Mempelajari dan Membangun Sikap Optimis dengan Cara Ini

Orang-orang dengan sikap optimis cenderung akan lebih mampu mencapai beragam target yang dikehendaki. Kehadiran pribadi dengan sikap optimis pun akan lebih mudah diterima di lingkungan sosial karena bisa memberi semangat. Bagi orang yang memang cenderung optimis, sifatnya itu juga akan bermanfaat bagi kesehatannya. Pasalnya, orang-orang dengan sikap optimis tidak akan mudah stress sehingga dapat meminimalkan risiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi dan masalah pencernaan. 

Anda pun mungkin memiliki teman atau kerabat yang memiliki sifat optimis yang tinggi. Tidak mengherankan apabila dalam beberapa waktu, Anda iri melihat kemampuannya untuk selalu berpandangan baik terkait kesuksesan dan masa depan. 

Baiknya jangan hanya iri. Cobalah untuk menjadi pribadi yang optimisitis pula. Banyak cara yang dapat Anda lakukan guna bisa menjadi pribadi dengan sikap optimis. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya bagian sifat optimis Anda dapat terasah.  

  1. Minimalkan Asumsi 

Asumsi cenderun menyeret Anda ke pikiran yang negatif sehingga Anda menjadi pribadi yang pesimis. Karena itu jika ingin mempunyai sikap optimis, berusahalah mengurangi pembuatan asumsi terkait kemungkinan berbagai hal. Hadapi saja realitas yang terjadi, tanpa menduga-duga apa yang akan menyusul berikutnya. 

  1. Berani Tanggung Jawab 

Cobalah berani mengambil peran yang dapat meningkatkan tanggung jawab Anda. Sebagai contoh, beranilah menjadi ketua pelaksana dalam acara gathering kantor. Mungkin awalnya terasa sulit menjalani tanggung jawab tersebut. Namun lama-kelamaan, tanggung jawab yang terus-menerus Anda ambil akan membuat Anda lebih posifit memandang tujuan ke depan. Anda pun bisa terhindari dari sikap pesimis yang meragukan kemampuan diri sendiri. 

  1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri 

Kadang-kadang apa yang diharapkan tidak sesuai dengan apa yang terjadi. Anda mungkin merasa tidak puas dengan kondisi yang tidak sesuai harapan tersebut. Anda pun menyadari bahwa perlu ada perbaikan ke depan agar apa yang diharapkan bisa terwujud. Namun, jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas kondisi yang tidak sesuai dengan cita Anda. Sikap menyalahkan diri sendiri hanya akan menghadirkan rasa trauma dan tidak percaya diri terhadap kemampuan Anda. Alih-alih bisa bersikap optimis, bentuk penyalahan diri sendiri akan membuat Anda tidak berani berharap dan membuat rencana ke depan untuk sukses. 

  1. Beri Diri Afirmasi Positif 

Seseorang memiliki sikap optimis umumnya karena yakin akan kemampuan diri untuk memenuhi yang diharapkan. Karena itulah, cobalah melatih keyakinan tersebut dengan memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri setiap hari tanpa bosan. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda sanggup melakukan hal yang diharapkan. Jangan lupa pula selalu berikan pujian kepada diri sendiri tiap kali sukses melakukan yang direncanakan. Lama-kelamaan, sikap optimis Anda akan terlatih dengan cara ini. 

  1. Jadilah Autentik 

Anda tidak perlu berubah menjadi orang lain untuk bisa memiliki sikap optimis. Jangan berpura-pura menjadi pribadi yang selalu positif dan pada akhirnya cenderung menjadi racun bagi diri Anda dan sekeliling. Pasalnya, Anda menyadari bahwa apa yang Anda lakukan bukanlah diri Anda yang sesungguhnya. Ketidakyakinan terhadap diri sendiri pun bisa muncul. Justru dengan menjadi autentik, Anda bisa lebih optimis karena menyadari orang-orang menghargai apa yang Anda miliki. 

  1. Selalu Tetapkan Target 

Mulailah untuk menerapkan target terhadap apa yang Anda jalani. Tidak perlu langsung memiliki banyak target, Anda cukup memiliki satu target yang hendak Anda capai dengan usaha sungguh-sunguh. Jika berhasil, segeralah buat target baru. Cara ini bisa melatih Anda untuk bisa terus berpandangan ke depan dan optimis akan pencapaian Anda. 

***

Melatih diri agar memiliki sikap optimis tidaklah sulit. Yang Anda perlukan sebenarnya hanya percaya pada kemampuan dan konsisten melakukan yang Anda ingin capai. Ayo, terus semangat menjadi pribadi yang optimis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *