Mengintip Seperti Apa dan Bagaimana Suntik Varises Dilakukan

Tentu Anda pernah mendengar tentang varises, kan? Varises adalah kondisi pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena karena adanya gangguan pada fungsi katup pembuluh darah tersebut. Beberapa orang mengatasi kondisi varises ini dengan memilih prosedur suntik varises.

Skleroterapi adalah istilah medis dari prosedur suntik varises. Namun, sebenarnya tidak semua kasus varises dapat diatasi dengan prosedur ini, terutama untuk varises yang besar. Prosedur suntik varises ini umumnya akan secara efektif mengatasi varises pada pembuluh darah vena kecil.

Bagaimana prosedur suntik varises?

Prosedur suntik varises dilakukan dengan secara langsung menyuntikkan cairan zat kimia pada pembuluh darah vena yang bermasalah. Cairan yang digunakan tersebut berperan untuk merusak dinding dalam pada pembuluh darah vena.

Ketika dinding pembuluh darah vena tersebut rusak, maka akan terbentuk gumpalan darah beku. Kondisi ini akan mendorong darah untuk mencari pembuluh darah vena lain agar tetap dapat tersalurkan. Dengan begitu, pembuluh darah vena yang terkena varises akan secara otomatis dapat hilang.

Proses penyuntikan ini biasanya terjadi selama 15-30 menit bergantung pada jumlah lokasi pembuluh darah yang harus disuntikkan dan juga reaksi yang mungkin dapat timbul pada pasien ketika cairan zat kimia tersebut disuntikkan.

Untuk siapa sajakah suntik varises dapat diberikan?

Pada dasarnya, semua orang diperbolehkan untuk melakukan prosedur suntik varises, terkecuali ibu hamil. Walaupun begitu, bagi pasien yang sebelumnya memiliki riwayat penggumpalan darah dalam tubuh, seperti pada bagian otak, lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter.

Selain itu, jika Anda ingin melakukan prosedur suntik varises, pastikan bahwa Anda sedang tidak mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu, seperti aspirin, ibuprofen, dan antiradang. Jenis obat-obatan tersebut dapat mengganggu proses pembekuan darah, sehingga dapat memengaruhi hasil dari prosedur suntik varises. Setidaknya, beri jeda waktu sekitar 3-4 hari sebelum melakukan prosedur ini.

Apakah terdapat efek samping dari prosedur suntik varises?

Hasil dari prosedur suntik varises langsung dapat terlihat sekitar 15-30 setelah prosedur dilakukan. Ada pun beberapa kemungkinan efek samping yang dapat timbul, yaitu rasa gatal pada daerah bekas suntikan yang dapat berlangsung hingga 2 hari lamanya. Kemerahan maupun bentol juga rawan muncul pada daerah bekas suntikan tersebut.

Bagaimana pun, prosedur ini tetap memerlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak menimbulkan gangguan kondisi kesehatan lain yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *