Minyak Gosok dan Tips Terhindar Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk sama sekali tidak boleh diremehkan. Selain bisa menimbulkan gatal-gatal yang berujung infeksi kulit, gigitan nyamuk juga dapat menjadi sumber beragam penyakit serius. Sebut saja demam berdarah, malaria, ataupun zika; semuanya merupakan penyakit yang penularannya dapat terjadi lewat gigitan nyamuk. 

Beberapa orang kerap menggunakan minyak gosok untuk mengobati bekas gigitan nyamuk yang terasa gatal dan perih. Minyak gosok yang mengandung bahan-bahan alami, seperti minyak kayu putih dan minyak sereh; dipercaya memiliki sifat anti batkteri yang membuat infeksi gigitan nyamuk cepat mereda. Namun, menemukan cara pencegahan agar tidak terkena gigitan nyamuk sebenarnya jauh lebih penting. 

Berikut ini adalah berbagai tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gigitan nyamuk. Segera praktikkan secepat mungkin supaya Anda tidak perlu berurusan dengan risiko terkena berbagai penyakit yang disebabkan oleh penularan virus lewat gigitan nyamuk. 

Kenakan Pakaian yang Tepat 

Pakaian Anda sebenarnya merupakan penjaga utama dari gigitan nyamuk. Jika memang Anda pergi ke luar dan berisiko terkena gigitan nyamuk, gunakan pakaian yang lebih tertutup. Pakaian lengan panjang dan celana panjang bisa menyelamatkan Anda dari gigitan nyamuk. Namun, sebaiknya jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Lebih baik Anda memakai pakaian yang agak longgar agar terasa lebih nyaman. 

Manfaatkan Bumbu Dapur 

Beberapa bumbu dapur memiliki kemampuan mengusir nyamuk. Coba cek di dapur Anda, apakah Anda sereh ataupun, bawang putih, ataupun cengkih? Jika ada, Anda bisa menaruh bumbu-bumbu dapur tersebut di sudut ruangan. Aroma dari bumbu dapur tersebut terkenal tidak disukai nyamuk sehingga bisa mencegah gigitan serangga menimpa Anda.  

Lumuri Kulit dengan Minyak Gosok 

Pilihan lainnya untuk mencegah gigitan nyamuk adalah melumuri kulit Anda dengan minyak gosok. Carilah minyak gosok dengan bahan alami yang terkenal ampuh mengusir nyamuk, seperti minyak sereh, minyak kayu putih, ataupun minyak cengkih. Ada banyak pilihannya di pasaran. Anda bisa memakai minyak gosok ini sehabis mandi malam agar tidur malam Anda lebih nyaman dan bebas dari risiko gigitan nyamuk nakal. 

Terangi Ruangan 

Nyamuk senang berkumpul dan mampir di tempat yang gelap. Risiko Anda terkena gigitan nyamuk pun akan lebih besar ketika berada di ruangan yang gelap. Karena itu, cobalah terangi ruangan ketika malam hendak tiba. Sementara pada siang hari, Anda bisa menerangi ruangan dengan membuka semua jendela. Selain ruangan lebih terang, sirkulasi udara pun lebih baik. 

Gunakan Perangkap Nyamuk 

Saat ini sudah banyak perangkap nyamuk yang dapat Anda bebas dari ruangan nyamuk. Jika dahulu perangkap nyamuk lebih berupa jala dengan lubang-lubang kecil, saat ini sudah ada perangkap nyamuk yang menggunakan sinar UV. Perangkap ini dapat menarik dan menangkap serangga penggigit, tidak terkecuali nyamuk. 

Hilangkan Genangan Air di Rumah 

Nyamuk sangat suka genangan air, tidak peduli genangan tersebut merupakan air bersih maupun air kotor. Jadi sebisa mungkin, hilangkanlah genangan air di rumah, khususnya pada saat musim penghujan. Perhatikan saluran air agar tidak ada sumbatan supaya genangan air yang tidak perlu tidak usah tercipta. Jika memang ada lokasi genangan yang tidak mungkin dihilangkan, seperti kolam ataupun bak mandi, pastikan Anda mengurasnya sesering mungkin untuk menghindari lokasi tersebut menjadi tempat nyamuk berkembang biak.  

Pangkas Tanaman secara Teratur

Tanaman di pekarangan memang bisa membuat suasana rumah lebih adem dan cantik. Namun, pastikan tanaman-tanaman tersebut tidak menjadi sarang nyamuk. Pastikan tanaman Anda tidak tumbuh terlalu lebat. Tidak ada salahnya pula menyemprot tanaman dengan semprotan pestisida pada musim-musim tertentu untuk menghilangkan sarang nyamuk di dalamnya. 

Hindari Penggunaan Parfum 

Nyamuk ternyata menyukai aroma yang keluar dari parfum yang berbau bunga-bungaan. Karena itu, orang yang memakai parfum cenderung lebih disukai nyamuk dan lebih sering mendapati gigitan nyamuk. Jika memang sedang musim hujan atau pancaroba, berpikirlah beberapa kali sebelum menggunakan parfum agar gigitan nyamuk tidak perlu Anda alami. 

Jika semua tips menghindari gigitan nyamuk sudah Anda jalankan dan tetap terkena gigitan nyamuk, segera oleskan minyak gosok agar bekas gigitan lekas hilang. Pastikan pula menjaga kebersihan rumah agar tidak terkena gigitan nyamuk di waktu-waktu mendatang. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/cap-tawon-minyak-gosok-dd-30-ml
https://www.healthline.com/health/outdoor-health/how-to-prevent-mosquito-bites
https://www.prevention.com/health/g20513318/stop-mosquito-bites/

https://www.countryliving.com/gardening/g3463/how-to-prevent-mosquitoes/ https://www.epa.gov/insect-repellents/tips-prevent-mosquito-bites

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *