Langkah Mudah Atasi Ispa pada Anak

ispa pada anak

Saluran pernapasan menjadi sasaran empuk bagi bakteri atau virus mengacaukan kondisi manusia. Pasalnya, saluran pernapasan mudah sekali terpapar dengan berbagai potensi penyebab penyakit. Jika sudah terserang dan mengalami masalah kesehatan, kondisi ini disebut ispa. Jika dialami oleh anak-anak, maka bisa disebut “ispa pada anak.”

Ispa adalah akronim dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Kondisi ini memiliki tingkatan keparahan, mulai dari yang paling sederhana, seperti pilek; batuk; dan bersin-bersin, hingga ke kondisi kesehatan lain yang sifatnya lebih mengkhawatirkan, misalnya pneumonia.

Umumnya, ispa diobati dengan memanfaatkan obat-obatan yang dapat mematikan virus atau bakteri penyebab infeksi. Kendati demikian, seseorang tetap punya pilihan alternatif untuk mengatasi kondisi ini, apalagi ispa pada anak, yang notabene anak-anak tidak bisa sembarangan minum obat. 

Jika kamu tertarik, berikut ini akan dipaparkan upaya atau cara tradisional yang dimaksud di atas, antara lain:

  • Biarkan terpapar sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber utama asupan vitamin D bagi tubuh. Kekurangan vitamin D kadang berisiko mengakibatkan tubuh mengalami infeksi, salah satunya ispa. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, eksposur pada sinar matahari sebaiknya jangan lebih dari pukul 9 pagi.

  • Kumur air garam

Cara ini efektif melegakan hidung dan tenggorokan sehingga baik untuk saluran pernapasan. Untuk berkumur hanya perlu segelas air hangat dan satu sendok teh garam. Kemudian, garam dilarutkan dalam air sebelum digunakan untuk berkumur. Lakukan setiap pagi untuk napas yang terasa lebih lega, sebelum ke dokter jika ispa tak kunjung membaik.

  • Memanfaatkan uap atau inhaler

Inhaling steam adalah salah satu obat alami terbaik untuk mengatasi ispa. Inhaling steam bisa dibuat sendiri dengan mendidihkan satu liter air yang ditambah kayu kamper. Uapnya bisa dihirup 10-15 menit untuk melegakan saluran pernapasan. Namun obat ini tidak disarankan untul anak, ibu hamil, dan pasien hipertensi.

  • Mengonsumsi madu

Bagi anak atau siapa saja yang tidak suka inhaling steam, madu bisa jadi alternatif untuk meringankan ispa. Madu mengandung antibakteri dan berbagai nutrisi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Madu bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dalam segelas susu. Cara lainnya adalah dengan dicampur dalam air hangat dan perasan jeruk lemon.

  • Mengonsumsi jahe

Penggunaan jahe sebagai salah satu obat alami tak lagi diragukan dalam dunia medis. Untuk ispa, jahe adalah salah satu obat yang dianggap paling efektif. Jahe dengan manfaat antivirus, antimikroba, dan anti radang mampu mengatasi penyebab utama infeksi saluran pernapasan. Jahe bisa dikonsumsi langsung atau direbus dalam air mendidih.

  • Memanfaatkan eucalyptus

Daun eucalptus atau minyaknya bisa membantu melegakan saluran pernapasan. Untuk memanfaatkan eucalyptus, daun atau minyaknya ditambahkan dalam air mendidih. Uap yang keluar bisa dihirup untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman di pernapasan. 

  • Mengonsumsi bawang putih

Siapa tak tahu bumbu dapur satu ini. Ya, bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi berbagai penyakit. Kandungan profilatik dalam bawang putih mampu mencegah flu dan masuk angin yang merupakan beberapa gejala ispa pada anak. 

Untuk memanfaatkan bawang putih untuk menyelamatkan si kecil dari ispa, bawang putih bisa dimakan secara mentah. Konon katanya bawang putih lebih bermanfaat jika dikonsumsi mentah, namun riset membuktikan konsumsi dalam bentuk matang juga tidak menurunkan manfaatnya.

Kiranya cara-cara sederhana dan tradisional di atas bisa kamu coba untuk mengatasi ispa pada anak. Tak ada salahnya mencoba satu atau beberapa cara di atas. Siapa tahu cara-cara tersebut ampuh sehingga kamu bisa menunda mengunjungi dokter. 

Namun, perlu digarisbawahi juga jika kamu tak mau ambil risiko mengenai kondisi kesehatan si kecil, sebaiknya tetap datangi fasilitas kesehatan agar mendapat informasi yang jelas dan pasti mengenai ispa pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *