Inilah Khasiat dan Manfaat Ekstrak Daun Kelor!

Daun kelor menjadi salah satu tanaman yang kerap diolah menjadi ekstrak dan digunakan dalam pengobatan tradisional.

Selain sebagai pengobatan, ekstraknya juga bisa dijadikan sebagai suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada orang-orang dengan kondisi tertentu.

Lalu, apa saja sih kandungan yang terdapat dalam daun kelor sehingga membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia? Mari simak pembahasan terkait khasiat dan manfaat daun kelor berikut ini!

Apa itu daun kelor?

Daun kelor atau yang memiliki nama latin moringa oleifera adalah tanaman asli India yang juga bisa ditemukan di Asia, Afrika, hingga Amerika Selatan.

Di luar negeri, daun kelor juga populer dengan nama “miracle tree” karena berbagai manfaat yang dimiliki tanaman ini.

Moringa oleifera kerap dijadikan sebagai obat herbal karena berbagai kandungan nutrisi serta sifat anti jamur, antivirus, anti inflamasi, hingga antidepresan yang ada di dalamnya.

Kandungan

Moringa oleifera mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dapat membantu jaga kesehatan tubuh kita.

Dalam 21 gram daun kelor yang sudah ditumbuk mengandung setidaknya:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19 persen dari RDA
  • Vitamin C: 12 persen dari RDA
  • Besi: 11 persen dari RDA
  • Riboflavin (B2): 11 persen dari RDA
  • Vitamin A (betakaroten): 9 persen dari RDA
  • Magnesium: 8 persen dari RDA

Selain itu, ekstraknya juga mengandung kalsium, kalium, zat besi, fosfor, seng, hingga asam folat. Ekstrak moringa oleifera juga sangat rendah lemak dan tidak memiliki kandungan kolesterol yang berbahaya.

Manfaat ekstrak daun kelor untuk kesehatan

Saat ini daun kelor diolah menjadi suplemen dalam berbagai bentuk. Salah satu yang paling populer adalah bentuk kapsul seperti produk Ekstrak Daun Kelor TN57.

Biasanya suplemen dengan kandungan daun kelor juga dilengkapi nutrisi lain untuk memastikan kebutuhan nutrisi orang pada kondisi tertentu.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi suplemen yang mengandung daun kelor:

1. Kontrol kadar gula dalam darah

Kadar gula yang tinggi dalam darah kamu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Beberapa penelitian menemukan kalau ekstrak moringa oleifera bisa bantu mengontrol kondisi tersebut.

Para peneliti meyakini kalau hal ini terkait dengan kandungan senyawa tanaman seperti isothiocyanates yang ada di dalam daun kelor.

2. Mengurangi inflamasi

Daun kelor juga memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu tubuh mengurangi atau mengatasi peradangan. Peradangan biasanya terjadi saat tubuh mengalami infeksi atau cedera,

Penelitian yang dilakukan pada hewan dan juga tabung reaksi menunjukkan kalau ekstrak daun kelor memiliki kemampuan mengurangi peradangan berkat kandungan isothiocyanates di dalamnya.

3. Tinggi antioksidan

Antioksidan berperan dalam membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Mulai dari efek polusi, paparan sinar matahari, makanan cepat saji, dan lain-lain.

Radikal bebas dapat merusak sel tubuh dengan cara merampas elektron, menyebabkan stres oksidatif, timbulkan kerusakan sel, dan akhirnya menyebabkan penuaan dini.

Kandungan antioksidan di dalam ekstrak ini mampu menjadi penangkalnya dan mencegah banyak masalah kesehatan.

4. Menjaga kesehatan hati

Organ hati memiliki peran sebagai agen detoksifikasi tubuh. Hati menyaring darah, mendetoksifikasi bahan kimia, dan metabolisme lemak.

Kandungan di dalam daun kelor dapat membantunya bekerja lebih baik. Hal ini berkat kandungan polifenol yang tinggi untuk membalikkan oksidasi di hati.

Selain itu, sebuah penelitian awal menunjukkan kalau konsumsi kelor dapat mengurangi fibrosis dan melindungi kita dari kerusakan hati.

Nah itu dia beberapa manfaat dari ekstrak daun kelor. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa membeli produk ekstrak moringa oleifera di berbagai toko obat terpercaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *