Ingin Tinggi? Konsumsi Makanan Peninggi Badan Ini

Meskipun tinggi badan seseorang sangat tergantung pada faktor genetik, mendapatkan nutrisi yang cukup dalam diet Anda penting guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan diri yang baik. Meskipun Anda tidak akan bisa bertambah lebih tinggi saat Anda mencapai tinggi badan maksimal, beberapa makanan peninggi badan dapat menjaga tinggi dengan membuat tulang, persendian, dan tubuh sehat serta kuat. Protein, misalnya, memainkan peran penting dalam perkembangan tubuh yang sehat sekaligus meningkatkan perbaikan jaringan dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Mikronutrien dalam makanan peninggi badan seperti kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor terlibat dalam kesehatan tulang, yang mana sangat penting dalam pertumbuhan seseorang. Selain itu, penelitian menemukan bahwa probiotik, yang mana merupakan salah satu jenis bakteri bermanfaat yang banyak ditemukan di makanan-makanan hasil fermentasi, juga dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak. Beberapa makanan peninggi badan yang perlu Anda dan keluarga konsumsi di antaranya adalah:

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacang merupakan makanan peninggi badan yang sangat bernutrisi. Kacang-kacangan merupakan sumbe protein yang baik. Protein tersebut dapat meningkatkan level IGF-1, sebuah hormon penting yang mengatur pertumbuhan pada anak. Kacang juga kaya kandungan zat besi dan vitamin B, yang dapat melidungi tubuh dari anemia, sebuah kondisi akibat kurangnya sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. Tidak hanya zat besi dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan, anemia defisiensi zat besi juga dapat menyebabkan tertundanya pertumbuhan pada anak. Kacang juga mengandung nutrisi penting lain seperti serat, tembaga, magnesium, mangan, dan zinc.

  • Ayam

Kaya akan protein dan nutrisi esensial lainnya, ayam dapat menjadi tambahan terbaik untuk diet sehat Anda. Dalam 85 gram sajian ayam terkandung sekitar 20 gram protein. Ayam juga tinggi kandungan vitamin B12, vitamin larut dalam air yang penting untuk menambah tinggi badan dan menjaga tinggi badan. Ayam juga kaya kandungan taurine, asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Meskipun profil nutrisi yang tepat dapat berbeda-beda tergantung dengan potongan daging serta metode memasak daging ayam, daging ini merupakan sumber niacin, selenium, fosfor, dan vitamin B6 yang baik.

  • Almond

Almond dipenuhi dengan berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh lebih tinggi. Selain mengandung lemak sehat, almond juga tinggi kandungan serat, mangan,dan magnesium. Almond juga kaya vitamin E, sebuah vitamin yang larut dalam lemak dan berfungsi sebagai antioksidan. Defisiensi vitamin E ini dapat menyebabkan efek samping yang serius, termasuk pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak. Almond juga dapat memperkuat kesehatan tulang. Dalam sebuah studi kecil pada 14 orang, ditemukan bahwa mengonsumsi almond dapat menhentikan pembentukan osteociast, yang mana merupakan satu jenis sel yang dapat menghancurkan jaringan tulang.

  • Susu

Susu sering dianggap sebagai komponen penting dalam diet yang sehat. Susu juga dapat membantu mendukung pertumbuhan dengan memberikan asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. Susu juga kaya kandungan protein (dalam 244 ml sajian susu terkandung 8 gram protein). Penelitian juga menunjukkan bahwa susu sapi dapat menstimulasi peningkatkan pertumbuhan pada anak dan membantu mendukung pertambahan berat badan dan pembentukan otot.

Nutrisi memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang baik. Konsumsi makanan peninggi badan di atas untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh dapat tumbuh lebih tinggi serta sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *