Gly Derm Atasi Stretch Mark, Apa Kondisi Ini?

Stretch mark, juga dikenal dengan sebutan striae, terjadi ketika kulit tubuh Anda berubah bentuk dengan cepat akibat pertumbuhan dan pertambahan berat badan. Stretch mark bukanlah sebuah tanda adanya suatu gangguan kesehatan tertentu pada tubuh, dan dapat dengan mudah diatasi menggunakan Gly Derm. Baik pria dan wanita dapat memiliki stretch mark. Kehamilan dan pubertas adalah dua penyebab utama mengapa seseorang bisa memiliki kondisi ini. 

Apa yang menyebabkannya?

Seperti namanya, stretch mark disebabkan karena kulit yang “stretching” atau meregang dan adanya peningkatan cortisone di dalam sistem Anda. Cortisone adalah sebuah hormon yang diproduksi secara alami oleh kelenjar adrenal Anda. Akan tetapi, terlalu banyak hormon ini dapat menyebabkan kulit kehilangan kelenturan atau elastisitasnya. Stretch mark lazim dijumpai pada beberapa kondisi ini dan dapat diatasi menggunakan Gly Derm, seperti:

  • Banyak wanita akan memiliki stretch mark pada saat hamil karena kulit akan meregang dalam banyak cara untuk membuat cukup ruang bagi bayi yang sedang berkembang. Tarikan dan regangan yang terus menerus tersebut dapat menyebabkan terjadinya stretch mark. 
  • Stretch mark terkadang muncul ketika Anda bertambah berat badan atau turun berat badan dengan sangat cepat. Remaja juga dapat melihat timbulnya stretch mark secara tiba-tiba saat tumbuh dan berkembang. 
  • Krim, lotion, dan pill corticosteroid dapat menyebabkan stretch mark karena berkurangnya kemampuan kulit untuk meregang. 
  • Sindrom Cushing, sindrom Marfan, sindrom Ehlers-Danios dan gangguan kelenjar adrenal lainnya dapat menyebabkan stretch mark dengan cara meningkatkan jumlah cortisone di dalam tubuh Anda. 

Beberapa faktor risiko dapat meningkatkan seseorang untuk mengembangkan stretch mark pada kulit mereka. Adapun beberapa risiko tersebut di antaranya adalah berjenis kelamin perempuan, memiliki kulit yang pucat, memiliki riwayat keluarga dengan stretch mark, hamil, memiliki riwayat melahirkan bayi kembar, kelebihan berat badan, turunnya berat badan atau meningkatnya berat badan berlebih, serta menggunakan obat-obatan corticosteroid. 

Dokter dapat melihat apakah Anda sedang memiliki stretch mark hanya dengan melihat kondisi kulit Anda serta meninjau riwayat medis yang dimiliki. Apabila mereka mencurigai stretch mark yang Anda miliki disebabkan karena sebuah penyakit yang serius, mereka akan melakukan tes darah, tes urin, dan tes pencitraan. 

Stretch mark biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Jika Anda tidak ingin menunggu, ada perawatan seperti penggunaan Gly Derm yang dapat meningkatkan tampilan stretch mark. Namun, tidak ada satupun perawatan yang dapat membuat stretch mark benar-benar hilang. Ada beberapa cara untuk meningkatkan tampilan stretch mark. 

  • Krim tretinoin bekerja dengan cara mengembalikan kolagen, protein berserat yang membantu memberi elastisitas kulit Anda. Sangat baik untuk menggunakan krim jenis ini pada stretch mark yang baru muncul dan masih berwarna merah atau merah muda. Namun, krim ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sehingga, apabila Anda sedang hamil, Anda tidak boleh menggunakan krim tretinon. 
  • Terapi pulsed dye laser dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen dan elastin. Akan lebih baik menggunakan terapi ini pada stretch mark yang baru muncul. Orang-orang dengan warna kulit yang lebih gelap dapat mengalami perubahan warna kulit. 

Stretch mark juga dapat diatasi menggunakan Gly Derm. Namun, prosedur medis dan obat resep tidak selamanya bisa menghilangkan stretch mark. Selain itu, prosedur tersebut juga relatif bersifat lebih mahal. Di sisi lain, tidak ada cara apapun yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stretch mark. Namun, menjaga berat badan tetap dalam rentang yang sehat dengan makan makanan sehat dan berolahraga secara rutin dapat mencegah stretch mark akibat pertambahan atau turunnya berat badan tiba-tiba. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *