Panduan Memilih Vitamin Ibu Hamil Trimester 1

Vitamin ibu hamil trimester 1 adalah suplemen yang dibuat untuk memberikan tubuh vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Dokter kandungan mungkin menyarankan agar Anda meminumnya saat mulai merencanakan kehamilan hingga masa kehamilan.

Makan makanan sehat adalah hal yang baik, namun harus ditunjang dengan pemberian vitamin. Berikut ini ada beberapa panduan memilih kandungan vitamin ibu hamil trimester 1 yang tepat dan manfaatnya. 

1. Asam folat

Asam folat dapat mencegah cacat lahir yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang bayi. Cacat tabung saraf berkembang di awal kehamilan, sebelum banyak wanita tahu bahwa mereka hamil dan setengahnya dari semua kehamilan tidak direncanakan.

Inilah sebabnya mengapa dokter merekomendasikan bahwa setiap wanita yang bisa hamil mengambil 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari, mulai sebelum pembuahan dan berlanjut selama 12 minggu pertama kehamilan.

2. Vitamin D

Tubuh Anda membutuhkan vitamin D, dalam kombinasi dengan kalsium, untuk menumbuhkan tulang bayi dan menjaga tulang Anda tetap kuat. Sebagian besar vitamin prenatal mengandung 400 IU vitamin D, tetapi American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan untuk mendapatkan 600 IU.

Anda dapat membuat perbedaan melalui makanan seperti susu yang diperkaya vitamin D, salmon, dan kuning telur. 

3. Kalsium

Nutrisi penting lainnya bagi wanita adalah kalsium. Semua wanita berusia 19 hingga 50 tahun, termasuk wanita hamil, membutuhkan 1.000 mg per hari. Selain mendapatkan banyak kalsium dalam makanan seperti susu, yogurt atau makanan kaya kalsium lainnya, Anda bisa mendapatkan tambahan dari vitamin ibu hamil trimester 1.

Jangan mengonsumsi lebih dari 250 mg kalsium bersamaan dengan suplemen zat besi, karena kalsium mengganggu penyerapan zat besi. 

4. Vitamin C

Anda bisa mendapatkan banyak vitamin C, yang membantu tubuh Anda menyerap zat besi dan mendukung sistem kekebalan, selama diet prenatal. Hindari konsumsi vitamin C lebih dari 2.000 mg, karena bisa berbahaya bagi bayi. Selama hamil, Anda hanya memerlukan setidaknya 70mg dari suplemen dan tambahan lainnya dari berbagai makanan dan minuman yang mengandung vitamin C. 

5. Vitamin A

Tidak lebih dari 4.000 IU atau 800 mcg. Jumlah lebih dari 10.000 IU bisa menjadi racun. Banyak produsen telah mengurangi jumlah vitamin A dalam suplemen vitamin mereka atau menggantinya dengan beta-karoten, sumber vitamin A yang jauh lebih aman.

6. Yodium

Yodium membantu perkembangan tiroid dan otak calon bayi. Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak wanita tidak mendapatkan cukup mineral penting ini. Itu sebabnya American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 150 mcg yodium. 

7. Vitamin B6

Konsumsi vitamin B6 sebanyak 2 mg sehari. Vitamin B6 membantu mengurangi potensi mual di pagi hari.

8. DHA

Bicaralah dengan dokter Anda. DHA – asam lemak omega-3 yang ditemukan di banyak jenis ikan. DHA telah terbukti membantu perkembangan otak bayi, baik sebelum dan sesudah lahir. Jika Anda tidak bisa mendapatkan dua hingga tiga porsi yang direkomendasikan (8 hingga 12 ons) ikan berlemak yang aman untuk kehamilan per minggu bisa Anda konsumsi. Tanyakan kepada dokter apakah Anda harus mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3.

Umumnya, Anda membutuhkan 200-300 mg DHA sehari dari vitamin ibu hamil trimester 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *