Penting untuk Mengetahui Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan

Penting untuk Mengetahui Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan

Menjaga kesehatan bayi merupakan hal yang wajib ibu penuhi selama masa kehamilan. Pasalnya hal ini mempengaruhi tumbuh kembang bayi hingga mereka beranjak dewasa. Pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan juga penting untuk dilakukan para ibu agar bayi yang terdapat dalam kandungan terus bertumbuh dan berkembang. Bayi sehat dapat dilihat dari bagaimana pola makan dan aktivitas yang dilakukan si ibu selama masa kehamilan.

Selain menjaga pola makan, melakukan pemeriksaan rutin kandungan ke dokter juga menjadi salah satu bentuk menjaga kesehatan anak yang tidak boleh dilewatkan. Pemeriksaan kehamilan secara rutin tiap bulan penting untuk memantau perkembangan janin dan kesehatan ibu selama mengandung, sehingga apabila terdapat gangguan, dapat segera diatasi. 

Meski Anda telah melakukan melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan, namun apalah gunanya jika kamu tidak mengetahui kondisi kesehatan bayi secara spesifik. Berikut ciri bayi sehat di dalam kandungan yang perlu untuk diketahui oleh calon ibu:

  • Terdapat peningkatan berat badan yang signifikan

Saat memasuki masa kehamilan, jangan kaget apabila kamu terus mengalami peningkatan berat badan. Peningkatan berat badan yang dialami menandakan bahwa janin yang terdapat di dalam kandungan tumbuh dengan sehat.

Idealnya, ibu akan mengalami pertambahan berat badan sebesar 13 hingga 15 kilogram selama masa kehamilan berlangsung. Apabila kamu mengalami hal tersebut, maka kamu dapat meyakini bahwa bayi yang ada di kandungan dalam keadaan sehat. 

Patokan angka tersebut dapat bervariasi, tergantung apakah kamu mengalami kelebihan berat badan sebelum hamil atau tidak. Dalam kasus apa pun, jika kamu mampu mempertahankan angka yang ditentukan dokter, maka dapat dipastikan bahwa janin mengalami pertumbuhan yang sehat.

  • Bayi mengalami pertumbuhan

Bayi yang sehat akan terus mengalami pertumbuhan dari hari ke minggu kemudian hingga memasuki usia kehamilan yang menginjak beberapa bulan. Pada janin yang memasuki usia 5 bulan biasanya memiliki panjang yang dapat mencapai 25 cm. Tentu saja pertumban ini akan bertambah dari hari ke hari hingga usia kandungan menginjak 9 bulan. Biasanya usia kehamilan 9 bulan janin memiliki panjang yang mencapai 50 cm. 

  • Perkembangan perut 

Setiap perempuan yang tengah hamil akan memiliki ukuran serta bentuk perut yang berbeda-beda. Kamu dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan mengenai bentuk dan ukuran perut untuk memastikan bagaimana kondisi kesehatan janin. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk melakukan konsultasi rutin dengan dokter untuk mengetahui kesehatan bayi.

  • Janin bergerak aktif

Janin dapat dikatakan sehat apabila mengalami pergerakan yang aktif. Biasanya gerakan ini mulai terasa saat kandungan memasuki trimester terakhir kehamilan. Seiring berjalannya waktu, kamu akan merasakan tendangan-tendangan kecil dari sang bayi. Setiap bentuk gerakan di dalam rahim adalah indikasi bahwa bayi dapat menerima jumlah oksigen yang optimal dan nutrisi penting lainnya untuk pertumbuhan si kecil.

  • Detak jantung yang stabil

Detak jantung janin sangat memengaruhi kesehatan calon bayi secara keseluruhan. Secara umum, detak jantung janin berkisar antara 110 dan 160 denyut per menit. Untuk memantau dan mengetahui detak jantung janin, maka kamu dapat melakukannya di mana saja selama usia kandungan sudah memasuki trimester terakhir kehamilan.

  • Perubahan posisi janin 

Pada trimester akhir kehamilan, biasanya kamu akan menyadari penurunan gerakan janin. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena itu menandakan adanya perubahan posisi janin dan ini justru menandakan bahwa kehamilan dan janin berada dalam kondisi sehat. Namun, kamu harus waspada bila janin tidak bergerak sama sekali selama beberapa jam.

Itulah beberapa ciri-ciri bayi sehat dalam kandungan yang dapat para calon ibu perhatikan. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui tumbuh kembang janin dalam kandungan. Jaga pola makan dan aktivitas untuk menjaga kondisi bayi. Juga jangan lupa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *