Pahami Tanda-tanda Terkena Hashimoto Tiroid

Banyak penyakit terkait kekebalan tubuh yang mesti Anda waspadai. Salah satunya adalah Hashimoto Tiroid. Sesuai namanya, penyakit autoimun yang satu ini menyerang kelenjar tiroid. Di mana kelenjar yang diserang ini memiliki fungsi vital untuk mengatur berbagai fungsi tubuh sekaligus mengelola suasana hati. 

Sampai saat ini penyebab seseorang terkena Hashimoto tiroid belum mampu diketahui secara pasti. Namun, beberapa penelitian berasumsi, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus ataupun faktor genetik. Walaupun penyebab belum jelas, dampak dari Hashimoto tiroid sudah nyata dan tidak boleh diremehkan. Pasalnya penderita masalah autoimun ini lama-kelamaan akan merusak kelenjar tiroid sehingga seluruh fungsi tubuh dapat terganggu. 

Pahami Tanda-tanda Terkena Hashimoto Tiroid

Sebelum terlambat, sebaiknya Anda mulai belajar memahami apa saja gejala dari penyakit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh ini. Mengenal lebih baik bisa membuat Anda memperoleh penanganan cepat dan tepat apabila benar-benar terdiagnosis penyakit autoimun tersebut. 

  1. Rambut Rontok 

Rambut rontok yang terjadi secara berlebihan patut Anda curigai sebagai tanda dari suatu masalah kesehatan. Pasalnya, salah satu gejala Hashimoto Tiroid tak lain adalah masalah rambut rontok. 

  1. Mudah Menggigil

Tidak berfungsi dengan baiknya kelenjar tiroid membuat kekebalan tubuh menurun. Salah satu gejalanya adalah Anda akan mudah merasa kedinginan. Dalam tahap yang lebih parah, penderita Hashimoto Tiroid cenderung mudah menggigil di cuaca yang bahkan tidak terlalu dingin. 

  1. Kenaikan Berat Badan 

Orang-orang yang memiliki masalah dengan kelenjar tiroid umumnya akan mengalami masalah berat badan yang sulit dijelaskan. Khusus untuk penderita Hashimoyot tiroid, masalah kenaikan berat badan kerap menjadi penanda awal penyakit ini. Jadi, berhati-hatilah apabila Anda mengalami kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas. 

  1. Nyeri Otot 

Gejala nyeri juga akan dialami oleh pasien-pasien yang terkena masalah autoimun ini. Secara lebih detail, nyeri yang dirasakan pasien Hashimoto tiroid adalah nyeri di bagian otot-otot gerak. Nyeri akan bertambah ketika Anda merasakan dingin. 

  1. Sembelit 

Salah satu fungsi kelenjar tiroid adalah mengatur metabolisme tubuh. Ketika kelenjar ini terganggu, metabolisme tubuh Anda pun akan kacau. Metabolisme menjadi tidak lancar dan membuat Anda kesulitan buang air besar hingga mengalami sembelit. 

  1. Menstruasi Panjang 

Gejala Hashimoto tiroid akan lebih mudah terlihat pada perempuan. Umumnya pasien penyakit ini akan mengalami waktu menstruasi yang panjang. Umumnya perempuan hanya mengalami menstruasi selama 2—7 hari tiap kali periode datang. Namun pada penderita penyakit autoimun ini, menstruasi bisa terjadi hampir dua minggu. 

  1. Depresi 

Kelenjar tiroid juga sangat berpengaruh dalam membentuk suasana hati. Jadi ketika kelenjar berbentuk kupu-kupu ini bermasalah, suasana hati pun akan ikut mengalami kendala. Suasana hati Anda menjadi sulit dikendalikan dan tidak jarang menyebabkan depresi. 

  1. Wajah Pucat 

Orang-orang yang terkena hashimoto tiroid cenderung merasa mudah lemas dan lesu. Ini terkait dengan kekebalan tubuhnya yang melemah. Dalam tahap yang cukup mengkhawatirkan, penderita hashimoto tiroid akan memiliki wajah yang sangat pucat. 

  1. Wajah Bengkak 

Tidak hanya pucat, penderita penyakit autoimun ini juga bisa mengalami pembengkakan di sekujur tubuhnya. Bagian yang paling mudah mengalami pembengkakan adalah wajah karena letaknya yang dekat dengan kelenjar tiroid yang berada di leher. 

  1. Kehilangan Memori

Penderita hashimoto tiroid yang kehilangan memori artinya sudah memasuki tahap kronis. Ini karena kerusakan di kelenjar tiroid sudah terjadi dan memengaruhi aktivitas otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *