Obat Laxarec untuk Atasi Sembelit, Apa Saja Komposisinya?

Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu masalah pencernaan yang cukup umum terjadi. Ketika gejala konstipasi melanda, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan obat Laxarec

Obat ini merupakan obat yang secara khusus dirancang untuk mengatasi gejala sembelit, seperti kesulitan buang air besar, kembung, dan nyeri atau kram perut. Obat ini bisa digunakan untuk penderita sembelit anak-anak maupun ibu hamil. 

Komposisi obat Laxarec

Sebagai obat yang difokuskan untuk meredakan sembelit, obat ini diperkaya dengan berbagai macam kandungan obat-obatan, seperti: 

  • Sodium Lauryl Sulfate

Sodium lauryl sulfate merupakan zat aktif  yang sering digunakan sebagai pelarut atau pencahar. Kandungan ini tergolong aman digunakan dalam obat-obatan, baik untuk pemakaian obat oral maupun obat topikal.

Di dalam obat ini, kandungan sodium lauryl sulfate yang digunakan adalah sebanyak 45 mg setiap 5 ml.

  • Sorbic acid

Sorbic acid atau asam sorbat adalah zat pengawet alami yang berasal dari buah-buahan. Dalam obat-obatan, asam sorbat dipakai sebagai bahan untuk menghambat pertumbuhan jamur, ragi, serta beberapa jenis bakteri beracun.

Bukan hanya pada obat-obatan, kandungan asam sorbat juga cukup umum dipakai dalam makanan dan produk kosmetik. Obat Laxarec juga mengandung zat ini dengan jumlah sebanyak 5 mg. 

  • Sodium citrate

Komposisi berikutnya yang juga ada pada obat ini adalah sodium citrate. Sodium citrate seringkali dikombinasikan dengan asam sitrat sebagai obat untuk mengurangi kadar asam pada urin.

Kadar asam yang berlebih pada urin seringkali terjadi ketika seseorang mengalami  konstipasi atau sembelit. Pada obat ini, sodium citrate digunakan sebanyak 450 mg. 

  • Polyethylene Glycol

Polyethylene glycol atau PEG adalah bahan aktif yang sudah sangat sering digunakan sebagai pelarut dalam obat-obatan, termasuk obat untuk mengatasi sembelit seperti obat Laxarec. 

Secara khusus, PEG cukup umum dipakai sebagai komposisi utama obat pencahar. Di dalam obat ini, kandungan PEG yang digunakan sebanyak 625 mg untuk setiap 5 ml.

  • Sorbitol

Komposisi yang terakhir adalah sorbitol, yaitu kandungan pencahar yang sangat umum digunakan dalam obat untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Jadi, tidak heran jika kandungan sorbitol juga dipakai sebagai salah satu komposisi dalam obat Laxarec. 

Anda bisa menemukan kandungan sorbitol sebanyak 4800 mg dalam setiap kemasan 5 ml obat ini. 

Apakah cukup menggunakan obat saja untuk mengatasi konstipasi? 

Tentunya, agar proses penyembuhan gejala sembelit Anda lebih lancar, Anda perlu mengimbangi penggunaan obat dengan perawatan mandiri. Perawatan mandiri di rumah bisa dilakukan dengan cara: 

  • Minum banyak air

Ketika mengalami konstipasi, sangat penting bagi Anda untuk memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Karena, penderita konstipasi rentan mengalami dehidrasi. 

Sebaiknya, tingkatkan konsumsi air mineral Anda sehari-hari. Banyak minum air bisa membantu meringankan gejala konstipasi yang Anda alami. 

  • Mengonsumsi makanan kaya akan serat

Serat dikenal sebagai kandungan dalam makanan yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Karena sembelit disebabkan oleh gangguan pada pencernaan, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat bisa menjadi solusi yang tepat untuk meringankan gejalanya.

Ada banyak sekali makanan kaya akan serat yang bisa Anda konsumsi, mulai dari biji-bijian, kacang-kacangan, oatmeal, dan lain sebagainya.

Lakukan kedua hal di atas bersamaan dengan penggunaan obat Laxarec. Dengan begitu, gejala sembelit yang Anda alami bisa membaik dengan lebih cepat dan Anda bisa segera pulih dari kondisi tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *