Otot Biseps dan Otot Triseps, Apa Perbedaannya?

Otot Biseps dan Otot Triseps, Apa Perbedaannya?

Pernahkah Anda mendengar istilah otot biseps dan otot triseps? Kedua otot ini merupakan bagian dari otot yang ada pada lengan Anda. Otot biseps mengacu pada otot besar di bagian depan lengan atas antara bahu dan siku. Sementara otot triseps ada di bagian belakang lengan atas.

Kedua otot ini saling melengkapi dan dimiliki oleh setiap orang. Tidak banyak orang yang  mengetahui perbedaan keduanya.

Meskipun sama-sama menjadi bagian dari otot lengan atas, kedua otot ini memiliki peran dan fungsi yang berbeda bagi tubuh Anda ketika berolahraga.

Mengenal otot biseps lebih jauh

Otot yang ada di bagian depan lengan ini diberi nama ‘bi’ karena mengandung dua kepala yang berbeda. Kepala bagian luar lebih panjang, sementara kepala bagian dalamnya lebih pendek.

Kedua kepala tersebut berasal dari tulang belikat. Keduanya saling menyisip atau menempel pada tuberositas radial, yaitu tonjolan kecil tulang di bagian luar siku Anda. 

Ada tiga manfaat utama dari biseps, yaitu: 

  • Pergerakan sendi siku, fungsi untuk membawa lengan bagian bawah bergerak menempel pada tubuh.
  • Supinasi lengan bawah, yaitu fungsi yang melibatkan kemampuan membalikkan telapak tangan agar menghadap ke atas.
  • Elevasi bahu, merupakan fungsi untuk membantu mengangkat lengan Anda. 

Perbedaan otot triseps dengan biseps

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, otot triseps berada di bagian belakang atas. Nama otot ini disebut ‘tri’ karena terdiri atas tiga kepala berbeda. Ketiga kepala itu adalah kepala medial atau tengah, kepala lateral atau samping, serta panjang. 

Kepala panjang berasal dari bagian belakang skapula, sedangkan kepala lateral dan medial berasal dari permukaan lateral atau samping, dan posterior atau belakang tulang lengan atas. 

Ketiga kepala ini saling menyisip atau menempel di bagian belakang siku atau pada tonjolan kecil tulang yang disebut olekranon.

Ada beberapa fungsi utama dari otot triseps, yaitu:

  • Perpanjangan bahu, yaitu fungsi untuk menggerakkan lengan ke belakang tubuh.
  • Perpanjangan siku, yaitu fungsi untuk menjauhkan lengan dari tubuh Anda. 
  • Menstabilkan bahu, misalnya ketika membawa barang dengan posisi di atas kepala.

Karena fungsinya berbeda dengan biseps, triseps dan biseps sama-sama saling melengkapi. 

Cara kerja otot biseps dan triseps

Anda sudah mengetahui bahwa otot biseps dan triseps adalah dua otot yang saling berbeda atau berlawanan. Lantas, bagaimana keduanya bekerja bersama? Berikut ini penjelasannya:

  • Melakukan gerakan sehari-hari

Otot yang berdekatan, seperti biseps dan triseps, saling bekerja sama untuk menciptakan gerakan fungsional. Gerakan ini melibatkan berbagai macam gerakan yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa koordinasi kedua otot ini, Anda akan kesulitan melakukan berbagai aktivitas, bahkan sekedar untuk berdiri dan menggerakkan tangan sekalipun. 

  • Mencegah cedera

Ketika salah satu saja otot Anda bermasalah, baik itu biseps ataupun triseps, Anda jadi lebih mudah mengalami cedera. Jika kekuatan biseps dengan triseps Anda tidak seimbang, maka salah satunya akan lebih mudah terluka. 

Karena itu, ketika berolahraga, Anda dianjurkan untuk melatih kemampuan keduanya, baik biseps maupun triseps. Jika kekuatan kedua jenis otot ini menjadi tidak seimbang, maka kesehatan Anda akan menjadi terancam.

Bisa dibilang, otot biseps dan triseps sama-sama memiliki peran yang penting dan saling melengkapi. Karena itu, Anda tidak bisa memprioritaskan salah satunya saja ketika melakukan aktivitas olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *