangguan pencernaan, munculnya perubahan kebiasana tidur, termasuk peningkatan kantuk atau justru susah tidur. Meningkatknya intensitas keringat yang muncul, masalah seksual termasuk penurunan gairah dan gagal ejakulasi. Tremor dengan kelelahan pada tubuh, marah tak karuan dan merasa gelisah.

  • Anak-anak

Efek samping yang muncul pada anak-anak bisa sama seperti yang dirasakan orang dewasa, namun ditambah dengan risiko efek lainnya. Seperti agitasi otot atau peningkatkan gerak tidak normal, mimisan, menjadi lebih sering buang air hingga mengompol, menjadi agresif. Bagi anak perempuan yang sudah cukup umur mengalami haid berat hingga pertumbuhan lambat.

  • Bersifat Serius

Sama seperti obat keras pada umumnya, obat ini juga menimbulkan efek samping yang sifatnya serius dan bahkan mengancam nyawa. Seperti munculnya upaya bunuh diri, bertindak karena rangsangan berbahaya, perilaku agresif cenderung kekerasan, depresi menjadi lebih parah, rasa cemas atau serangan panik parah, sulit tidur dan masih banyak lagi.

Jika pasien mengalami perilaku yang disebutkan tersebut, segera hubungi dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat. Terlebih jika yang mengalaminya anak-anak, bantuan gawat darurat dibutuhkan untuk penanganan gejala yang parah guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Jangan Sembarang Konsumsi

Sertraline merupakan obat keras yang sangat berbahaya jika dikonsumsi tanpa izin dari dokter, FDA bahkan memberi peringatan kotak hitam terhadap obat ini. Tandanya obat ini memiliki efek samping yang sangat berbahay jika tidak dikonsumsi sesuai dengan aturan atau dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di dalam kamar mandi dan jangan dibekukan, meskipun beberapa merek obat jenis ini yang lainnya memiliki aturan penyimpanan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *