Ini Penyebab Gusi Berdarah

Gusi berdarah adalah keluarnya cairan darah dari gusi. Kondisi ini merupakan penyakit gusi yang paling sering terjadi dan menandakan adanya peradangan di dalam mulut, khususnya pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Tidak hanya penyakit gusi, beberapa gangguan medis lain juga bisa menimbulkan keluhan gusi berdarah.

Jika hanya terjadi sesekali, penyebabnya mungkin karena luka akibat menggosok gigi secara kasar. Namun, jika gusi berdarah terlalu sering terjadi meski Anda sudah menggosok gigi dengan perlahan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi.

Penyebab gusi berdarah

  • Menggosok gigi

Menyikat gigi terlalu kasar bisa saja melukai gusi dan menyebabkan perdarahan. Namun kondisi gusi berdarah akibat aktivitas ini hanya terjadi sesekali.

  • Penumpukan plak

Penyebab gusi berdarah yang paling sering terjadi adalah adanya penumpukan plak pada gigi. Tumpukan plak ini lama kelamaan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi dan memicu gingivitis dan periodontitis.

  • Diabetes

Saat mengalami diabetes, tubuh penderita menjadi kesulitan untuk melawan infeksi, termasuk infeksi pada gusi. Ditambah lagi dengan kadar gula darah di atas normal, yang membuat tubuh sulit untuk menyembuhkan luka.

  • Leukemia

Kanker darah atau leukemia bisa ditandai dengan gusi berdarah. Pasalnya, jumlah platelet atau keping darah dalam tubuh pengidap kanker ini termasuk rendah, sehingga perdarahan sulit berhenti.

  • Trombositopenia

Tromobositopenia juga membuat tubuh kekurangan platelet, sehingga darah sulit untuk membeku. Oleh karena itu, ketika Anda terluka perdarahan akan sulit berhenti. Misalnya, gusi berdarah saat menggosok gigi.

  • Kelainan pembekuan darah

Gangguan pembekuan darah membuat tubuh penderita sulit menghentikan perdarahan, termasuk ketika gusi berdarah.

  • Scurvy

Scurvy adalah istilah medis untuk kekurangan vitamin C. Penyakit ini dapat disebabkan oleh asupan nutrisi yang tidak memadai dan gusi berdarah termasuk gejala umumnya.

  • Kekurangan vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk proses pembekuan darah. Jika Anda mengalami kekurangan vitamin ini, perdarahan pun menjadi sulit dihentikan.

  • Penyebab lainnya

Selain kondisi-kondisi di atas, gusi berdarah juga bisa terjadi akibat memakai gigi palsu dengan ukuran yang tidak sesuai, kehamilan karena kondisi ini dapat mengubah kadar hormone, serta penggunaan obat pengencer darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *