Manfaat Mengonsumsi Teh Jahe untuk Kesehatan

Anda tentu kerap mengonsumsi teh jahe untuk menghangatkan tubuh Anda apalagi saat cuaca sedang dingin. Teh jahe sebetulnya bisa dibuat sendiri dengan memasukkan jahe kering atau segar ke dalam air panas selama beberapa menit. Merebus jahe dapat membuat minyak jahe keluar ke dalam air sehingga Anda bisa meminumnya.

Teh jahe memiliki rasa yang khas yaitu hangat dan sedikit pedas. Anda dapat membuat teh jahe sendiri dengan memarut atau mengiris jahe segar ke dalam cangkir atau membelinya dalam bentuk potongan kering yang dikemas di dalam kantong teh.

Teh jahe merupakan minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan

Jahe sendiri telah digunakan selama ribuan tahun sebagai bumbu masakan dan mengobati penyakit. Jahe berasal dari Asia dan merupakan tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Akar dan batang jahe sering digunakan untuk menambah rasa pada banyak jenis masakan. Selain itu, jahe juga kerap digunakan sebagai obat herbal kuno untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Berikut manfaat teh jahe untuk kesehatan.

1. Menenangkan Mabuk Perjalanan

Teh jahe kerap digunakan sebagai obat untuk mengatasi mabuk perjalanan yang ditandai dengan gejala seperti pusing, muntah, dan timbulnya keringat dingin. Penelitian hingga kini belum menunjukkan keefektifan apapun tentang teh jahe, tapi teh jahe tetap dapat mengatasi mabuk perjalanan dengan baik.

2. Mengatasi Mual

Jahe mengandung senyawa aktif seperti minyak atsiri dan senyawa fenol yang disebut dengan nama gingerol yang berfungsi untuk membantu meredakan mual yang disebabkan oleh kehamilan atau morning sickness, baru saja mendapat tindakan kemoterapi, atau usai menerima tindakan medis berupa pembedahan. Akan tetapi jika Anda baru saja mendapatkan operasi pembedahan, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu karena jahe diketahui dapat mengganggu pembekuan darah. 

3. Membantu Mengobati Masalah Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Konsumsi jahe diketahui dapat melindungi gangguan kesehatan pada jantung. Selain itu, jahe juga bisa mengatasi:

  • tekanan darah rendah
  • mencegah terjadinya serangan jantung
  • mencegah pembekuan darah
  • mengatasi sakit maag
  • menurunkan tingkat kolesterol
  • melancarkan sirkulasi darah

4. Mengontrol Berat Badan dan Gula Darah

Minum teh jahe panas (bubuk jahe dilarutkan dalam air panas) diketahui dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Tak hanya itu, jake juga efektif mengelola obesitas dan membantu mencegah timbulnya komplikasi yang terkait obesitas. Jahe juga dapat membantu meningkatkan kontrol pada gula darah, mengurangi A1C, insulin dan trigliserida di antara orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2.

5. Membantu Meredakan Sakit

Jahe dapat digunakan untuk membantu mengatasi rasa sakit seperti osteoarthritis yang terjadi pada lutut. Tak hanya itu, teh jahe juga dapat membantu meringankan sakit kepala, kram saat menstruasi, nyeri otot, dan berbagai jenis nyeri yang lainnya.

6. Meningkatkan Kekebalan dan Mencegah Kanker

Antioksidan yang terdapat pada jahe diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres. Selain itu, menghirup uap dari teh jahe juga dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat dan masalah pernapasan lainnya akibat flu biasa atau karena alergi lingkungan.

Akan tetapi untuk hal mencegah kanker, hingga saat ini penelitian belum menunjukkan bahwa jahe bisa membantu mencegah kanker. Namun, dalam penelitian skala laboratorium, jahe telah terbukti mampu melawan beberapa jenis sel kanker termasuk kanker pankreas dan kanker usus besar.

Anda bisa mengonsumsi teh jahe kapan saja sepanjang hari. Tak hanya itu, teh jahe juga cocok untuk dikonsumsi saat pagi hari yang akan membantu Anda usai makan untuk memudahkan pencernaan. Anda juga bisa mencampurkan teh jahe dengan lemon atau madu segar untuk menambah cita rasa dari teh jahe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *