Ini Jenis-Jenis Nebulizer Omron Beserta Fungsinya

Obat-obatan uap dan alat bantu pernafasan merupakan hal yang tak asing lagi bagi pasien pengidap gangguan pernafasan. Inhaler, tabung oksigen portabel, dan nebulizer adalah satu dari sekian peralatan yang diperlukan kehadirannya. Inhaler dan tabung oksigen mungkin sudah sering Anda dengar. Namun bagaimana dengan nebulizer?

Hampir mirip dengan inhaler, nebulizer adalah alat medis untuk mengubah obat dari bentuk cair ke bentuk kabut atau uap sehingga memudahkannya untuk dihirup dan masuk ke hidung yang dilanjutkan ke paru-paru atau bagian dalam sistem pernapasan yang membutuhkannya. 

Salah satu merek nebulizer terkenal Omron. Merek ini berasal dari Jepang dan telah banyak memproduksi alat-alat kesehatan baik untuk perawatan di rumah sakit atau perawatan di rumah. Nebulizer omron memiliki beberapa jenis dengan fungsi dan kelebihannya masing-masing. Berikut ini jenis-jenisnya.

Apa itu nebulizer dan fungsinya

Nebulizer adalah alat pengobatan pernafasan yang digunakan untuk mengubah obat cair ke dalam bentuk uap yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit pernafasan. Obat yang berubah menjadi aerosol itu akan lebih mudah dihirup serta masuk ke dalam paru-paru atau bagian yang membutuhkannya. 

Nebulizer dibutuhkan ketika Anda memerlukan dosis yang lebih besar untuk obat inhalasi. Nebulizer biasanya digunakan dengan obat kortikosteroid untuk melawan peradangan dan bronkodilator untuk membuka saluran pernafasan. Nebulizer sendiri berfungsi sebagai pengobatan pernafasan atau melegakan hidung yang tersumbat.

Nebulizer kini memiliki banyak jenis dan juga memakai teknologi terbaru. Secara umum ada tiga jenis nebulizer, yaitu jet, ultrasonik, dan mesh. Jenis jet dapat membuat aerosol menjadi partikel-partikel yang kecil. Jenis ultrasonik memiliki partikel yang lebih besar dari yang dihasilkan jenis jet dan dihasilkan melalui getaran frekuensi tinggi. Sementara jenis mesh menghasilkan partikel lebih kecil dan halus serta memiliki harga yang lebih mahal.

Jenis-jenis nebulizer omron

Kompresor Nebulizer Omron NE-C28

Kompresor tipe ini dilengkapi Virtual Valve Technology di mana obat akan dilarutkan seutuhnya sehingga tidak ada yang terbuang melalui uap kotor. Teknologi ini juga memberikan perawatan yang cepat dan efisien pada pasien. Nebulizer ini juga tidak menggunakan katup silikon, jadi memudahkannya dalam dibersihkan dan tidak mudah kotor serta mengurangi risiko infeksi. 

Penggunaan katup silikon dapat membahayakan anak-anak karena mudah digigit dan tertelan, dengan teknologi tanpa silikon ini, menjadikan nebulizer omron NE-C28 lebih aman bagi  anak-anak. Kompresor Nebulizer Omron NE-C28 memiliki fitur sebagai berikut:

  • Laju Nebulisasi 0.4ml/menit untuk mengoptimalkan durasi terapi
  • Ukuran Partikel Uap 3µm MMAD 
  • Aerosol Output 0.4ml
  • Laju Aerosol Output 0.06ml/menit
  • Kapasitas obat 7 ml

Kompresor Nebulizer Omron NE-C101

Tipe ini aman digunakan seluruh anggota keluarga serta mudah digunakan maupun dibersihkan. Nebulizer NE-C101 memiliki tingkat Nebulasi yang efisien, yaitu 0,3ml / menit. Sedangkan untuk ukuran Partikel Kecil adalah MMAD 3,9 μm sehingga lebih efektif masuk ke dalam paru-paru. Kapasitas obatnya sendiri mencapai 12 ml. 

Kompresor Nebulizer Omron NE-C803

Nebulizer Omron tipe NE-C803 memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan serta tidak berisik. Nebulizer ini cocok untuk digunakan sebagai alat terapi pernapasan untuk asma, COPD, Bronkitis pada anak-anak maupun orang dewasa. Fitur-fitur nebulizer satu ini adalah:

  • Laju Nebulisasi 0.3ml/menit
  • Ukuran Partikel Uap 3µm MMAD 
  • Memiliki berat 180g dan mudah dibawa
  • Kapasitas Obat 10ml 
  • Tingkat Kebisingan Rendah < 45dB sehingga nyaman untuk terapi nebulasi pada anak-anak
  • Aerosol Output 0.37ml
  • Laju Aerosol Output 0.05ml/min

Mesh Nebulizer Omron NE-U22

Memiliki bentuk yang berbeda dari tipe sebelumnya, nebulizer ini memanfaatkan teknologi mesh yang menjadikan nebulizer ini lebih efisien dan cocok untuk bepergian. Penggunaan alloy mesh dan titanium vibrator membuat nebulasi menjadi lebih efektif. Kelebihan dari nebulizer jenis ini adalah ringan, berukuran kecil, mudah dibawa, tidak bising, dan biasanya dioperasikan dengan menggunakan baterai. 

Nebulizer mesh juga memungkinkan inhalasi dilakukan dengan berbagai posisi bahkan saat berbaring. Uap yang dihasilkan pun lebih halus sehingga meminimalisir obat yang terbuang. Karena kelebihannya itu, jenis ini kemungkinan memiliki harga yang lebih mahal dari jenis lainnya. Spesifikasi nebulizer ini adalah:

  • Laju Nebulisasi 0.25ml/menit
  • Dilengkapi dengan masker Dewasa & Anak
  • Ukuran Partikel Uap 5µm MMAD 
  • Dioperasikan dengan baterai dan tahan sampai 4 jam dengan dua baterai

Kompresor Nebulizer Omron NE-C301 Duo Baby

Dapat dilihat dari namanya, nebulizer Omron ini dikembangkan untuk para bayi. Seperti yang diketahui, menghilangkan hidung tersumbat atau gangguan pernafasan pada bayi cukup sulit. Hal ini dapat mempengaruhi istirahat mereka yang juga mempengaruhi tumbuh kembangnya. 

Jenis ini 2in1 yang berarti sudah termasuk nebulizer dan aspirator hidung untuk bayi. Aspirator hidung akan membantu membersihkan hidung dan mengurangi penyumbatan serta risiko infeksi pernapasan. Sedangkan nebulizer memungkinkan pengiriman obat yang efisien untuk mengobati kondisi saluran udara baik bagian atas dan bawah.  

Nebulizer duo baby ini dioperasikan dengan menggunakan listrik dengan kapasitas obat mencapai 12 ml. Manfaat nebulizer ini adalah untuk mengatasi gangguan saluran pernafasan atas dan bawah, hidung tersumbat,rhinitis dan rinitis alergi, laringitis, asma, bronkitis, bronkiolitis, dan ppok.

Nebulizer menjadi salah satu alat pengobatan gangguan pernafasan. Alat ini memiliki beberapa jenis yang berbeda. Omron menjadi merek populer dari nebulizer dan banyak ditemukan. Nebulizer Omron menawarkan berbagai tipe yang dapat digunakan oleh anak-anak, dewasa maupun bayi. Manfaatnya tentu untuk mengatasi gangguan pernafasan seperti hidung tersumbat,rhinitis, asma, bronkitis, ppok, dan lainnya.Hati-hati dengan barang palsu karena bisa jadi merek ini banyak diduplikasi. Untuk mendapatkan produk originalnya, Anda dapat langsung mengunjungi Toko SehatQ melalui website dan aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store dan temukan tipe yang Anda butuhkan beserta promo khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *