Ketika Polip Tumbuh di Pulpa Gigi

Pulpa gigi berisi saraf dan pembuluh darah, gigi yang mati biasanya sudah tidak menimbulkan keluhan rasa sakit, tetapi bukan berarti tidak ada masalah yang bisa menimpa gigi tersebut. Polip pulpa adalah masalah yang sering ditemukan pada gigi yang pulpanya sudah mati atau gigi mati. Pulpa merupakan bagian terpenting dari gigi, letaknya ada di dalam gigi di bawah lapisan email gigi dan dentin. Pada pulpa gigi, pertumbuhan jaringan (benjolan) bersifat menetap atau tidak dapat kembali mengecil meskipun faktor penyebab peradangan telah teratasi.

Kondisi ini dapat dicegah dengan kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi seperti rutin menyikat gigi dan flossing. Ditambah dengan bantuan sistem imunitas tubuh, penyakit mulut dan gigi umumnya dapat dicegah. Namun, tanpa kebiasan menjaga kebersihan gigi dan mulut yang tepat, bakteri-bakteri bisa saja tetap berkembang di mulut dan menyebabkan infeksi pada gigi serta gusi.

Gigi yang berlubang, infeksi, gusi bengkak dan masalah-masalah gigi lainnya harus mendapatkan perawatan. Gigi berlubang yang tidak diatasi dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan gigi mati, artinya saraf gigi sudah mati dan pembuluh darah sudah tidak dapat menyuplai darah ke gigi tersebut. Lupang yang tetap tidak terawat sampai pulpa mati bisa menjadi pintu masuk bakteri ke pulpa gigi. Kemudian bakteri akan menyebabkan peradangan kronis sehingga sel-sel pada pulpa terus bertambah. Sehingga dalam jangka waktu lama, muncul polip pulpa.

Gejala adanya polip pulpa adalah munculnya benjolan kecil lunak berwarna merah atau putih keruh pada lubang di gigi mati. Benjolan tersebut memang tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi mengganggu kenyamanan saat gigi digunakan untuk menggigit atau mengunyah makanan. Benjolan polip pulpa juga mudah berdarah bisa tersentuh.

Polip pulpa yang didiamkan bisa menyebabkan gusi bengkak dan gigi tanggal. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksakan gigi ke dokter jika merasa ada polip pulpa yang tumbuh. Tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi polip pulpa adalah dengan pemotongan polip dan pengambilan jaringan pulpa. Setelah itu, akan dilakukan perawatan saluran akar gigi dan penambalan lubang. Jika kerusakan pada gigi sudah terlalu parah, maka pilihannya dengan mencabut gigi mati tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *