Hati-Hati Pilih Alas Kaki untuk Cegah Tumit Bengkak

Tumit merupakan salah satu bagian kaki yang rawan mengalami pembengkakan. Penyebab terjadinya tumit bengkak dapat beragam. Namun, salah satu penyebab umumnya yaitu salah memilih alas kaki.

Pemilihan alas kaki yang hanya berdasar pada nilai fashionable, terkadang malah dapat membawa kerugian bagi Anda. Semakin lama alas kaki tersebut digunakan, pada akhirnya Anda akan merasa tidak nyaman menggunakannya dan berdampak pada kondisi tumit bengkak.

Rasa tidak nyaman ketika menggunakan alas kaki yang salah dapat menimbulkan masalah pada telapak kaki. Pada bagian telapak kaki, terdapat sebuah jaringan yang menghubungkan tulang tumit dan ibu jari. Jaringan ini akan meradang jika adanya ketidaksesuaian antara kondisi kaki, kondisi tempat berpijak, dan juga alas kaki. Peradangan ini kemudian akan menyebabkan tumit bengkak dan menimbulkan rasa sakit pada tumit bagian bawah.

Bagaimana memilih alas kaki untuk cegah tumit bengkak?

Di bawah ini terdapat beberapa tips yang kiranya dapat menjadi referensi Anda untuk memilih alas kaki yang tepat, sehingga dapat mencegah tumit bengkak:

  • Pilih alas kaki berdasarkan tujuan penggunaan

Setiap kegiatan atau aktivitas tentu membutuhkan alas kaki yang berbeda. Sepatu untuk bekerja di kantor, tentu tidak dapat Anda gunakan untuk melakukan olahraga maupun berlari. Sepatu yang digunakan oleh atlet di setiap cabang olahraga pun berbeda-beda. Seorang pemain sepak bola tidak akan mengenakan sepatu untuk bermain bulutangkis. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan kebutuhan dan tujuan penggunaan alas kaki yang akan dibeli.

  • Memilih ukuran berdasarkan aturan jempol

Ketika akan ukuran alas kaki, pastikan bahwa jarak antara ujung jempol dan ujung sepatu dengan tumit yang menempel di ujung satunya, tidak lebih panjang dari jari jempol tangan Anda. Jika jarak tersebut terlalu lebar, maka dapat dipastikan bahwa tumit Anda tidak berada pada posisi yang benar ketika berjalan.

  • Mencari sepatu ketika telah beraktivitas

Percaya atau tidak, ukuran kaki ketika Anda telah selesai beraktivitas sehari-hari dapat menjadi lebih besar, jika dibanding dengan ukuran kaki pada pagi hari, sebelum Anda beraktivitas. Sepatu dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran kaki Anda tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan memicu rasa sakit pada kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *