Lakukan Tips Pemulihan Ini setelah Lari Maraton

Lakukan Tips Pemulihan Ini setelah Lari Maraton

Dalam mengikuti lari maraton, melewati garis finish maraton adalah pencapaian yang luar biasa. Anda telah membawa tubuh Anda ke batas dan sekarang Anda dapat merayakan kemenangan Anda dan mulai di jalan menuju pemulihan. Setelah berhasil menaklukan lari marathon tersebut, kini saatnya merawat diri sendiri untuk memastikan pemulihan yang cepat dan mudah.

Apa yang perlu dilakukan setelah lari marathon?

Pemulihan aktif Anda dimulai dari garis finis. Sebab, selama mengikuti lari maraton, detak jantung Anda akan meningkat dan asam laktat menumpuk di otot Anda. Karena itu, setelah balapan penuh atau setengah maraton, tujuan pertama Anda adalah membuat detak jantung Anda turun secara bertahap, membuang asam laktat dari otot Anda, dan menghindari dehidrasi.

1. Ambil selimut sebagai penghangat

Tubuh Anda akan menjadi dingin dengan cepat menjelang finish. Karena itu, diperlukan´╗┐ selimut atau seprai panas untuk menyelimuti tubuh Anda agar Anda tidak mengalami penurunan suhu tubuh secara tiba-tiba. Sebab, hal tersebut bisa mengakibatkan menggigil tak terkendali dan bahkan pingsan.

2. Terus bergerak

Setelah lari marathon, teruslah berjalan perlahan di sekitar area finis saat Anda ngemil dan minum. Berjalanlah setidaknya selama 15 menit lagi agar otot-otot Anda tidak kaku karena asam laktat yang menumpuk. Sebab, berjalan memungkinkan tubuh Anda pulih dan membantu Anda menghindari nyeri otot. Ini juga memberi otot Anda darah beroksigen

3. Isi Ulang Elektrolit Anda

Waktu terbaik untuk memulihkan energi dan cairan otot Anda adalah secepatnya setelah lari maraton. Minumlah minuman olahraga dan air. Hindari alkohol dan kafein karena dapat membuat Anda semakin dehidrasi.

Selain itu, makanlah beberapa camilan berkarbohidrat tinggi dan camilan asin. Makanan tinggi potasium seperti pisang adalah pilihan yang baik.

Namun, apabila Anda muntah, Anda masih perlu memulihkan diri, dan menyeruput minuman olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Teguk perlahan untuk menahannya.

4. Hindari Peregangan yang Kuat

Setelah lari maraton, otot-otot Anda sudah bekerja terlalu keras dan rusak, Anda lebih baik berjalan daripada melakukan peregangan. Selain itu, lewati gulungan busa setidaknya satu hari setelah balapan karena kerusakan otot akut mungkin terjadi segera setelah marathon.

5. Gunakan Pakaian Kering

Memakai pakaian yang bersih dan kering akan membantu menghentikan tubuh Anda dari kehilangan panas tubuh. Pastikan untuk memasukkan kaus kaki kompresi di bawah lutut ke dalam tas Anda. Mengenakan kaus kaki kompresi selama 48 jam setelah lari maraton telah terbukti meningkatkan pemulihan fungsional, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research.

Saat di rumah, beginilah pemulihan setelah lari maraton

  • Meskipun pelatihan untuk dan menyelesaikan maraton mungkin sudah selesai, pekerjaan Anda belum selesai. Pemulihan pasca-balapan adalah bagian dari proses. Ingatlah rekomendasi berikut untuk menyelamatkan diri Anda dari rasa sakit di hari-hari setelah balapan:
  • Hindari duduk terlalu lama. Rencanakan perjalanan pulang Anda untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam satu posisi atau Anda mungkin terlalu kaku untuk turun dari kendaraan. Jika Anda bepergian pulang dengan pesawat terbang, beri diri Anda
  • Tetap bergerak. Setelah Anda tiba di rumah, rencanakan lagi 10 sampai 15 menit berjalan lambat agar tubuh Anda tidak kedinginan. Jika Anda berencana untuk berguling setelah balapan, tunggu setidaknya dua hingga enam jam setelah maraton.
  • Tinggikan kaki Anda. Menyangga kaki Anda di atas jantung selama 10 hingga 15 menit dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi kekakuan dan nyeri.
  • Mandi air dingin atau nikmati rendaman garam Epsom. Jauhi bak mandi air panas karena dapat merusak otot yang sudah sakit yang sudah direndam dalam asam laktat. Lebih baik, mandilah dengan air hangat. Gunakan satu kotak penuh garam Epsom dalam bak mandi suam-suam kuku untuk merendam tubuh untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri.
  • Makanan berkarbohidrat tinggi dengan protein akan memberi tubuh Anda bahan bakar untuk mulai pulih. Yang penting, hindari alkohol dan teruslah minum minuman olahraga seperti jus buah, dan air sepanjang malam.
  • Buang air kecil sebelum minum obat pereda nyeri. Sebelum Anda mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, pastikan ginjal Anda berfungsi dengan baik dan hidrasi Anda kembali normal dengan buang air kecil. Kemudian Anda dapat mengambil pereda nyeri pilihan Anda tersebut.
  • Rawat lepuh dan nyeri Anda dengan menggunakan teknik steril yang baik untuk mengeringkan lepuh yang tegang. Tutupi semua titik panas dan lepuh kecil dengan perban lepuh untuk memungkinkan mereka sembuh.
  • Istirahatlah yang cukup. Kemungkinan, Anda akan mengalami kesulitan tidur karena rasa sakit dan kaku. Meski begitu, tidur adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk memperbaiki ketahanan tubuh pasca maraton.

Pemulihan setelah lari maraton berfungsi untuk mengembalikan daya tahan tubuh serta berbagai kemungkinan yang terkuras. Karena itu, lakukanlah pemulihan secara tepat agar tubuh Anda kembali fit dan fresh saat memulai aktivitas lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *