Jangan Sepelekan Rasa Nyeri di Mata Ini, Bisa Bahaya

Area mata merupakan salah satu bagian yang sensitif apalagi jika ada benda asing yang masuk, bisa menyebabkan rasa nyeri di mata hingga infeksi.

Rasa nyeri dan perih pada mata terkadang sering disepelekan, padahal jika tidak ditangani bisa menyebabkan infeksi yang serius. 

Berikut ini beberapa masalah pada mata, seperti nyeri, gatal, hingga mata merah yang tak bisa kamu sepelekan. 

Nyeri di mata 

Jika kamu merasakan rasa nyeri di mata seperti tertusuk jarum, bisa jadi hal ini disebabkan oleh hal serius seperti inflamasi di bagian dalam mata atau biasa disebut uveitis. 

Uveitis ini bisa terjadi ketika kondisi kekebalan tubuh sedang lemah, namun tidak menyebabkan masalah jangka panjang. Hanya saja jika tidak segera ditangani bisa memengaruhi penglihatanmu. 

Nyeri ini bisa semakin terasa ketika kamu menggerakan bola mata. Penyebab lain munculnya nyeri di mata yakni karena glaukoma. 

Mata terasa nyeri dan berwarna merah muda

Nyeri pada mata disertai dengan mata berwarna merah muda biasanya disebabkan oleh konjungtivitis atau pink eye

Konjungtivitis bisa terjadi oleh beberapa hal, salah satunya karena terinfeksi virus atau bakteri dan bisa menular pada orang lain. 

Jika mengalami hal ini, sebaiknya segera menemui dokter untuk melakukan penanganan yang tepat agar tidak menularkan pada orang lain. 

Mata terasa panas dan terbakar

Nyeri di mata biasanya juga memiliki rasa panas dan terbakar. Hal ini terjadi karena mata mengalami kelelahan dan dalam kondisi kering akibat menatap layar gadget atau televisi terlalu lama. 

Sebenarnya, hal ini umum terjadi dan bisa diatasi dengan memberikan obat tetes mata agar mata tidak kering. Namun, jika rasa perih atau nyeri semakin menyiksa, sebaiknya segera temui dokter. 

Mata terasa nyeri saat melihat cahaya

Ketika melihat cahaya yang terlalu terang, biasanya mata terasa nyeri dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. 

Gangguan ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti iritasi karena lensa kontak, uveitis, keratitis, ablasi retina, dan juga ablasi kornea. 

Mata infeksi karena parasit

Penggunaan lensa kontak yang tidak tepat atau bersih bisa menyebabkan mata terkena parasit yang menyebabkan infeksi. Gejala ini biasa disebut dengan keratitis acanthamoeba. 

Hal ini terjadi karena penggunaan lensa kontak saat berenang dan juga mandi. Agar terhindar dari parasit ini, sebaiknya selalu gunakan kontak lensa sesuai dengan prosedur pada kemasan. Hindari juga pemakaian lensa kontak saat berenang atau mandi. 

Bagaimana mencegahnya?

Nyeri di mata tentu bisa dicegah dengan melakukan beberapa kebiasaan bersih ini, seperti:

  • Jangan sentuh bagian mata dan juga wajah dengan tangan yang kotor
  • Mandi secara teratur dan rajin mencuci tangan
  • Gunakan handuk yang bersih dan tisu yang bersih saat membersihkan area mata
  • Hindari berbagi alat make up dengan orang lain
  • Ganti dan cuci sprei minimal satu minggu sekali
  • Kenakan lensa kontak yang pas di mata
  • Gunakan larutan yang aman untuk membersihkan kontak lensa
  • Hindari melakukan kontak langsung dengan penderita konjungtivitis

Kamu bisa melakukan perawatan mandiri jika gejala yang dialami ringan dan tidak mengganggu aktivitas. Namun, jika rasa nyeri semakin menyakitkan, sebaiknya segera bertemu dengan dokter mata agar ditangani dengan cepat. 

Khusus untuk gejala nyeri di mata, sensitif pada cahaya, hingga pandangan kabur, segera temui dokter karena hal ini bisa menandakan adanya hal serius. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *