Keuntungan Memiliki Freezer ASI, Jenis, dan Kisaran Harganya

Memiliki freezer ASI sebenarnya bukan kewajiban, hanya saja freezer ASI bisa membantu menjaga kualitas ASI tetap baik dan tahan lama.

Apalagi jika produksi ASI kita cukup melimpah, mungkin kita membutuhkan freezer ASI yang memiliki kapasitas cukup besar dan mampu menampung ratusan kantong ASI dibandingkan kulkas biasa. 

Selain itu, freezer ASI juga mampu menjaga ASI dari kontaminasi bakteri yang menyebabkan ASI mudah basi dan gizinya hilang. 

freezer asi terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan ibu menyusui

Keuntungan memiliki freezer ASI

Meskipun tidak wajib, namun freezer ASI memiliki banyak keuntungan, terutama dalam menjaga kualitas ASI. 

  • Mampu menjaga kualitas dan gizi di dalam ASI

Freezer ASI memang didesain khusus dengan suhu yang stabil sehingga mampu menjaga kualitas ASI dan gizinya. 

Apabila ASI diletakkan di kulkas biasa, risiko terkontaminasi bakteri akan lebih besar. Selain itu, kulkas biasa juga memiliki suhu yang tidak terlalu stabil karena sering dibuka untuk mengambil makanan, sehingga bisa saja merusak kandungan nutrisi di dalam ASI.

  • Lebih tahan lama

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tingkat ketahanan ASI pada freezer ASI dan freezer kulkas biasa berbeda-beda. 

Freezer ASI sangat direkomendasikan karena mampu menyimpan ASI dalam waktu yang lama hingga 12 bulan. 

Sedangkan freezer pada kulkas pintu 1 hanya bisa bertahan selama 2 minggu, dan freezer kulkas pintu 2 bisa tahan hingga 3-6 bulan. 

  • Freezer ASI dijamin kebersihannya

Karena penggunaannya hanya digunakan hanya untuk penyimpanan ASI, maka kebersihannya pun terjamin. ASI yang disimpan dalam freezer ASI tidak bercampur dengan makanan lain, sehingga kebersihannya tetap terjaga. 

Namun, meskipun freezer ASI mampu menyimpan ASI dalam waktu lama, sebaiknya segera gunakan ASI sebelum melebihi waktu 3 bulan. 

ASI yang dibekukan lebih dari 3 bulan biasanya mengalami penurunan kualitas dalam hal nutrisi, seperti lemak, protein, dan kalori. 

Jadi, baiknya memang selalu berikan ASI dalam bentuk yang masih segar, sehingga kandungan nutrisinya tetap bagus dan lengkap. 

Jenis freezer ASI dan kisaran harganya

Ada banyak jenis freezer di pasaran, mulai dari bentuk chest hingga upright. Berikut perbedaan dan kisaran harganya. 

  • Chest freezer

Chest freezer memiliki bentuk seperti freezer es krim, yakni bentuknya seperti box besar dan pintunya bisa digeser di bagian atas. 

Model chest freezer memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menampung ASI hingga ratusan kantong dan botol ASI.

Selain itu, jenis freezer ini juga memiliki daya listrik yang lebih rendah dibandingkan kulkas jenis lainnya, sehingga mampu menjaga kualitas ASI terutama saat mati lampu. 

Model ASI ini memiliki harga yang sedikit mahal, yakni mulai dari Rp3 jutaan. 

  • Upright freezer

Upright freezer memiliki model yang lebih simpel seperti bentuk kulkas pada umumnya, sehingga tidak memakan ruang terlalu banyak di rumah. 

Kulkas ini juga dilengkapi dengan susunan rak yang mampu menampung ASI dalam jumlah banyak, sehingga ASI mudah disusun dan bisa diurutkan berdasarkan tanggal serta waktunya. Freezer ASI model ini banyak dijual di pasaran dan mudah ditemukan. 

Model upright freezer memiliki harga yang lebih terjangkau, mulai dari Rp2 jutaan. 

Itu dia beberapa keuntungan apabila memiliki freezer ASI. Namun, perlu ditekankan sekali lagi apabila memiliki freezer ASI bukan hal yang wajib. 

Kamu bisa memanfaatkan kulkas di rumah untuk menyimpan ASI, salah satunya yakni kulkas 2 pintu, sehingga stok ASI bisa dipisah dengan bahan makanan lainnya dan menurunkan risiko terkontaminasi bakteri. Semoga informasi ini cukup membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *