Memilih Sikat Gigi Khusus Behel, Manual atau Elektrik?

sikat gigi behel

Menjaga kebersihan mulut terutama dilakukan dengan cara menyikat gigi. Bagi pengguna kawat gigi, ada sikat gigi khusus behel yang perlu digunakan. Tentu sikat gigi behel ada berbagai macam, termasuk tipe manual dan elektrik.

Begitu memilih memasang kawat gigi, Anda harus siap melakukan perawatan ekstra. Kawat gigi penting untuk memperbaiki bentuk gigi Anda, tetapi karena bentuknya yang rumit, Anda harus menyikat gigi dengan teknik yang tepat.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Seperti tipe pasta gigi yang digunakan, rutinitas sikat gigi, teknik menyikat gigi, dan tentu tipe sikat gigi yang Anda gunakan.

Kali ini SehatQ akan memberikan perbandingan sikat gigi manual dan elektrik untuk pengguna behel. Mana yang lebih baik?

Sikat gigi manual

  • Harga relatif lebih terjangkau
  • Membuat Anda merasa lebih memegang kontrol dalam proses menyikat gigi
  • Lebih mudah merespons terhadap rasa nyeri dan mengurangi tekanan di area gigi dan gusi yang sensitif
  • Lebih mudah dibawa bepergian

Sikat gigi manual menuntut Anda untuk menyikat gigi dalam sudut 45 derajat ke arah gusi untuk memastikan kebersihan gigi tercapai secara menyeluruh. Terkadang Anda lupa menyikat area gusi, padahal ini juga penting.

Terapkan gerakan memutar perlahan-lahan untuk memastikan bisa menjangkau seluruh permukaan gigi dan kawat gigi. Gerakan ini penting untuk menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makanan dari gigi dan kawat gigi Anda.

Biasanya Anda akan sedikit kesulitan di pekan-pekan awal setelah memasang kawat gigi. Perlahan-lahan Anda akan terbiasa dan sudah menemukan celah yang tepat untuk menyikat gigi.

Meski sudah terbiasa, Anda tidak boleh melupakan teknik menyikat gigi yang tepat. Lama-kelamaan proses membersihkan gigi akan kembali ke tahap awal yang tidak maksimal, lalu timbullah penumpukan plak.

Selain itu, Anda perlu mengganti sikat gigi Anda setiap 3 sampai 4 bulan sekali, tergantung pada kualitas sikat giginya. Anda bisa mengamati tanda-tanda fisik sikat gigi yang sudah tidak layak guna, ganti sebelum sampai tahap itu.

Menggunakan sikat gigi manual sebenarnya sudah cukup asalkan teknik Anda sudah tepat. Anda perlu melatih teknik untuk mendapatkan hasil terbaik, yang berarti akan butuh waktu.

Singkatnya, sikat gigi manual membutuhkan usaha ekstra untuk benar-benar membersihkan gigi secara utuh, mungkin butuh waktu lebih lama.

Sikat gigi elektrik

  • Sikat berputar otomatis
  • Sangat bagus untuk orang dengan keterbatasan fisik seperti radang sendi
  • Populer bagi anak-anak, elektrik dianggap lebih menyenangkan
  • Ada banyak variasi kecepatan putaran, bisa mengurangi tekanan pada gigi dan gusi sensitif
  • Ada timer, Anda akan dituntun membersihkan empat kuadran mulut selama dua menit

Sikat gigi elektrik bisa jadi solusi untuk setiap kekurangan sikat gigi manual, tapi dengan harga yang sedikit lebih mahal. Ada beberapa perbedaan utama di antara sikat gigi manual dan elektrik.

Anda bisa membeli sikat gigi elektrik berkualitas tinggi. Memang harganya sedikit mahal, tapi bisa dipandang sebagai investasi. Nantinya, Anda hanya perlu mengganti kepala sikat secara berkala.

Ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan dengan sikat gigi elektrik. Terutama, sikat gigi elektrik menawarkan kebersihan yang lebih total dengan fitur rotasi otomatis. Artinya Anda bisa membersihkan plak dengan lebih cepat pula.

Lalu, karena ukuran sikat gigi elektrik yang relatif kecil, Anda bisa menjangkau area-area sempit seperti di antara gigi, garis gusi, dan sepanjang kawat gigi. Anda tidak perlu teknik menyikat yang terlalu rapi, teknologi akan membantu Anda.

Singkatnya, sikat gigi elektrik bisa membersihkan gigi dan kawat gigi dengan lebih efisien dan mendetail.

Jadi, manual atau elektrik?

Sebenarnya tidak ada yang salah di antara dua pilihan ini. Sikat gigi manual dan elektrik punya kelebihannya masing-masing, Anda juga  perlu mempertimbangkannya. Yang paling tepat adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan “sikat gigi apa yang seharusnya saya gunakan?” Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, entah manual atau elektrik.

Bagi pengguna behel, yang terpenting adalah memilih sikat gigi orthodontic, baik manual maupun elektrik. Pengguna kawat gigi juga perlu mengganti sikat gigi mereka lebih rutin daripada gigi normal.

Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan interdental brush. Tipe sikat ini difungsikan untuk membersihkan ara sempit antara gigi dan kawat gigi. Ini sama efektifnya dengan menggunakan benang gigi.

Lagi pula, yang paling penting tetaplah teknik dalam menyikat gigi, bukan hanya pemilihan elektrik atau manual. Jadi, bagi Anda pengguna behel, manual atau elektrik sama baiknya kok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *