Kandungan dan Manfaat Mediklin Obat Jerawat

Jerawat memang mengesalkan baik bagi pria maupun wanita karena selain menggangu penampilan, kadang juga menimbulkan rasa sakit atau pusing. Jerawat menyebabkan bintik-bintik, kulit berminyak dan kadang-kadang kulit yang panas atau menyakitkan untuk disentuh.

Ini dapat terjadi tak hanya di wajah tapi juga bagian tubuh lainnya, seperti di punggung dan dada. Jerawat biasanya banyak tumbuh saat masa-masa pubertas. Ada beragam penyebab jerawat dan banyak dikaitkan dengan produksi hormon. 

minum obat kedaluwarsa expired

Setiap orang pasti ingin menghilangkan jerawat-jerawat di tubuhnya. Beragam cara pun akan dilakukan dan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan obat. Beberapa obat mungkin dapat dibeli bebas, tapi ada pula yang merupakan obat keras, salah satunya Mediklin. 

Apa saja kandungan dan manfaat Mediklin obat jerawat? Berikut penjelasannya.

Obat jerawat Mediklin

Mediklin adalah salah satu merek obat untuk mengobati jerawat. Obat ini termasuk obat keras yang memerlukan resep dokter serta tersedia dalam bentuk gel dan larutan. Obat Mediklin dapat digunakan untuk peradangan jerawat yang parah pada orang dewasa. 

Aturan pakainya pun harus sesuai dengan resep yang dianjurkan dokter. Obat jerawat Mediklin terdiri dari dua bentuk, gel dan cair, serta dua varian, yaitu ungu dan orange.

Kandungan obat jerawat Mediklin

Berikut kandungan utama obat jerawat Mediklin sesuai dengan variannya.

  1. Mediklin Solution larutan

Obat jerawat Mediklin Solution larutan dengan kemasan berwarna orange ini memiliki kandungan berupa Klindamisin fosfat 1,2 %. Klindamisin fosfat sendiri diketahui sebagai kelompok antibiotik lincosamida semisintetik dan memiliki sifat bakteriostatik. Obat ini bekerja langsung untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghentikan pertumbuhan bakteri tersebut.

  1. Mediklin Gel 1%

Varian lainnya adalah Mediklin Gel 1% dengan kemasan 15 gr dan berwarna orange. Kandungan utamanya, meliputi aloe barbadensis leaf juice, allantoin, dan cepalin.

Ketiga zat tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan, serta eksfoliator yang berguna dalam penyembuhan dan menghilangkan bekas luka serta mengatasi jerawat dengan membasmi bakteri. Kandungan lain yang juga terkandung dalam Mediklin Gel ini adalah:

  • Aqua
  • PEG -4
  • alkohol
  • xanthan gum
  • methylparaben
  • potassium sorbate
  • sodium benzoate
  • sorbic acid
  • parfum
  1. Mediklin TR Gel 15 gr

Untuk Mediklin varian ini, kemasannya berwarna ungu dengan ukuran 15 gr. Di dalam setiap 1 gramnya terkandung Clindamycin phosphate 1,2 % dan Tretinoin 0,025 %. Clindamycin phosphate seperti yang telah disebut sebelumnya merupakan antibiotik untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Tretinoin adalah retinoid (bentuk dari vitamin A) yang bersifat anti-inflamasi. Tretinoin merangsang pergantian sel pada kulit, membuka pori-pori, melepaskan bakteri atau iritasi yang terperangkap yang menyebabkan jerawat. Kandungan ini juga membantu kulit mengatur produksi minyak alami (sebum), untuk mencegah jerawat.

Manfaat obat jerawat Mediklin

Secara umum, seluruh varian obat Mediklin adalah untuk mengatasi jerawat. Secara spesifik, varian Mediklin Solution larutan memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat parah dan meradang pada orang dewasa.

Sedangkan Mediklin Gel orange memiliki khasiat untuk mengurangi efek kemerahan, bekas luka di jaringan perut sehingga dapat lebih halus, elastis dan melembutkan kulit. Varian ini cenderung lebih ringan dan digunakan untuk pencegahan atau mengobati jerawat ringan.

Sementara manfaat Mediklin TR Gel ungu adalah untuk mengobati jerawat atau acne vulgaris yang disertai lesi inflamasi dan komedo tertutup dan terbuka. Ketiga obat ini merupakan golongan obat keras atau merah sehingga pemakaiannya pun harus diperhatikan. 

Manfaat Mediklin meliputi penanganan jerawat dan sudah tercatat dalam BPOM. Karena golongan merupakan obat merah/K, obat jerawat ini banyak dijual di apotek dan harus menyertakan resep dokter. 

Anda dapat menebus obat ini yang dijamin asli dengan menyertakan resep dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga dapat bertanya jawab dengan dokter seputar obat Mediklin di aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *