Kaki Terkilir, Berikut Adalah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Terkilir atau keseleo adalah kondisi terjadinya cedera pada jaringan otot, ligamen, atau tendon, jaringan ikat penghubung otot dan tulang.

Kondisi keseleo ini umumnya terjadi pada bagian tubuh yang aktif bergerak, yaitu tangan dan kaki.

Pada kondisi kaki terkilir adalah umumnya terjadi di sekitar mata kaki, jari-jari, dan pergelangan kaki. Lalu mengapa bisa terjadi keseleo ini? Simak di bawah ini!

Menggunakan sepatu yang sempit dan tinggi

Tanpa Anda sadari memakai sepatu yang ukurannya sempit dan tinggi bisa menyebabkan kaki terkilir.

Ini karena terhambatnya aliran darah di kaki terutama pada jari-jari dan pergelangan kaki. Proses awalnya adalah kaki akan dipaksa terus-menerus menahan beban tubuh bagian atas saat berjalan dan berlari.

Berlebihan dalam olahraga

Olahraga sebenarnya merupakan hal yang menyehatkan, namun jika dilakukan secara tidak hati-hati atau berlebihan, hal itu dapat menyebabkan terkilir.

Ini karena intensitas aktivitas tersebut, dan olahraga seperti sepak takraw, sepak bola, lari, dan sepeda tentunya lebih mengandalkan intensitas pergerakan kaki sehingga keseleo sudah pasti akan didapat.

Berjalan atau belari pada permukaan yang tidak rata

Salah satu penyebab kaki Anda dapat terkilir namun sering tidak Anda sadari adalah berjalan atau berlari pada permukaan jalan yang tidak rata.

Permukaan jalan atau tanah yang tidak rata itu adalah adanya jalan berlubang, berbatu, struktur aspal naik-turun atau berlumpur.

Mengapa bisa menyebabkan kaki terkilir?

Kaki terkilir adalah karena adanya gerakan kaki yang berubah-ubah serta tidak stabil yang membuat jaringan otot dan ligamen kaget sehingga robek karena tidak kuat menahan gerakan-gerakan tersebut.

Terbentur benda

Terbentur benda saat beraktivitas karena tidak sengaja turut menyebabkan kaki menjadi keseleo.

Ini karena adanya pergeseran posisi tulang atau sendi setelah terjadinya benturan. Hal yang demikian menyebabkan penumpukan cairan luka dalam jaringan ikat di sekitar kaki.

Jatuh dan terpeleset

Saat Anda berlari dan berjalan, kemudian tiba-tiba Anda terpeleset lalu terjatuh pada permukaan jalan atau tanah yang Anda lalui juga dapat menyebabkan kaki keseleo.

Keseleo dari akibat benturan saat terjatuh dan terpeleset membuat ligamen cedera yang berujung pada lebam dan pembengkakan.

Kelamaan duduk bersila

Dalam beberapa acara seperti arisan keluarga atau makan lesehan tentunya mengharuskan Anda untuk duduk secara bersila.

Duduk ini pada awalnya menyenangkan namun lama-kelamaan akan menyebabkan kesemutan akibat dari tekanan di sekitar jaringan lunak kaki yang selanjutnya berujung pada kaki terkilir ketika bergerak sedikit saja.

Bagaimana cara mengatasinya?

Apabila Anda mengalami hal-hal di atas, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya.

RICE

RICE adalah metode yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kaki yang keseleo saat beraktivitas.

Metode ini menggabungkan antara rest (istirahat), ice (es), compress (kompres), dan elevation (meninggikan kaki).

Istirahat adalah mengistirahatkan kaki setelah terkena cedera, es adalah menggunakan kompres es untuk mengurangi darah ke cedera serta mencegah terjadinya pembengkakan, kompres untuk membantu menstabilkan sendi yang cedera, dan mengangkat kaki untuk mengurangi penumpukan cairan pada sendi.

Kompres panas

Menggunakan kompres panas saat terkena keseleo juga dapat Anda lakukan. Kompres dengan air panas ini akan meningkatkan aliran darah ke bagian cedera serta dapat mempercepat penyembuhan.

Namun gunakan metode kompres panas saat kaki sudah tidak mengalami pembengkakan karena jika digunakan saat pembengkakan malah akan menyebabkan peradangan.

Peregangan 

Peregangan pada kaki yang terkilir akan membuat otot kuat dan lentur serta mebantu lebih banyak darah bersirkulasi ke area cedera sehingga kaki sembuh lebih cepat. Lakukanlah metode ini secara perlahan.

Pijat

Terakhir, Anda bisa menggunakan pijat untuk mengatasi kaki keseleo. Metode ini dapat membantu meredakan nyeri sekaligus meningkatkan aliran darah ke wilayah kaki yang terkilir.

Yang perlu diingat jika kaki terkilir adalah Anda cukup parah, harus segera menghubungi terapis pijat yang cukup ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *