Manfaat Jalan Kaki 10.000 Langkah, Efektifkah bagi Lansia?

manfaat jalan kaki 10000 langkah

Jalan kaki adalah olahraga sederhana untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh, terutama bagi lansia. Para manula yang mampu berjalan kaki sendiri tanpa bantuan menandakan kemandirian hidup yang lebih lama. 

Akhir-akhir ini terdapat program kesehatan yang menggalakkan untuk berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari. Dipercaya salah satu manfaat jalan kaki 10.000 langkah adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular. 

Banyak aplikasi olahraga di smartphone menjadikan 10.000 langkah sebagai patokan. Namun 10.000 langkah cukup sulit dicapai oleh manula.

Manfaat berjalan kaki bagi manula

Saat memulai kegiatan baru, akan ada kekhawatiran terhadap program olahraga yang akan diikuti. Pikiran umum seperti, apakah berjalan kaki dapat meringankan gejala atau memperburuk nyeri sendi, kerap muncul dan akhirnya membuat lansia tidak berolahraga.

Berjalan kaki bisa saja memperburuk gejala, namun harusnya hal itu tidak menyurutkan Anda untuk tetap aktif bergerak. Di usia senja, bergerak secara aktif sangat diperlukan.

Berikut manfaat utama berjalan kaki untuk lansia:

  1. Membuat tubuh lebih kuat dan bugar

Jalan kaki adalah salah satu olahraga sederhana yang paling aman bagi penderita nyeri sendi. Konsisten berjalan kaki membantu memperkuat fondasi tubuh dan membuat Anda lebih bugar. 

  1. Memelihara berat badan

Makan dan terlalu banyak bersantai dapat membuat berat badan naik secara drastis. Obesitas pada lansia seperti pintu yang mengundang berbagai penyakit risiko kronis untuk datang. 

Berjalan kaki adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga berat badan serta mengurangi stres pada persendian dibandingkan dengan berlari atau bentuk olahraga lainnya. 

Manfaat jalan kaki 10.000 langkah bisa membakar kalori lebih cepat seperti jika Anda melakukan olahraga lari. 

  1. Memperkuat tulang, meningkatkan mobilitas, dan mengurangi rasa sakit

Jika Anda tidak terbiasa berjalan kaki secara teratur, Anda bisa merasakan ketidaknyamanan pada sendi dan tulang. 

Ketidaknyamanan itu akan hilang seiring waktu saat Anda berjalan. Ditambah lagi penelitian menemukan bahwa jalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat mencegah hilangnya massa tulang, mengurangi rasa sakit dan tekanan pada persendian, memperkuat otot dan mobilitas, serta mengurangi risiko patah tulang pinggul.

Secara keseluruhan, berjalan kaki juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan stabilitas.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kardiovaskular

Olahraga ringan dan sedang, termasuk berjalan kaki, membantu melawan flu, infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berjalan kaki merupakan bentuk olahraga kardiovaskular karena sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaatnya dalam meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan mencegah komplikasi kardiovaskular lainnya.

  1. Kesehatan mental dan kognisi yang lebih baik

Berjalan kaki jarak jauh secara teratur membuat tubuh membantu tubuh melepaskan stres sehingga Anda jauh lebih rileks. Hal ini mempengaruhi fungsi kognitif lebih baik, seperti fokus dan daya ingat kuat, dan mengurangi risiko demensia.

Agar Anda lebih nyaman berjalan kaki, mulailah secara perlahan dengan jarak pendek dan kecepata rendah terlebih dahulu. Jika Anda merasa sakit ditengah jalan, ambillah waktu istirahat keesokan harinya, dan mulai kembali dua hari berikutnya. 

Haruskah mencapai 10.000 langkah setiap hari?

Program 10.000 langkah mungkin cocok bagi orang dewasa atau populasi selain lansia dan populasi khusus (orang yang hidup dengan kecacatan dan / atau penyakit kronis yang dapat membatasi mobilitas dan / atau ketahanan fisik). 

Menurut salah satu penelitian, lansia sehat rata-rata berjalan kaki sebanyak 2.000-9.000 langkah per hari, dan populasi khusus rata-rata 1.200-8.800 langkah per hari. Maka dari itu 10.000 langkah setiap hari bisa terdengar menakutkan bagi sebagian orang.

Dikutip dari AARP, banyaknya langkah yang diambil memang meningkatkan manfaat dari berjalan kaki. Tapi pada lansia, puncak dari manfaat tersebut sudah bisa terlihat pada sekitar 7.500 langkah. 

Catatan

Manfaat jalan kaki 10.000 langkah setiap hari bisa memperpanjang usia. Namun pada lansia, 7.500 langkah secara teratur sudah cukup untuk membuat mereka lebih sehat dan bugar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *