Merek Kopi Hitam untuk Diet yang Aman dan Nyaman

Selain memiliki cita rasa yang nikmat, kopi dipercaya mampu membantu program penurunan berat badan. Hal ini karena kopi mengandung polifenol yang bersifat antioksidan dan kafein yang mampu membantu membakar lemak. Namun, Anda tidak dapat sembarangan memilih merek kopi untuk diet. Pasalnya, tidak semua merk kopi hitam untuk diet yang aman dikonsumsi. Pilihlah kopi tambahan bahan apapun seperti gula, susu, dan krimer.

Selain itu, hasil penelitian Jessia (2017) menunjukkan keberhasilan penurunan berat badan dengan diet kopi. Hal ini juga berkaitan dengan defisit kalori. Selain itu, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Merk kopi hitam terbaik

Kandungan Nutrisi dalam Secangkir Kopi

Kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat yang meliputi:

  • riboflavin (vitamin B2)
  • niacin (vitamin B-3)
  • magnesium
  • potassium
  • senyawa fenolik (antioksidan).

Manfaat Mengonsumsi Kopi

Selain mampu membantu penurunan berat badan, kopi memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya.

1. Kopi dapat mencegah diabetes

Kopi dapat membantu melindungi tubuh Anda terhadap diabetes tipe 2. Pada tahun 2014, Shilpa N. Bhupathi Raju mengumpulkan data lebih dari 48.000 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang meningkatkan konsumsi kopi setidaknya satu cangkir per hari selama 4 tahun memiliki risiko 11% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak meningkatkan asupannya. Selain itu, hasil meta-analisis Robin Pool (2017) menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi empat hingga enam cangkir kopi berkafein atau tanpa kafein setiap hari tampaknya memiliki risiko sindrom metabolik yang lebih rendah, termasuk diabetes tipe 2. 

2. Kopi dapat mengurangai risiko penyakit Parkinson

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kafein, yang ada dalam kopi dapat membantu melindungi terhadap penyakit Parkinson. Hal ini juga dibuktikan dari hasil penelitian Ronald B. Postuma (2012) menyimpulkan bahwa pria yang minum lebih dari empat cangkir kopi per hari mungkin memiliki risiko Parkinson lima kali lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi tanpa gula dapat mengurangi risiko depresi dan kondisi kognitif seperti Alzheimer. 

3. Konsumsi kopi untuk mencegah kanker hati

Penelitian Rabin Poole tahun 2019, menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker hati sekitar 40%. Beberapa hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa orang yang minum tiga cangkir per hari mungkin memiliki risiko 50% lebih rendah. 

4. Kopi mencegah penyakit liver lainnya

Hasil penelitian Robin Poole dan Oliver J Kennedy (2019) menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi juga memiliki risiko penyakit batu empedu yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kopi. 

Selain itu, penelitian George Boon-Bee Goh tahun 2014 menunjukkan bahwa konsumsi kopi dengan dosis yang cukup dapat menurunkan risiko kematian akibat sirosis hati terkait hepatitis non viral sebesar 66%. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan mengonsumsi kopi dua cangkir kopi setiap hari untuk mengurangi risiko gangguan hati.

Dosis Mengonsumsi Kopi untuk Diet

1. Tidak mengonsumsi saat malam hari karena dapat membuat Anda sulit tidur

2. Konsumsi kopi tanpa tambahan gula 

3. Pilih merk kopi hitam untuk diet yang berkualitas, sebaiknya organik

4. Hindari minum terlalu banyak, konsumsi 2 cangkir dan maksimal 4 cangkir sehari.

5. Tambahkan beberapa kayu manis ke kopi Anda

6. Hindari penggunaan krimer, jika Anda ingin menggunakan krimer, pilihlah yang rendah lemak

7. Tambahkan bubuk kakao (coklat) ke kopi Anda

Hindari konsumsi kopi berlebihan jika Anda memiliki gangguan lambung, seperti maag, GERD, tukak lambung, dan lain-lain. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *