Pap Smear Prodia Denpasar dan Pencegahan Kanker Serviks

Prodia merupakan laboratorium terpercaya, tempat Anda dapat melakukan berbagai tes kesehatan yang dibutuhkan. Cabang Prodia pun hampir menyebar di seluruh nusantara. Bagi yang tinggal di Bali, Anda bisa mempercayakan pemeriksaan kesehatan Anda di Prodia Denpasar

Tentunya bukan hanya tes darah maupun medical check up yang dapat Anda lakukan di Prodia Denpasar. Anda bahkan bisa melakukan pap smear di cabang Prodia ini guna menjadi salah satu pencegahan kanker servik. Pasalnya, dengan tes pap smear, sel awal kanker serviks bisa dideteksi dengan cepat sehingga penanganan bisa lebih cepat dilakukan. 

Namun, pap smear tetaplah pencegahan sekunder yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker seviks. Di luar tes ini, perlu segudang cara lain yang Anda upayakan agar tidak terkena jenis kanker tersebut. Berikut adalah beberapa cara pencegahan kanker serviks yang terbukti efektif dan sebaiknya Anda tiru. 

Menunda Seks Remaja 

Risiko terkena kanker serviks pada seorang perempuan akan lebih besar terjadi apabila dia aktif melakukan kegiatan seksual sejak berusia remaja. Sebaliknya, jika Anda menunda hubungan seksual hingga usia di atas 20 tahun, risiko kanker serviks menjadi lebih kecil. Tidak tanggung-tanggung, risiko kanker serviks dapat lebih besar hingga 58 kali lipat pada perempuan yang melakukan hubungan seksual pertamanya ketika berusia di bawah 16 tahun. 

Tidak Bergonta-ganti Pasangan 

Bergonta-ganti pasangan merupakan kegiatan seksual yang sangat tidak sehat. Risiko penularan infeksi human papillomavirus (HPV) akan lebih besar menimpa orang-orang yang melakukan hubungan seksual lebih dari satu pasangan. Ini karena ketika Anda bergonta-ganti pasangan, Anda bisa saja tertular infeksi HPV dari pasangan Anda. Di mana pasangan Anda tersebut bisa terinfeksi virus itu dari pasangannya yang lain. 

Karena itu, menjadi monogami dalam hal hubungan seksual akan sangat berarti bagi kesehatan Anda, khususnya dalam upaya pencegahan terhadap kanker serviks. Kalaupun memang Anda telanjur bergonta-ganti pasangan dalam hubungan seksual, hentikan kebiasaan itu. Jangan lupa untuk pergi ke Prodia Denpasar dan melakukan pap smear untuk memastikan ada tidaknya sel pra-kanker serviks yang berbahaya di tubuh Anda. 

Hindari Hubungan Seks dengan Orang Terinfeksi 

Jangan sembarangan melakukan hubungan seksual dengan seseorang. Apalagi jika Anda melihat ada tanda-tanda risiko infeksi menular seksual yang dimiliki oleh orang tersebut. Tanda khas yang mengarah pada infeksi menular seksual HPV sehingga meningkatkan risiko kanker serviks adalah adanya kutil kelamin di area genital dari calon pasangan Anda. 

Gunakan Kondom
Lakukan kegiatan seksual secara aman. Selain bersikap monogami, sebiasa mungkin gunakan kondom jika tengah melakukan hubungan intim. Kondom tidak hanya berfungsi mencegah kehamilan, melainkan juga memberikan perlindungan terhadap HPV sehingga meminimalkan infeksi dari virus tersebut. 

Jangan Merokok 

Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks dengan tidak merokok. Orang yang merokok kurang mampu menyingkirkan infeksi HPV dari tubuh, yang akhirnya dapat berkembang menjadi kanker. Menghindari asap rokok pun bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh Anda untuk mencegah dan melawan HPV yang kerap menjadi sumber kanker serviks. 

Dapatkan Vaksin HPV

Ini merupakan jenis vaksin yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi HPV. Siapapun yang berisiko terinfeksi HPV berhak mendapatkan vaksin ini, mulai dari anak-anak sampai dewasa muda. Vaksin ini hanya bekerja untuk mencegah infeksi HPV dan tidak mengobati infeksi yang sudah ada. Karena itu, cobalah mendapatkan vaksin HPV sebelum seseorang melakukan aktivitas seksual perdananya. Jika memang sudah rutin melakukan hubungan seksual, cek status kondisi Anda dengan melakukan pap smear di Prodia Denpasar. Jika memang tidak ada infeksi yang mengarah ke kanker serviks, Anda bisa melakukan vaksin HPV. 

*** 

Kanker serviks merupakan pembunuh wanita kedua terbesar di Indonesia setelah kanker payudara. Minimalkan risikonya segera. Rajin melakukan pengecekan dengan metode pap smear di Prodia Denpasar maupun fasilitas kesehatan lain. Jangan lupa terapkan gaya seksual yang sehat untuk menekan risiko jenis kanker yang satu ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *