Manfaat Miracle Fruit Bagi Kesehatan

Miracle fruit memiliki nama ilmiah Synsepalum dulcificum. Ini adalah jenis buah yang asli dari Afrika Barat, tepatnya di negara Ghana. Penduduk Ghana telah menggunakan buah ini selama berabad-abad, khususnya untuk mengubah rasa makanan. Sama seperti namanya, buah ini cukup ajaib. Manfaat miracle fruit memiliki kemampuan untuk mengubah makanan yang berasa asam ataupun pahit menjadi manis. Ini disebabkan karena sebuah protein yang terkandung di dalam miracle fruit yang bernama miraculin. Protein tersebut dapat mengikat reseptor pengecap saat level pH menurun akibat keberadaan makanan yang asam. Miraculin kemudian akan bekerja dalam mengaktifkan reseptor manis dengan di saat yang bersamaan menghambat reseptor yang dapat merasakan rasa asam.

Manfaat miracle fruit tidak hanya untuk mengubah rasa saja. Buah ini memiliki nutrisi yang lengkap yang baik bagi kesehatan. Selain beberapa vitamin, miracle fruit mengandung beberapa asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat miracle fruit salah satunya juga memiliki sifat anti-kanker dalam melawan sel kanker usus serta dapat membantu menurunkan sensitivitas insulin bagi orang-orang yang menderita diabetes. Beberapa manfaat miracle fruit untuk kesehatan diantaranya adalah:

  • Konsentrasi flavonoid yang tinggi

Daging buah miracle fruit telah menunjukkan mengandung konsentrasi flavonoid yang tinggi. Selain itu, meskipun dalam konsentrasi yang lebih sedikit, miracle fruit memiliki kandungan tanin dan saponin. Flavonoid dapat melindungi selaput sel dari kerusakan; sementara saponin dikenal dapat mengurangi glukosa dan kolesterol serta mengurangi peradangan. Senyawa yang ditemukan di dalam miracle fruit memberikan kemampuan antioksidan, menurunkan level radikal bebas dan mengurangi stres pada organ tubuh.

  • Mengandung banyak vitamin penting

Miracle fruit mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Vitamin C menstimulasi produksi sel darah putih, yang mana merupakan pertahanan tubuh pertama terhadap infeksi dan patogen. Vitamin A meningkatkan kesehatan mata, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, serta menunjang kesehatan tulang dan sistem reproduksi. Sementara itu, vitamin E baik untuk penglihatan, reproduksi, kesehatan darah, otak, dan kulit serta memiliki sifat antioksidan. Tidak kalah pentingnya adalah vitamin K, yang penting untuk penggumpalan darah dan kesehatan tulang.

  • Sifat anti-kanker usus

Miracle fruit juga telah menunjukkan efek anti kanker pada sel kanker usus, menurut sebuah studi yang dilakukan tahun ini di Universitas De Lasalle di Filipina.

  • Mengurangi resistensi insulin

Salah satu manfaat miracle fruit paling penting adalah kemampuannya dalam mengurangi resistensi insulin pada pasien yang menderita diabetes. Penelitian baru-baru ini yang dilakukan di Taiwan telah melaporkan bahwa polifenol yang ditemukan di miracle fruit memiliki kemampuan untuk mengatasi sensitivitas insulin pada kasus diabetes dan mengurangi glukosa plasma.

  • Menutupi rasa logam untuk pasien yang mendapatkan terapi chemotherapy

Manfaat miracle fruit yang satu ini ada berkat miraculin yang terkandung di dalamnya. Miraculin dapat menutup rasa logam di makanan yang sering dirasakan pasien chemotherapy yang biasanya menyebabkan rasa enggan makan dan menurunkan berat badan. Dokter menggunakan manfaat miracle fruit ini untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan cara menjaga nutrisi mereka tetap seimbang dan lengkap.

Manfaat miracle fruit bagi kesehatan sangatlah beragam. Buah ini juga aman untuk dikonsumsi. Namun, apabila Anda mendapatkan asupan miracle fruit dari suplemen, efek samping penggunaan jangka panjang masih belum diketahui. Apabila Anda sedang hamil atau menderita kondisi kesehatan tertentu, diskusikan dengan dokter seputar risiko efek samping yang ada pada suplemen miracle fruit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *