Sebelum Membeli, Kenali Macam-Macam Produk Pencuci Muka

Sebelum Membeli, Kenali Macam-Macam Produk Pencuci Muka

Mencuci muka merupakan salah satu ritual harian yang tidak boleh terlupakan. Anda perlu mencuci muka secara rutin, setidaknya dua kali dalam sehari, untuk menjaga kesehatan kulit. Agar kulit Anda tetap bersih, Anda perlu memilih produk pencuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Ketika akan membeli produk pencuci muka, Anda mungkin kebingungan melihat banyaknya jenis sabun muka dengan kemasan yang berbeda-beda. Supaya tidak salah pilih, sebaiknya Anda pahami dulu apa saja jenis-jenis sabun cuci muka dan masing-masing kegunaannya. 

Macam-macam produk pencuci muka

Secara garis besar, ada tiga jenis sabun pencuci muka yang biasanya dijual di pasaran. Ketika jenis produk tersebut terdiri atas: 

  • Sabun cuci muka dengan busa

Sabun cuci muka yang cukup umum digunakan adalah foaming facial cleanser atau sabun muka dengan busa. Sabun jenis ini paling sering digunakan karena kenyamanan kulit yang dirasakan setelah dibersihkan dengan busa.

Busa dari sabun bisa meninggalkan sensasi yang menyenangkan. Selain itu, setelah dibilas, kulit akan terasa lebih segar. 

Sabun cuci muka yang menggunakan busa hadir dalam berbagai bentuk, seperti scrub, gel, krim, lotion, pembersih berbusa atau facial foam, dan aerosol. 

  • Sabun cuci muka tanpa busa

Tidak semua sabun cuci muka mengandung busa di dalamnya. Ada juga sabun yang tidak menggunakan busa.

Sabun cuci muka tanpa busa cenderung lebih ringan dibandingkan dengan jenis sabun muka lainnya. Hal ini disebabkan oleh jumlah surfaktan pada sabun yang sangat sedikit dan mudah dibersihkan tanpa harus dibilas. 

Karena tidak bersentuhan dengan air, kandungan dalam sabun cuci muka tanpa busa lebih bisa diendapkan ke dalam kulit, seperti kandungan antioksidan, pelembab, dan lain sebagainya. 

Sabun cuci muka tanpa busa hadir dalam beberapa bentuk, seperti lotion, gel, dan krim dingin.

  • Abrasive scrubs

Jenis sabun muka yang satu ini mengandung bahan yang secara fisik menggosok kulit untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Setelah membersihkan muka dengan abrasive scrub, kulit wajah Anda akan menjadi lebih halus.

Akan tetapi, karena menggosok kulit secara fisik, scrub ini juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Bahkan, iritasi juga bisa disertai dengan luka kecil di wajah.

Berat atau ringannya scrub ditentukan oleh partikel yang digunakan dalam scrub. Ada beberapa partikel yang umum mengeksfoliasi kulit, seperti kalsium karbonat, aluminium oksida, ester jojoba, polyethylene silica, dan lain sebagainya. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan kulit

Ketika akan memilih produk pencuci muka, sebaiknya pilihlah produk yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda. Anda bisa mencari tahu keamanan dari setiap komposisi di produk melalui internet. 

Meskipun mencuci muka merupakan langkah yang penting, ada juga langkah lain yang perlu diperhatikan guna mendapatkan kulit yang sehat, yaitu: 

  • Jangan eksfoliasi berlebihan

Eksfoliasi biasanya dilakukan dengan sabun scrub. Scrub memang bisa membantu memperbaiki tekstur wajah, namun penggunaan yang berlebihan justru akan menyebabkan iritasi dan kemerahan. 

  • Selalu gunakan pelembab

Setelah mencuci muka, akan lebih baik jika Anda melanjutkan rangkaian perawatan kulit dengan menggunakan pelembab. Menjaga kulit tetap lembab adalah cara efektif untuk memastikan kesehatan kulit. 

Ada beberapa jenis produk pencuci muka dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Ketika akan membeli, jangan asal memilih sabun tanpa mempertimbangkan kandungannya. Pilihlah sabun yang memang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *